Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor Pendorong dan Penjelasannya

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor Pendorong dan Penjelasannya – Apa itu arti mobilitas sosial dan faktor Penghambatnya ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi kandungan gizi dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya


Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor Pendorong dan Penjelasannya


Mobilitas sosial adalah perpindahan posisi atau kedudukan seseorang atau kelompok orang dari satu lapisan ke lapisan lainnya. Mobilitas sendiri berasal dari kata dalam bahasa Latin, yaitu mobilis, yang berarti mudah untuk dipindahkan atau banyak bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Kata sosial dalam mobilitas sosial mengandung makna individu atau kelompok masyarakat dalam kelompok sosial.

Mobilitas sosial dapat bersifat vertikal maupun horizontal.

Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan suatu individu atau kelompok dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial yang lain yang memunyai perbedaan derajat. Mobilitas vertikal ke atas merujuk pada peningkatan status dan kedudukan menjadi lebih baik. Sementara itu, mobilitas vertikal ke bawah adalah penurunan status dan kedudukan menjadi lebih rendah.

Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan suatu individu atau kelompok di lapisan sosial yang sama. Contohnya dapat kita lihat di situasi Pak Dahlan. Pak Dahlan adalah pegawai negeri sipil yang dipindahkan tempat kerjanya ke daerah lain, tapi masih tetap di jabatan yang sama.


Faktor Penghambat Mobilitas Sosial

Faktor berikut menjadi penghambat mobilitas sosial yaitu:

  • Perbedaan ras dan agama

Mobilitas sosial dapat terhambat karena faktor ras dan agama. Perbedaan ras menimbulkan perbedaan status sosial. Berikut ini beberapa contohnya.

Perbedaan tingkat ras yang pernah terjadi di Afrika Selatan. Ras berkulit putih berkuasa dan tidak memberi kesempatan kepada mereka yang berkulit hitam berada di pemerintahan sebagai penguasa. Namun, setelah politik apartheid berakhir, Nelson Mandela dari kalangan kulit hitam menjadi Presiden Afrika Selatan.
Sistem kasta di India. Sistem tersebut tidak memungkinkan seseorang yang berasal dari kasta rendah dapat naik ke kasta yang paling tinggi.
Dalam agama, seseorang tidak dibenarkan dengan sebebas-bebasnya dan sekehendak hatinya berpindah agama untuk mencapai status tertentu.

  • Dikriminasi Kelas

Diskriminasi kelas dalam sistem kelas terbuka dapat menghalangi mobilitas ke atas. Hal ini terbukti dengan adanya pembatasan keanggotaan suatu organisasi tertentu dengan berbagai syarat dan ketentuan, misalnya anggota DPR dibatasi hanya 500 orang.

  • Pengaruh sosialisasi yang sangat kuat

Sosialisasi adalah suatu proses dimana seorang anak belajar berpartisipasi menjadi anggota masyarakat. Jika prose sosialisasi ini berjalan baik, maka pola-pola perilaku, cara pandang, dan persepsi, akan tertanam dengan sangat kuat sehingga sulit dipengaruhi oleh unsur-unsur yang dianut kelas sosial lainnya. Misalnya pada umumnya seprang anak yang dibesarkan dalam keluarga yang tinggal di pedesaan sederhana akan menghayati senua norma dan nilai-nilai keluarganya, sehingga akan menolak atau bahkan menghindar bila bertemu dengan tata nilai dan norma dalam masyarakat kota yang di anggap tidak pantas dilakukan.

  • Kemiskinan

Kemiskinan dapat membatasi kesempatan bagi seseorang untuk berkembang dan mencapai status sosial tertentu. Sebagai contoh, Ananda memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya karena kedua orang tuanya tidak bisa membiayai.

  • Perbedaan jenis kelamin (gender)

Perbedaan jenis kelamin berpengaruh terhadap prestasi, kekuasaan, status sosial, dan kesempatan-kesempatan untuk maju. Pria dipandang lebih tinggi derajatnya dan cenderung menjadi lebih mudah mengalami gerak sosial daripada wanita. Sebagai contoh, wanita yang hidup di desa yang masih sederhana merasa bahwa perannya hanyalah sebagai ibu rumah tangga. Hal itu dipengaruhi oleh pandangan yang umum ada pada masyarakatnya.
Perbedaan kepentingan

Adanya perbedaan kepentingan antarindividu dalam suatu organisasi menyebabkan masing-masing individu saling bersaing untuk memperebutkan sesuatu. perbedaan kepentingan seringkali menimbulkan sikap saling menghambat dalam mencapai tujuannya.


Faktor Pendorong Mobilitas Sosial

Faktor-faktor berikut memfasilitasi Mobilitas Sosial:

  • Motivasi:

Setiap individu memiliki keinginan tidak hanya untuk memiliki cara hidup yang lebih baik tetapi juga ingin meningkatkan sikap sosialnya. Dalam sistem terbuka dimungkinkan untuk mencapai status apa pun. Keterbukaan ini memotivasi orang untuk bekerja keras dan meningkatkan keterampilan sehingga seseorang dapat mencapai status sosial yang lebih tinggi. Tanpa motivasi dan upaya seperti itu dari mobilitas sosial individu tidak mungkin.

  • Prestasi dan Kegagalan:

Prestasi di sini mengacu pada kinerja luar biasa, biasanya tidak terduga, yang menarik perhatian masyarakat luas terhadap kemampuan seseorang. Tidak semua prestasi akan menghasilkan mobilitas sosial. Prestasi memengaruhi status hanya jika mereka luar biasa. Misalnya, orang miskin yang telah memperoleh kekayaan atau penulis yang tidak dikenal yang telah memenangkan hadiah sastra akan meningkatkan statusnya.

Kegagalan dan kelakuan buruk memiliki efek yang sama pada mobilitas ke bawah. Kebangkrutan penipuan akan menghapus anggota kelas atas dari buku biru; dia tidak akan menerima undangan makan malam dari teman-temannya dan dia akan menjadi tidak memenuhi syarat sebagai pasangan nikah. Jika dia sudah menikah, istrinya dapat menceraikannya. Dia harus mengundurkan diri dari klubnya dan semua posisi yang dia pegang. Tetapi dia tidak akan menjadi anggota strata terendah, meskipun akan sulit baginya untuk menemukan asosiasi baru.

  • Pendidikan:

Pendidikan tidak hanya membantu seseorang untuk memperoleh pengetahuan tetapi juga merupakan paspor untuk posisi pekerjaan demi prestise yang lebih tinggi. Untuk menjadi seorang dokter kita harus memiliki pendidikan dalam mata pelajaran sains. Demikian pula, untuk tampil dalam ujian kompetitif I.A.S., kita harus setidaknya lulusan.

Hanya setelah memperoleh pendidikan formal minimum maka individu dapat bercita-cita untuk menduduki posisi yang lebih tinggi. Melalui pendidikanlah bahwa di India modern para anggota Kasta Terdaftar dan Suku Terjadwal tidak hanya mampu mengubah pekerjaan tradisional mereka tetapi juga mulai menduduki pekerjaan dengan prestise yang lebih tinggi. Dalam masyarakat industri modern di mana status dapat dicapai, pendidikan adalah kebutuhan dasar.

  • Keterampilan dan Pelatihan:

Setiap masyarakat membuat ketentuan untuk memberikan keterampilan dan pelatihan kepada generasi muda. Untuk memperoleh keterampilan dan pelatihan, seseorang harus menghabiskan banyak waktu serta uang. Mengapa orang-orang ini menghabiskan uang dan waktu? Alasannya karena masyarakat memberikan insentif kepada orang-orang seperti itu. Ketika mereka menyelesaikan pelatihan mereka, mereka berhak untuk posisi tinggi, yang jauh lebih baik daripada posisi yang mungkin mereka ambil tanpa pelatihan tersebut.

Masyarakat tidak hanya memberikan status sosial yang lebih tinggi tetapi juga memberikan penghargaan ekonomi yang lebih tinggi dan hak istimewa lainnya kepada orang-orang yang memiliki pelatihan ini. Tetap perhatikan insentif ini orang menjalani pelatihan ini dengan harapan untuk naik di tangga sosial. Dengan kata lain, keterampilan dan pelatihan memfasilitasi peningkatan posisi, yang mengarah pada mobilitas sosial.

