√ Pengertian Open Source Beserta Keunggulan & Contohnya Lengkap

Pengertian Open Source Beserta Keunggulan & Contohnya Lengkap – Di dalam era atau zaman yang serba canggih saat ini, kegunaan internet akan sangat berguna sekali bagi banyak Manusia dan juga pekerjaan yang ada di dalamnya.

Dalam mengerjakan suatu pekerjaan di harapkan kegunaan internet membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan juga efisien. Maka dari itu peranan open source di dalam dunia software atau perangkat lunak akan sangat berpengeruh di dalam dunia teknologi.

Open source memiliki banyak sekali peminat di dalamnya yang akan membuat banyak para pengguna memperbaiki dan juga mengupgrade menjadi lebih baik lagi. Sebenarnya apa itu open source akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Open Source Beserta Keunggulan & Contohnya Lengkap

Mari kita bahas dulu pengertian open source terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Open Source

Open source merupakan suatu kata atau yang di gunakan untuk perangkat lunak yang berbasis terbuka atau membebaskan source kodenya yang dapat di cari atau di dapatkan oleh penggunanya serta membiarkan para pengguna untuk dapat melihat bagaimana cara kerja dari aplikasi atau perangkat lunak  tersebut sehingga dapat juga memperbaiki dan juga mengembangkan perangkat lunak menjadi lebih baik lagi.

Keunggulan Open Source

Open source memiliki kelebihan di bidangnya seperti dapat di peroleh dengan cara yang bebas atau free gratis tanpa adanya pembayaran lisensi software. Pada umumnya open source ini dapat di cari dan di peroleh di internet, salah satu system open source yang sangat terkenal yaitu system operasi linux.

Open source ini dapat di tunjang dengan internet yang awalnya open source ini dapat di unduh di internet, setelah itu di gunakan oleh orang yang menggunakannya dan juga di perbaiki serta di kembangkan kembali oleh orang atau penggunanya jika terdapat kekurang dari software tersebut.

Hasil dari perkembangan software itu akan di publikasikan kembali ke internet sehingga pengguna akan dapat menggunakan perangkat lunak tersebut dan banyak di gunakan oleh orang lain. Hingga saat ini telah banyak sekali produk open source yang beredar di internet.

Dalam pengembangan open source ini tentunya akan melibatkan banyak orang di berbagai belahan dunia dengan interkasinya di dalam dunia maya atau di dalam suatu jaringan internet. Maka dengan seiringnya waktu akan mulai berkembangnya teknologi yang membuat munculnya software open source yang bermacam-macam di upload ke dalam internet. Dari pola open source ini akan menciptakan developer yang semakin handal.

Software gratis ini atau berupa free software ini berbasis open source bukanlah program yang dapat di anggap remeh yang hanya memandang gratisan dan kurang bagus dari segi kualitas. Itu karena sudah banyak yang membuktikan kehebatannya dan juga kehandalannya dari open source. Sebenarnya perangkat lunak open source ini telah banyak melalui proses perbaikan yang akan terus menerus hingga menjadi perangkat lunak yang benar-benar sempurna.

Contoh Software Open Source

Software open source ini memiliki beberapa aplikasi yang popular, seperti di antaranya adalah:

Linux

Ini merupakan salah satu yang paling popular di dalam software system operasi yang free.

XAMPP

Salah satu paket software dengan kegunaan simulasi dan pengembangan web ini juga termasuk di dalam Apache dan MySQL.

Mozilla Firefox

Software gratis yang berguna didalam menjelajahi dunia internet.

OpenOffice

Merupakan paketan software yang berguna didalam mengelola kata, tabel, dan yang lainnya.

osCommerce

ini merupakan aplikasi yang di gunakan para took online.

ClamAV & ClamWin

Merupakan software berbentuk antivirus.

Audacity

Ini berupa software pengelola audio.

Pengertian Open Source Beserta Keunggulan Dan Contohnya Lengkap

GIMP

Merupakan software pengelola gambar dan foto.

VideoLAN

Merupakan software pemutar file berjenis multimedia.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Open Source Beserta Keunggulan Dan Contohnya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya open source ini akan memudahkan para pemakainya di dalam menggunakan aplikasi atau perangkat lunak tersebut. semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi