√ Pengertian Modernisasi, Syarat, Ciri, Aspek dan Contohnya

Pengertian Modernisasi, Syarat, Ciri, Aspek dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Modernisasi. Yang manadalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian modernisasi, syarat, ciri, aspek, dampak dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Modernisasi, Syarat, Ciri, Aspek dan Contohnya

Modernisasi merupakan proses perubahan keadaan dari cara-cara tradisional ke cara-cara yang lebih baru yang dengan harapan dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat. Modernisasi juga bisa disebut bentuk perubahan sosial terarah dan terencana.

Pengertian Modernisasi

Modernisasi dalam ilmu sosial dapat didefinisikan dengan bentuk perubahan (transformasi) dari keadaan kurang maju atau kurang berkembang menjadi keadaan yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, makmur, dan juga  bermartabat.

Modernisasi juga sering diungkapkan sebagai perkembangan ilmu teknologi atau pengetahuan yang terus berkembang. Pengaruh dalam perubahan teknologi juga semakin dapat dirasakan oleh para penduduk baik di perkotaan maupun perkampungan sekalipun.

Modernisasi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang modernisasi, berikut ini adalah beberapa pengertian modernisasi menurut para ahli, diantaranya yaitu :

Widjojo Nitisastro

Menurut Widjojo Nitisastro, Modernisasi adalah suatu proses transformasi total dan kehidupan bersama yang tradisional atau juga pra-modern dalam arti atau konteks teknologi dan juga organisasional.

Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto, pengertian modernisasi adalah suatu bentuk perubahan sosial yang dilakukan secara terarah berdasarkan kepada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan dengan social planning.

Wilbert E Moore

Menurut Wilbert E Moore, modernisasi yaitu dapat diungkapkan sebagai suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional ke arah-arah pola yang lebih ekonomis dan strategis yang menjadi ciri negara barat yang stabil.

Syarat Modernisasi

Modernisasi pada hakikatnya mancakup pada bidang yang sangat banyak. Adapun syarat suatu modernisasi itu diantaranya sebagai berikut:

  • Cara berpikir yang ilmiah yang melembaga didalam kelas penguasa ataupun juga masyarakat.
  • Sistem administrasi negara yang baik, yang betul-betul mewujudkan birokrasi yang baik, jauh dari KKN, dan juga semangat kerja yang tinggi.
  • Adanya sistem pengumpulan data yang baik serta juga teratur juga terpusat dalam suatu lembaga atau badan tertentu. Contohnya seperti BPS (Badan Pusat Statistik) yang menjadi sumber data untuk pemerintah.
  • Penciptaan iklim yang favorable (kondusif) didalam masyarakat terhadap modernisasi yakni dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
  • Kedisiplinan yang tinggi, namun tetapi tidak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) warga negara.
  • Sentralisasi wewenang didalam suatu pelaksanaan perencanaan sosial (social planning)

Modernisasi tidak terjadi langsung dalam kehidupan masyarakat di mana suatu keadaan dianggap modernisasi jika memenuhi syarat sebagai berikut :

  • Tingkat organisasi yang tinggi, terutama disiplin diri sendiri
  • Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial
  • Sistem administrasi yang baik, dapat mewujudkan reformasi birokrasi yang mumpunyai
  • Adanya sistem pengumpulan data yang teratur
  • Cara berfikir ilmiah melembaga ke dalam hidup penguasa maupun masyarakat
  • Penciptaan iklim yang dapat disenangkan dari masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.

Untuk dapat memahami bahwasanya modernisasi ialah bentuk yang berbeda dengan westernisasi. Jika modernisasi merupakan perubahan keadaan ke cara yang lebih baik, maka westernisasi adalah proses peniruan kehidupan yang lebih baik yang ditiru berdasarkan kebudayaan barat yang dianggap lebih baik daripada kebudayaan daerahnya sendiri.

Akan tetapi, di dalam perkembangannya, modernisasi tidak dapat dipisahkan daripada proses westernisasi. Hal ini disebabkan dengan adanya perkembangan masyarakat modern yang umumnya terjadi di dalam kehidupan masyarakat barat.

Ciri- Ciri Modernisasi

Ciri dari modernisasi ini dibedakan ke dalam 2 kelompok, diantaranya:

Aspek sosial Demografis

Aspek sosial Demografis disebut juga aspek mobilitas sosial yang mana merupakan proses perubahan unsur sosial, ekonomis, dan psikologis masyarakat yang menunjukkan peluang untuk berubah kearah yang lebih modern seperti contohnya urbanisasi, mekanisasi, serta juga peningkatan pendapatan per kapita.

Aspek Struktur Organisasi Sosial

Aspek struktur Organisasi merupakan unsur dan norma kemasyarakatan yang terwujud apabila manusia mengadakan hubungan antara sesamanya dalam kehidupan bermasyarakat, selain itu, dapat berhubungan dengan lembaga kemasyarakatan, norma sosial, pelapisan sosial, kekuasaan, serta wewenang dan juga interaksi sosial.

Pengertian Modernisasi Syarat Ciri Aspek dan Contohnya

Dampak Modernisasi

Dibawah ini adalah dampak positif dan negatif dari modernisasi, diantaranya yaitu sebagai berikut :

Dampak Positif

  • Perubahan tata nilai dan sikap, perubahan ini terjadi dalam masyarakat yang terbukti dari adanya pola dari berpikir yang berubah dari irasional kearah rasional.
  • Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan berkembangnya hal ini, masyarakat lebih mudah beraktivitas dan mendorong untuk berpikir maju.
  • Perkembangan ilmu pengetahuan juga semakin membentuk dalaam proses modernisasi.
  • Tingkat kehidupan yang lebih baik, penggunaan teknologi pengetahuan yang berkembang dapat meningkatkan fungsi kehidupan dan penghidupan masyarakat menjadi jauh semakin baik dari waktu ke waktu.

Dampak Negatif

  • Kesenjangan sosial, hal ini dapat dilihat dengan adanya fenomena timbulnya kelompok sosial seperti kelompok asongan, pengangguran, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Selain itu, modernisasi juga semakin memperkuat jurang pemisah antara yang berpendidikan dengan yang tidak, dan modernisasi dapat menyebabkan berubahnya tatanan sosial dalam masyarakat
  • Kesenjangan ekonomi, dapat dilihat dari adanya jurang antara si kaya dan si miskin, timbulnya budaya konsumen, timbulnya budaya demonstration effect (suka pamer), dan sebagainya
  • Pencemaran lingkungan alam, dengan adanya pembangunan macam pabrik industri, maka tidak dapat terhindarkan lagi pencemaran lingkungan di sekitar lingkungan pabrik tersebut yang merupakan hasil pengolahan barang industri.
  • Timbulnya kriminalitas, dikarenakan adanya keinginan setiap orang untuk mengungguli orang lain, yang dilakukan berbagai macam cara, termasuk cara kriminal.

Contoh Modernisasi

Dibawah ini merupakan contoh dari modernisasi, yaitu sebagai berikut :

Bidang Komunikasi

Dengan munculnya modernisasi, maka komunikasi dari tiap-tiap individu pun semakin cepat. Tidak ada lagi susah payah dan gangguan atau penghalang dalam melakukan komunikasi jarak jauh. Karena adanya teknologi juga kita semakin mudah dalam mengakses atau mencari informasi-informasi dari belahan dunia lain dengan sangat secara cepat.

Namun tetapi, dibalik kemajuan komunikasi dan teknologi, nyatanya hal tersebut juga membuat tiap-tiap individu sudah jarang untuk berkomunikasi dengan langsung yakni tatap muka. Hal tersebut tentunya memperburuk kualitas dari interaksi sosial di dalam masyarakat.

Bidang Pekerjaan

Pada masa pra-industri, masyarakat itu selalu mengerjakan segala sesuatu dengan cara-cara tradisional baik itu dengan tenaga manusia sendiri ataupun dengan bantuan tenaga-tenaga hewan serta juga makhluh hidup lain yang tersedia di bumi. Namun karena adanya modernisasi ini, maka muncul dan lahirlah berbagai macam mesin yang diciptakan oleh manusia untuk mempermudah pekerjaannya, sehingga hal tersebut mampu untuk menciptakan sesuatu hal dengan efisien tanpa menghabiskan banyak waktu.

Bidang Pendidikan

Dengan munculnya juga modernisasi, dulunya orang-orang mempelajari segala sesuatu ilmu pengetahuan itu dengan menggunakan buku (membaca, menulis) yang menyebabkan pengguan kertas yang banyak dan mudah sekali rusak dan terbuang, namun karena adanya modernisasi ini sekarang menjadi lebih mudah dalam mengakses buku dalam bentuk elektronik, sehingga dapat dibawa kemana pun dan sulit untuk rusak.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Modernisasi, Syarat, Ciri, Aspek dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi