Cara Menemukan Waktu untuk Memulai Bisnis Sampingan

seputarpengetahuan.co.id –¬†Apakah Anda memiliki pekerjaan penuh waktu atau jadwal yang sibuk, mungkin sulit menemukan waktu untuk memulai bisnis sampingan. Setiap orang diberikan waktu yang sama 24 jam sehari.

Bagaimana Anda membagi hari atau memprioritaskan jadwal Anda dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda. Apakah Anda seorang ibu yang sibuk, pelajar penuh waktu, atau memegang dua pekerjaan, artikel ini memberikan daftar saran untuk membantu Anda menemukan waktu untuk memulai bisnis sampingan.

Pilih penawaran yang paling sesuai dengan Anda dan gaya hidup Anda. Jika Anda melakukan yang terbaik untuk berhasil, tidak ada yang bisa menghalangi Anda. Jadi, mari kita lihat bagaimana Anda dapat menemukan waktu untuk meluncurkan bisnis sampingan karyawan yang sukses.

1. Pisahkan Tugas Harian

Anda dapat menghabiskan 8 jam sehari di tempat kerja, tetapi pisahkan pekerjaan utama Anda dari pekerjaan sampingan Anda. Jangan bekerja sebagai pekerjaan sampingan di kantor. Perusahaan tempat Anda bekerja pada dasarnya membayar tagihan dan biaya awal Anda.

Hormati majikan Anda dengan bekerja keras di kantor pada siang hari dan di perusahaan setelah bekerja. Waktu makan siang adalah permainan yang adil, tetapi hindari bekerja di komputer kantor Anda. Bekerja dengan laptop jika perlu.

Penting untuk diingat untuk tidak mengaburkan batas antara pekerjaan sehari-hari dan bisnis Anda. Ini mungkin terlihat jelas, tetapi jangan fokus pada pekerjaan Anda selama jam kerja. Juga, jangan gunakan sumber daya perusahaan untuk bisnis pribadi.

Jika Anda fokus pada bisnis sampingan online Anda selama jam kerja, Anda berisiko menghadapi tindakan hukum serta kehilangan kepercayaan dari orang yang bekerja dengan Anda.

2. Luangkan Waktu untuk Memulai Bisnis Sampingan

Seringkali terasa lebih aman untuk bersembunyi di balik buku dan materi pembelajaran lainnya daripada terburu-buru memulai usaha sampingan. Itu selalu baik untuk mendidik diri sendiri. Namun terkadang Anda hanya perlu meletakkan buku itu dan menguji diri Anda sendiri.

Membaca atau mendengarkan buku audio bisa menghabiskan waktu. Mereka juga belajar sambil jalan dan tidak tenggelam. Alih-alih membaca buku untuk mendidik diri sendiri, banyak pengusaha menggunakannya sebagai kebiasaan menunda-nunda. Jangan jatuh ke dalam perangkap. Tidak apa-apa untuk takut gagal.

Hanya saja, jangan dilumpuhkan oleh rasa takut. Tidak ada buku yang dapat memberi Anda jawaban bisnis ajaib yang Anda cari. Semua yang Anda butuhkan untuk sukses sudah ada di dalam diri Anda. Lakukan lompatan keyakinan dan turun ke bisnis.

3. Bagilah Waktu Anda

Menurut Independent, Elon Musk membagi harinya menjadi segmen lima menit untuk asistennya. Mengatur jadwal Anda dengan cara ini akan membantu Anda fokus pada waktu Anda. Jika Anda hanya memiliki 5 menit dalam rapat, Anda dapat fokus pada prioritas Anda dan menghindari teralihkan oleh obrolan ringan.

Ini membantu Anda menjaga jadwal yang ketat sehingga Anda dapat memfokuskan energi Anda pada hal-hal yang perlu Anda lakukan.

Teknik Pomodoro

Teknik lain yang berfokus pada waktu yang dapat membantu Anda menemukan waktu untuk memulai usaha sampingan adalah Teknik Pomodoro. Sebelum menggunakan teknik ini, Anda perlu memprioritaskan tugas harian Anda. Anda kemudian dapat mengatur pengatur waktu selama 25 menit dan istirahat 5 menit di antara set.

Anda dapat mengambil istirahat 20 menit setelah menyelesaikan empat set 25 menit. Ini memungkinkan Anda untuk memfokuskan laser pada pekerjaan Anda selama 25 menit dan memutuskan sambungan darinya selama 5 menit.

Ini berfungsi saat istirahat singkat, yang berguna bagi orang yang harus terus-menerus memeriksa ponsel mereka. Jika Anda menggunakan timer di ponsel atau mencari ‘timer’ di Google, timer akan muncul.

Aturan 80/20

Aturan 80/20, juga dikenal sebagai prinsip Pareto, menyatakan bahwa 80% hasil berasal dari 20% hasil. Untuk menemukan waktu untuk memulai usaha sampingan, Anda perlu menentukan apa yang membuahkan hasil dan memfokuskan waktu Anda untuk itu.