  • Migrasi:

Migrasi juga memfasilitasi mobilitas sosial. Orang bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain baik karena faktor penarik atau pendorong. Tempat tertentu mungkin tidak memiliki peluang dan fasilitas untuk diperbaiki. Oleh karena itu, orang terpaksa bermigrasi ke tempat lain untuk mencari nafkah. Di tempat-tempat baru, tempat mereka bermigrasi, mungkin memiliki celah dan peluang yang berbeda.

Orang-orang ini memanfaatkan peluang ini dan meningkatkan posisi sosial mereka. Kita dapat mengambil contoh orang-orang yang termasuk dalam Kasta-Kasta Terdaftar Uttar Pradesh dan Bihar, yang bermigrasi ke Negara Bagian Punjab dan Haryana untuk mencari nafkah. Di sini mereka menjadi buruh tani.

Setelah mengumpulkan uang, mereka kembali ke desa dan membeli tanah. Mereka mengolah tanah mereka sendiri dan menjadi pemilik ladang. Karenanya, dari karya tradisional para pemukim atau pemulung, mereka meningkatkan status mereka dan menjadi pembudidaya pemilik. Situasi yang serupa juga terjadi pada orang Asia yang bermigrasi ke berbagai negara Eropa dan Amerika Serikat.

Faktor penarik menarik orang karena mereka tidak memiliki fasilitas itu di tempat tinggal mereka dan tempat baru menarik mereka dengan menyediakan fasilitas ini, sehingga setelah memperoleh keterampilan dan pengetahuan baru, mereka dapat menempati posisi yang lebih baik.

Orang bermigrasi dari desa ke kota karena pusat kota memiliki lembaga dengan status lebih tinggi serta peluang untuk pekerjaan. Orang-orang datang ke daerah perkotaan untuk memperoleh pendidikan dan keterampilan dan menempati posisi yang lebih tinggi daripada orang tua dan saudara mereka yang terus tinggal di desa. Dengan cara ini kami menemukan bahwa faktor pendorong dan penarik menyebabkan migrasi yang kemudian memfasilitasi mobilitas sosial.

  • Industrialisasi:

Revolusi Industri mengantarkan sistem sosial baru di mana orang diberi status sesuai dengan kemampuan dan pelatihan mereka. Tidak ada kepentingan diberikan pada kasta, ras, agama dan etnis mereka. Industrialisasi, menghasilkan produksi massal pada tingkat yang lebih murah. Ini memaksa para pengrajin keluar dari pekerjaan mereka. Dalam mencari pekerjaan mereka bermigrasi ke kota-kota industri.

Mereka memperoleh pelatihan kejuruan baru dan mendapatkan pekerjaan di industri. Dengan pengalaman dan pelatihan mereka naik ke tangga sosial. Dalam masyarakat industri, status dicapai, sedangkan dalam masyarakat tradisional seperti India, status dianggap berasal dari kelahiran. Karenanya industrialisasi memfasilitasi mobilitas sosial yang lebih besar.

  • Urbanisasi:

Di kota-kota ada lebih banyak orang, mereka memiliki hubungan formal. Orang tidak mengenal satu sama lain secara intim. Pusat kota ditandai oleh anonimitas. Orang-orang dekat dengan teman dan kerabat mereka saja. Permukiman perkotaan memberikan kerahasiaan pada kasta dan latar belakang individu. Posisi individu sebagian besar tergantung pada pendidikan, pekerjaan dan penghasilannya daripada latar belakangnya.

Jika seseorang memiliki pendidikan tinggi, pendapatan dan terlibat dalam pekerjaan dengan prestise yang lebih tinggi, ia menempati status sosial yang tinggi terlepas dari kastanya. Urbanisasi memfasilitasi mobilitas sosial dengan menghilangkan faktor-faktor yang menghambat mobilitas sosial.

  • Undang-undang:

Dengan diberlakukannya undang-undang baru juga dapat memfasilitasi mobilitas sosial. Ketika Undang-Undang Penghapusan Zamindari disahkan, sebagian besar petani penggarap menjadi petani pemilik yang menunjukkan peningkatan status mereka, yaitu dari penyewa menjadi petani pemilik. Demikian pula, ketentuan hukum untuk reservasi pekerjaan dan promosi untuk Kasta Terdaftar dan Suku Terjadwal juga telah membantu dalam mobilitas sosial.

Reservasi sehubungan dengan penerimaan di perguruan tinggi profesional, reservasi pekerjaan dan promosi memiliki sejumlah besar individu dari Kasta Terdaftar dan Suku Terjadwal untuk meningkatkan status mereka. Ketika V.R Singh Pemerintah menerima laporan Komisi Mandal itu menyediakan reservasi pekerjaan untuk Kelas Mundur lainnya (OBC) juga.

Demikian pula, sistem peradilan dengan mengeluarkan putusan tertentu juga dapat memfasilitasi mobilitas sosial. Undang-Undang Perkawinan Hindu dengan berbagai cara telah meningkatkan status perempuan. Demikian pula, Hindu Succession Act telah memberikan hak yang sama kepada anak perempuan di properti keluarga. Undang-Undang Anti-Diskriminasi Rasial Amerika telah memfasilitasi mobilitas sosial orang-orang dari ras kulit hitam maupun wanita. Dengan cara ini kami menemukan bahwa ketentuan hukum juga memfasilitasi mobilitas sosial.

Politisasi:

Dengan pendidikan dan paparan yang lebih besar ke media komunikasi massa serta kontak yang lebih besar telah membuat orang sadar akan hak-hak mereka. Partai-partai politik juga mendidik rakyat tentang hak-hak mereka. Untuk mencapai hak-hak mereka, orang bersatu dan memaksa otoritas yang berkuasa untuk menerima tuntutan mereka. Orang-orang ini dapat menggunakan agitasi, pemogokan dll sebagai metode untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Partai politik untuk mendapatkan suara memberikan sejumlah konsesi. Dengan bantuan konsesi dan ketentuan baru ini, mereka meningkatkan status sosial mereka. Beberapa orang dapat menjadi pemimpin politik, menteri, menteri kabinet atau menteri utama suatu negara.

Banyak contoh seperti itu dapat ditemukan di pemerintahan India saat ini. Ini telah menghasilkan mobilitas sosial ke atas bagi mereka. Demikian pula, dengan kesadaran politik yang lebih besar dengan perwakilan dalam majelis Negara dan Parlemen mereka dapat (setelah pemerintah memberlakukan undang-undang tertentu membantu segmen masyarakat yang lebih rendah.

Faktor Penghambat Mobilitas Sosial : Pengertian, Faktor Pendorong dan Penjelasannya

  • Modernisasi:

Proses modernisasi melibatkan penggunaan pengetahuan ilmiah dan teknologi modern. Itu juga merujuk pada rasionalitas dan cara hidup sekuler. Dengan peningkatan teknologi, orang yang terlibat dalam pekerjaan dengan prestise rendah seperti pemulung membuang pekerjaan tradisional mereka dan mengambil pekerjaan yang tidak kotor dan tidak memiliki efek polusi.

Dengan cara ini, mereka mengubah posisi mereka ke atas. Demikian pula, tingkat perkembangan suatu negara juga memfasilitasi atau menghambat mobilitas sosial. Masyarakat yang kurang berkembang dan tradisional melanjutkan dengan sistem stratifikasi lama dan dengan status akresi.

Sementara masyarakat maju dan modern membuka jalan bagi peluang dan persaingan yang lebih besar, hanya di negara maju yang ada kemungkinan lebih besar untuk mencapai status. Dengan kata lain, modernisasi memfasilitasi mobilitas sosial.

Aspirasi untuk bergerak ke atas juga menghasilkan frustrasi dan berbagai masalah mental dan psikologis. Seorang individu diberikan untuk memahami bahwa ia dapat mencapai status apa pun. Tetapi pada kenyataannya ini tidak terjadi, latar belakang sosialnya, kelahiran dalam suatu ras, etnis, memfasilitasi atau menghambat peluang mobilitas sosialnya. Demikian pula, negara-negara yang tidak memiliki jalan untuk mobilitas sosial juga menderita stagnasi dan kurangnya pembangunan. Singkatnya, mobilitas sosial memiliki konsekuensi positif dan negatif.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Faktor Penghambat Mobilitas Sosial, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi