5 Langkah Cara Menerbitkan Buku Sendiri dengan Mudah

seputarpengetahuan.co.idCara Menerbitkan Buku Sendiri – Apakah Anda siap untuk membawa keterampilan menulis Anda ke tingkat berikutnya? Menulis buku adalah salah satu bentuk validasi yang paling utama. Apalagi jika berhasil mendapatkan satu atau dua tempat di daftar buku terlaris.

Tetapi banyak penulis yang terintimidasi dan ragu-ragu dengan semua rintangan yang harus mereka lewati untuk bekerja dengan penerbit. Ada banyak hal yang harus dihadapi, mulai dari mengorbankan pekerjaan hingga menegosiasikan persyaratan hingga menyeimbangkan pialang.

Saya punya kabar baik untuk Anda. Ada banyak peluang untuk sukses sebagai penulis yang menerbitkan sendiri. Tentu saja, jalan ini masih perlu diperbaiki. Anda harus dipelajari dengan baik, ditentukan, dan siap untuk bekerja.

Dalam artikel ini, kami akan menguraikan semua yang perlu Anda lakukan jika ingin mengetahui cara menerbitkan buku sendiri.

Lakukan Riset Pasar tentang Buku

Seperti kebanyakan hal, jika Anda ingin menerbitkan buku sendiri, Anda perlu melakukan riset pasar. Proses ini melibatkan mempelajari karya penulis lain, menilai kekuatan dan kelemahan mereka, mengidentifikasi area yang belum dimanfaatkan, dan membangun audiens yang ideal.

Anda mungkin mencemooh gagasan melakukan penelitian, tetapi memahami audiens Anda sejak dini akan membuat penjualan buku Anda lebih mudah di kemudian hari. Saat melakukan riset pasar untuk buku:

  • Identifikasi genre Anda. Genre menggambarkan lebih dari sekedar kategori buku. Aspek-aspek seperti struktur cerita, gaya, dan bahasa semuanya dapat bervariasi tergantung pada genre bukunya. Misalnya, buku anak-anak mungkin menggambarkan kostum mewah sebagai “indah dan menawan”, sedangkan misteri pembunuhan mungkin digambarkan sebagai “mempesona dan memesona”. Memahami spesifikasi suatu genre dapat memberi Anda ide yang lebih baik tentang cara mendekati penulisan untuk audiens Anda.
  • Temukan ceruk pasar Anda. Saat meneliti genre, cari topik, alur cerita, atau bidang minat yang belum dicakup oleh penulis, tetapi diminta oleh penggemar. Pendapat di papan diskusi atau situs ulasan memberikan wawasan tentang apa yang paling diinginkan di antara pembaca.
  • Pelajari pesaing Anda. Analisis kompetitif adalah studi tentang strategi yang digunakan oleh orang lain yang melakukan pekerjaan yang sama dengan Anda. Lihatlah daftar buku terlaris atau klub buku populer untuk mengetahui bagaimana penulis lain berhasil. Ini mungkin termasuk aspek-aspek seperti jenis nilai yang mereka hadirkan atau bagaimana mereka membedakan diri dari penulis lain.

Revisi Naskah

Pengeditan naskah bisa menjadi bagian tersulit bagi seorang penulis pemula. Anda mungkin tidak pernah melihat pekerjaan Anda selesai sepenuhnya dan Anda dapat dengan mudah kehilangan diri Anda sendiri dalam siklus penulisan ulang dan penambahan yang tak ada habisnya.

Namun, penerbitan mandiri tidak memberi Anda akses ke tim korektor ahli seperti yang Anda dapatkan melalui agensi. Artinya, editor utama akan selalu menjadi Anda. Ikuti langkah-langkah ini untuk memastikan buku Anda terlihat dipoles dan dipoles, seperti berasal dari penerbit besar.

Membaca Naskah

Baca draf pertama Anda seolah-olah Anda adalah bagian dari audiens target Anda sebelum membagikannya dengan orang lain. Meninjau kembali semuanya bisa terasa menakutkan, tetapi membaca dari sampul ke sampul akan membantu Anda melihat keseluruhan yang telah Anda buat dari perspektif baru. Anda kemudian dapat menyempurnakan atau menyesuaikan pekerjaan Anda berdasarkan hasil.

Minta Audiens Membaca Naskah Anda.

Cari papan buletin online atau situs ulasan bagi mereka yang bersedia membaca naskah mentah dan memberikan laporan yang tidak memihak. Orang-orang ini sering dikenal sebagai “pembaca beta” dan nongkrong di forum seperti My Writers Circle dan Absolute Write Water Cooler.

Temukan seseorang yang merupakan penggemar genre pilihan Anda dan minta mereka memberi Anda masukan. Tujuan dari langkah ini bukan untuk memperbaiki kesalahan mekanis atau salah ketik, tetapi untuk merasakan kegunaan buku secara keseluruhan.

Pekerjakan Editor Lepas

Langkah ini harus selalu menjadi langkah terakhir dalam cara menerbitkan buku sendiri untuk bagian revisi naskah. Karena Anda tidak ingin membayar orang lain untuk menemukan kesalahan kecil yang bisa Anda perbaiki sendiri.

Setelah Anda dan setidaknya satu pembaca beta memeriksa karya Anda, Anda dapat meneruskannya ke editor untuk ditinjau secara profesional. Reedsy adalah sumber bakat editorial hebat yang berspesialisasi dalam berbagai genre, sementara Upwork bagus untuk merekrut editor sesuai anggaran. Pekerjakan editor lepas untuk mengedit naskah Anda secara profesional.

Buat Sampul Buku yang Menarik

Ada pepatah jangan menilai buku dari sampulnya, tetapi kebanyakan orang melakukannya. Sampul Anda adalah apa yang menciptakan persepsi Anda di toko fisik, pasar, toko online, dan di mana pun buku Anda dijual.

Baik Anda mendesain sampul sendiri atau mempekerjakan pekerja lepas, Anda harus mempertimbangkan hal berikut:

Apakah Teksnya Terlihat Jelas?

Pastikan gambar di bagian depan menarik perhatian terlebih dahulu, namun tidak mengaburkan elemen penting lainnya (seperti judul buku dan nama Anda). Judul harus jelas dan menarik, dan tidak dipilih berdasarkan grafik atau warna. Karakter padat dalam font sederhana selalu mengalahkan skrip yang penuh warna dan tidak dapat dipahami.

Apakah Desainnya Konsisten?

Konsistensi desain sangat berkaitan dengan sampul belakang dan punggung buku. Ini mungkin tidak terlihat di thumbnail, tetapi urutan buku yang sebenarnya mengungkapkan desain sampul belakang. Banyak pembaca yang tertarik dengan tampilan tulang belakang di rak buku. Jadi, agar desain Anda tetap konsisten, ikuti estetika yang sama dengan sampul depan.

Seberapa Jelas Gambar Sampulnya?

Sederhanakan jika Anda menggunakan grafik, seperti foto atau karya seni. Calon pembeli mungkin langsung tersinggung jika sampul Anda berisi gambar yang terlalu rumit, penuh warna, atau membingungkan. Penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana gambar Anda akan terlihat saat rendering.

Jika Anda berencana untuk menjual buku Anda secara online, gambar sampul harus dirender dengan nyaman dalam ukuran thumbnail tanpa kehilangan fidelitasnya.

Anda dapat menyewa desainer untuk membuat sampul fisik menggunakan sumber daya lepas seperti Reedsy dan Upwork. Jelajahi portofolio karya semua kandidat potensial untuk membantu Anda menemukan artis yang paling sesuai dengan visi ideal Anda. Lebih suka rute DIY? Alat bantu seperti Canva, Fotor, dan Visme adalah opsi bagus untuk mewujudkan ide sampul Anda.

Pilih Platform Penerbitan Sendiri

Kami telah mencapai titik di mana setiap elemen buku dapat diubah menjadi produk fisik dan didistribusikan ke toko eceran dan grosir. Di sinilah Anda harus mulai memikirkan tentang platform penerbitan mandiri yang akan Anda gunakan mulai dari pembuatan draf hingga penerapan akhir. Ada beberapa cara untuk melakukannya.

Penerbitan Sendiri dengan Print on Demand

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk menyimpan banyak salinan buku, pertimbangkan rute cetak sesuai permintaan. Ini termasuk menggunakan penerbit pihak ketiga untuk mencetak dan mengirimkan buku di titik penjualan.

Print on Demand adalah pilihan ideal untuk penerbit mandiri. Anda dapat mengalihdayakan produksi dan distribusi produk Anda ke pihak ketiga, menghemat waktu dan uang.

Amazon Self-Publishing dengan Kindle Direct Publishing

Platform penerbitan Amazon sendiri, Kindle Direct Publishing (KDP), memungkinkan pengguna mencetak buku sesuai permintaan di titik penjualan. Antarmuka KDP mudah dinavigasi, dan Amazon bahkan merekomendasikan buku kepada pembaca yang tertarik dengan genre penerbitannya.

Berapa biaya untuk menggunakan PPK?

KDP melakukan pemenuhan print-on-demand. Artinya, Anda hanya akan ditagih setelah buku terjual. Paperback yang dijual di Amazon Marketplace menggunakan KDP dikenakan tarif royalti sebesar 60%, jadi Anda akan menerima 40% dari harga daftar buku.

Biaya pencetakan (yang dapat bervariasi tergantung pada jumlah halaman dan jenis kertas) juga dikurangkan dari penghasilan. Amazon memiliki kalkulator biaya cetak dan royalti yang dapat Anda gunakan untuk memperkirakan jumlah akhir royalti yang akan Anda terima.

Satu kelemahan menggunakan PPK adalah adanya ketentuan eksklusivitas untuk e-book. Dengan kata lain, setelah Anda menjual e-book di Amazon melalui KDP, Anda tidak dapat menjualnya di tempat lain.

Penjualan di Dalam Toko dengan Shopify dan Lulu

Lulu adalah platform penerbitan mandiri yang menyediakan alat untuk mencetak dan mendistribusikan ebook dan paperback Anda sendiri. Platform ini menawarkan berbagai jenis halaman, penjilidan, dan ukuran yang memberikan banyak opsi untuk mengembangkan sampul dan manuskrip menjadi item fisik.

Lulu sangat ideal untuk pengusaha Shopify yang ingin menerbitkan buku sendiri. Dengan aplikasi Lulu Direct di toko Shopify Anda, Anda dapat mencetak dan mengirimkan buku Anda di titik penjualan, mengotomatiskan aspek utama dari rantai pasokan Anda.

Format buku Anda

Format buku adalah cara teks, halaman, sampul, dan bab ditata sebelum pencetakan dimulai. Anda dapat mengedit naskah Anda sepenuhnya, tetapi harap periksa format berikut.

  • Tinggi dan lebar halaman (disebut trim)
  • Font teks, ukuran font, dan spasi baris
  • Kata pengantar sebuah buku (segala sesuatu yang muncul sebelum cerita dimulai, seperti halaman judul, halaman penulis, informasi publikasi, daftar isi, dll.)
  • Bagian belakang (lampiran, indeks, bibliografi, dll. segala sesuatu yang muncul setelah cerita)

Selain unsur-unsur tersebut, buku harus memiliki Nomor Buku Standar Internasional (ISBN). Ini adalah kode 13 digit yang berfungsi sebagai nomor referensi universal untuk buku Anda di berbagai platform. ISBN sangat penting bagi penerbit mandiri karena juga berfungsi sebagai bukti kepemilikan konten buku.

Anda bisa mendapatkan ISBN gratis untuk buku Anda melalui Kindle Direct Publishing. Jika Anda menggunakan platform penerbitan mandiri lain yang tidak kami sediakan, Anda dapat meminta ISBN universal melalui myidentifiers.com.

Daftar Isi