Anda juga dapat menggunakan prinsip ini untuk melihat bagian mana dari rutinitas Anda yang tidak membuahkan hasil. Misalnya, acara maraton di Netflix pada akhir pekan, atau Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik jika Anda tidur atau keluar untuk menghemat waktu untuk pekerjaan sampingan.

Jangan Bekerja dengan Orang yang Membuang-buang Waktu

Untuk mencari waktu untuk bisnis sampingan modal kecil, jangan habiskan waktu Anda untuk hal-hal yang tidak membawa hasil. Beberapa orang menghabiskan tujuh hari merancang logo atau menulis rencana bisnis 20 halaman yang sempurna.

Namun, operasi ini tidak menghasilkan pendapatan untuk bisnis. Rencana bisnis dapat dimulai dengan satu halaman dan dimodifikasi di sepanjang jalan. Jika keterampilan desain Anda kurang, Anda dapat mengalihdayakan logo Anda atau menggunakan alat yang sangat mudah digunakan dan dapat menghemat banyak waktu, seperti pembuat logo online.

Atau jika Anda dapat memodifikasi atau mengubah pekerjaan Anda di sepanjang jalan, Anda tidak perlu waktu istirahat. Buat daftar prioritas seperti membuat iklan, bermitra dengan influencer, membuat konten unik seperti postingan blog atau postingan media sosial, atau mengelola keuangan Anda. Kemudian fokuskan beban kerja Anda pada prioritas tertinggi yang akan memberi Anda hasil terbaik.

4. Tetapkan Tenggat Waktu yang Tegas

Ketika Anda berkomitmen pada tenggat waktu untuk sebuah proyek, Anda perlu mendedikasikan waktu untuk bisnis Anda. Jika Anda tidak mengizinkan fleksibilitas, Anda dapat melakukan apa pun yang perlu dilakukan, seperti bangun lebih awal atau menghindari gangguan.

Tujuan apa yang ingin Anda capai? Kapan Anda ingin mencapai setiap tujuan? Catat tanggal pastinya. Anda akan sering menemukan bahwa Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan tenggat waktu. Jika Anda tidak menetapkan tenggat waktu yang realistis, Anda mungkin terganggu atau putus asa.

Tetapkan tujuan harian, mingguan, dan bulanan dan pahami apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapainya. Penting untuk menetapkan sasaran cerdas yang membantu meningkatkan produktivitas. Dengan menentukan tujuan Anda, Anda dapat tetap di jalur dan terus bergerak maju.

Satu hal yang perlu diingat adalah Anda tidak perlu terlalu stres dan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membuat rencana yang sempurna. Jadilah fleksibel dan tetap realistis. Tidak masuk akal untuk secara terang-terangan memikirkan setiap detail rencana Anda. Penuhi tenggat waktu, bertanggung jawab, dan jangan membuat alasan.

5. Jangan buang waktu di media sosial

Media sosial membuat ketagihan. Sebagian besar dari kita cenderung memeriksa umpan berita kita berulang kali sepanjang hari. Anda dapat menghindari berjam-jam gangguan di Facebook dengan mengunduh ekstensi Chrome News Feed Eradicator.

Alat ini memblokir umpan berita Anda tanpa menghapus atau menonaktifkan akun Facebook Anda. Jika Anda tahu bahwa media sosial memperlambat kemajuan bisnis sampingan yang menjanjikan, ini adalah solusi perbaikan cepat yang bagus. Tetap fokus pada tujuan Anda dan hindari gangguan.

6. Dapatkan Mitra Bisnis

Ada dua keuntungan memiliki mitra bisnis. Pertama, Anda dapat mendelegasikan beberapa beban kerja untuk membantu menyelesaikan semuanya. Kedua, rekan pendiri mengharapkan Anda untuk bekerja sebagai mitra yang setara, jadi Anda bertanggung jawab atas bisnis Anda.

Anda juga bisa meminta suami atau istri Anda untuk menjadi mitra bisnis Anda. Seringkali orang menikah atau berkencan dengan seseorang yang bekerja di industri serupa atau berbagi keterampilan yang saling melengkapi.

Anda juga dapat mempekerjakan seseorang dan melakukan outsourcing sebagian dari beban kerja untuk mengerjakan prioritas Anda sambil memberikan lebih banyak waktu untuk memulai pekerjaan sampingan.

7. Pengorbanan Saat Dibutuhkan

Terkadang satu-satunya cara menemukan waktu untuk memulai usaha sampingan adalah dengan berkorban. Anda mungkin perlu mengurangi waktu tidur Anda. Jika Anda adalah orang pagi, Anda mungkin perlu bangun lebih awal, atau jika Anda adalah orang yang suka begadang, Anda mungkin perlu tidur lebih larut.

Anda mungkin hanya perlu bertemu teman Anda di saat-saat penting seperti ulang tahun, pernikahan, atau pertunangan. Anda dapat membatasi waktu menonton TV hingga dua jam seminggu. Yang penting adalah Anda berkomitmen pada tujuan Anda. Memulai pekerjaan sampingan akan sulit, jadi Anda perlu memprioritaskan dan fokus.

Daftar Isi