√ Pengertian Augmented Reality, Tujuan, Manfaat Terlengkap

Pengertian Augmented Reality, Tujuan, Manfaat Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Augmented Reality. Yang meliputi pengertian, tujuan dan manfaat Augmented Reality dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Augmented Reality

Augmented Reality (AR) menurut Brian (2012) merupakan suatu istilah yang berkaitan dengan lingkungan yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia viual yang diciptakan oleh komputer menjadikan batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Sistem ini lebih mengarah terhadap lingkungan secara nyata atau real, realitiy lebih mengutamakan sistem ini.

Tujuan Augmented Reality (AR)

Augmented Reality menurtu Rahmat (2011) mempunyai tujuan untuk mengambil dunia nyata sebagai dasa dalam penggabungan dari banyak teknologi virtual dan menambahkan data konseptual supaya dapat memahami manusia sebagai user dan menjadi semakin jelas.

Data konseptual tersebit bisa dalam bentuk komentar, audio, data lokasi, konteks sejarah maupun berupa bentuk lainnya.

Dengan adanya teknologi Augmented Reality, lingkungan nyata di sekeliling kita bisa menjalankan inteaksi dalam bentuk digital (virtual). Informasi-informasi mengenai obyek dan lingkungan disekitar kitaa bisa ditambahkan dalam sistem augmented realitu yang selanjutnya informasi tersebit ditampilkan pada layar dunia secara real time seolah-olah informasi itu adalah nyata. Fernando (2013)

Fungsi Augmented Reality yaitu untuk menambah persepsi seseorang dari dunia yang ada disekelilingnya dan menjadikan beberapa dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru yang bisa menujukkan informasi yang relevan dan bisa membantuk dalam bidang pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharan, manufaktur, militer, permainan dan semua macam hiburan.

Manfat Augmented Reality (AR)

Manfaat atau kegunaan dari teknologi Augmented Reality yaitu:

Hiburan (Entertainment)
Dunia hiburan memerlukan AR sebagai penunjang efek-efek yang akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contoh yaitu pada saat seorang wartawan cuaca memperkirakan ramalan cuaca dia berdiri di depan layar hijau atau biru.

Selanjutnya dengan teknologi AR layat hijau atau biru itu berubah menjadi gambar animasi mengenai cuaca tersebut, menjadikan seolah wartawan tersbeut masuk ke dalam animasi tersebut.

Pada Militer Training, teknologi in digunakan dalam latihan tempur mereka. Sebagai contoh adalah militer memakai AR untuk membuat suatu permainan perang, yang mana prajurit akan masuk ke dalam dunia game tersebut dan seolah-olah seperti sedang melakukan perang secara nyata.

Pengertian Augmented Reality, Tujuan, Manfaat

Engineering Design
Seorang engineering desing memerlukan AR untuk menggambarkan hasil design mereka secara nyata kepada klien supaya tahu, mengenai spesifikasi yang secara detail mengenai desain mereka.

Selain itu dalam bidang Robotics dan Telerobotics dalam bidang robotika, seorang operator robot memakai pengen dari pencitraan visual dalam melakukan kendali robot tersebut, sehingga penerapan AR sangat diperlukan pada dunia robot.

Consumer Design
Virtual Reality sudah dipakai dalam melakukan promosi produk. Sebagai contohnya adalah seorang pengembang memakai brosur virual untuk memberikan informasi yang rinci secara 3D, menjadikan pelanggan bisa mengetahui secara jelas, produk yang ditawarkan.

Kedokteran (Medical)
Teknologi pencitraan sangat diperlukan pada dunia kedoteran misalnya adalah untuk pengenalan operasi, pengenalan pembuatan vaksin virus, dan lain sebagainya. Untuk itu, bidang kedokteran melakukan penerapan AR pada visualisasi penelitian mereka.

Alat dan Bahan Augmented Reality (AR)

Dalam dunia AR, alat serta bahan yang dibutuhkan antara lain:

Hardware

  • Komputer/Laptop
  • Mouse

Software

ArToolkit
ArToolkit merupakan software library untuk menciptakan AR. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang mengikutsertakan overlay pencitraan virtual ke dunia nyata.

Blender
Blender merupakan perangka lunak atau software terbuka atau open source grafika komputer 3D. Perangkat ini dipakai untuk pembuatan film animasi efek visual, model cetak 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital dan rendering.

Marker
Marker merupakan pola yang diciptakan dalam bentuk gambar yang sudah dicetak dengan printer yang akan dikenali oleh kamera. Marker pada ArToolkit adalah gambar yang tersusun atas border, outline dan pattern images

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Augmented Reality, Tujuan, Manfaat Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi