Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi

Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi – Apa yang di maksud dengan resensi buku non fiksi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Resensi Buku Non Fiksi dan beberapa contohnya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi


Resensi berasal dari bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya (Karya yang dinilai dapat berupa buku dan karya seni film dan drama). Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi adalah pembicaraan buku atau ulusan mengenai sebuah buku. Isi dalam sebuah resensi buku atau novel adalah bahasan singkat dan jelas yang memberikan penjelasan dan pendapat mengenai buku atau novel tersebut.

Sebenarnya menulis resensi bertujuan untuk memberikan informasi buku yang telah diulas kepada masyarakat luas.Selain itu, meresensi sebuah buku atau novel bertujuan untuk menyampaikan kepada pembaca tentang sebuah buku yang dibuat penulis. Apakah buku atau novel tersebut mempunyai nilai lebih atau tidak.

Ada dua unsur yang harus diperhatikan, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Beberapa unsur intrinsik yang harus diperhatikan adalah penokohan, tema, alur, gaya bahasa, amanat, dan latar.

Sedangkan yang termasuk kedalam unsur ekstrinsik adalah latar belakang pengarang, pandangan hidup pengarang, dan situasi sosial.

Tujuan Resensi

Berikut ini adalah beberapa tujuan meresensi buku :

Mengajak para pembaca untuk berdiskusi lebih jauh tentang masalah yang diangkat dalam karya yang dibuat resensi. Entah itu berupa buku, novel ataupun majalah.
Resensi dibuat untuk memberikan pemahaman serta informasi secara lebih kepada pembaca tentang sebuah karya yang akan diresensi.
Memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang kelayakan sebuah karya untuk dibaca atau diterbitkan.
Memberikan jawaban dan informasi kepada pembaca mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pembaca mengenai sebuah karya yang telah diterbitkan.


Manfaat Resensi

Beberapa manfaat resensi buku atau novel :

  • Sebagai bahan pertimbangan dan memberikan gambaran secara umum kepada pembaca tentang suatu karya dan untuk mempengaruhi mereka atas karya tersebut.
  • Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang akan diresensi secara gratis dari penerbit buku apabila karya yang diresensinya di muat di koran atau majalah.
  • Merupakan sarana atau media promosi buku. Buku yang di resensi merupakan buku baru yang belum pernah di resensi oleh orang lain. Dengan demikian, resensi merupakan sebagai media promosi buku baru tersebut untuk menarik perhatian orang yang suka membaca.
  • Pengembangan kreatifitas. Semakin sering menulis, maka kita akan semakin terlatih untuk lebih berinovasi dalam menulis. Hal ini dilakukan untuk dapat mengembangkan kreativitas yang kita miliki.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi Pertama


Pengantar Filsafat Pendidikan

Identitas Buku

Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan

Penulis Buku : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd

Penerbit Buku : Alfabeta, CV

Cetakan : II

Tebal Buku : 183 halaman

Tahun Terbit : 2004
Sinopsis Pengantar Filsafat Pendidikan

Pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang makna dari pendidikan.

Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan, sama halnya dengan kegiatan-kegiatan lain. Seperti kegiatan ekonomi, agama, hukum, dan lain-lain.

Selain itu, kita sebagai manusia juga dapat mempelajari pendidikan secara akademik. Baik itu secara empirik yang bersumber dari pengalaman seseorang, maupun dengan jalan perenungan-perenungan.

Yang pertama kita sebut sebagai praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut sebagai teori pendidikan.
Kelebihan Buku

Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dengan nilai.
Kekurangan Buku

Buku ini kurang memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya bagi pemula sehingga pesan yang mau diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.


Contoh Resensi Buku Non Fiksi Kedua


Cewek Smart

Identitas Buku

Judul Buku : Cewek Smart.
Pengarang Buku : Ria Fariana.
Penerbit Buku : Gema Insani.
Kota Terbit : Jakarta.
Tahun Terbit : 2008.
Tebal Buku : 200 halaman.

Sinopsis Cewek Smart

Buku memang dirancang untuk membantu remaja perempuan agar dapat menyikapi permasalahan yang terjadi disekitar kita. Buku ini juga mengupas bagaimana menjadi seorang perempuan yang cerdas dan mempunyai kepribadian yang baik sesuai syariat Agama Islam.

Perempuan yang cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dapat menggunakan kecerdasannya untuk menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu tidak diukur dari seberapa tinggi nilai raportnya.

Tetapi bagaimana caranya ia mampu menyelesaikan suatu permasalahan dalam hidupnya dengan tolak ukur tertentu yang penuh tanggungjawab.

Secara umum, buku ini berisi dasar-dasar menjadi seorang perempuan yang sholeha. Bagaimana sih menjadi perempuan yang cerdas sesuai syariat? Apa perlu perempuan itu harus centil?

Baca Juga:  √ Pengertian Laporan, Fungsi Laporan & Manfaat Laporan Lengkap

Kita enggak perlu yang namanya pacaran. Semuanya bermuara pada sejumlah nasehat sederhana dan praktis yang dapat membantu untuk menyikapi suatu permasalahan.

Buku ini mampu memabantu menyadarkan remaja perempuan untuk bersikap sesuai syariat Agama Islam. Dengan membaca buku ini, kamu dapat merenungkan mana yang seharusnya dilakukan dan yang tidak dilakukan.

Di buku ini terdapat banyak kata-kata bijak seperti “Islam mendorong perempuan untuk cerdas agar ia tidak muda di bodohi oleh siapapun”.

Kelebihan Buku

Dapat menuntun remaja perempuan zaman sekarang untuk hijrah ke jalan yang benar sesuai syariat Agama Islam. Bahasa buku ini mudah sekali untuk dipahami, karena bahasanya merupakan bahasa yang populer dan gaul. Cover buku ini juga sangat menarik dengan kartun yang lucu dan penuh warna yang menambah nuansa keistimewaan buku ini.

Kekurangan Buku

Buku ini sangat sedikit penjualannya dan gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini masih bewarna hitam putih.


Contoh Resensi Buku Non Fiksi Ketiga


Tulisan Membawa Perubahan

Identitas Buku

Judul Buku : Mengubah Kepribadian Melalui Tulisan Tangan

Pengarang : Vimala Rodgers

Penerjemah : Arfan Achyar

Penerbit : Penerbit Hikmah (PT. Mizan Publika)

Bahasa : Indonesia

Cetakan : Cetakan II, Januari 2009

ISBN : 978-979-114-233-5

Genre : Nonfiksi (Graphology dan Graphotherapy)

Jumlah Halaman : XI + 215 halaman

Desain Sampul : Gambar secarik kertas bergaris yang berisikan tulisan tangan seseorang

Tulisan tangan seseorang bukan sekadar rangkaian kata yang disambungkan sebagai cara untuk berkomunikasi saja. Cara kita menulis menjadi indikator apa yang tengah kita rasakan dan kita alami. Tulisan tangan juga dapat menggambarkan kepribadian seseorang. Saat kita sedang bahagia, sakit keras, atau sedang sedih, otomatis tulisan tangan pun akan berubah. Fakta itu tanpa kita sadari mengacu pada bukti baru yakni kepribadian seseorang ternyata bisa disesuaikan melalui tulisan tangannya. Jikalau kita dengan sengaja mengubah tulisan kita, berarti sama saja dengan mengeksplorasi karakter yang tersembunyi dalam diri.

Hal inilah yang ditekuni selama bertahun-tahun oleh Vimala Rodgers, seorang pengajar, ahli penulisan tangan, motivator, penulis buku-buku best seller Your Handwriting Can Change Your Life (2000) and The Vimala System: Character Building Through Simplified Handwriting (2004) serta direktur The Institute of Integral Handwriting Studies di Sacramento, California. Tulisannya dikenal oleh banyak orang dan ialah yang menemukan sistem The Vimala Alfabet.

Buku ini terbagi atas 3 bagian, dilengkapi dengan bab-bab yang berbeda dengan tujuan yang berbeda pula. Bagian 1 berjudul Pengantar Pada Analisa Tulisan Tangan yang terdiri atas 3 bab. Bab pertama menjelaskan tentang apa itu tulisan tangan, penjelasan singkat mengenai Graphology dan Graphotherapy, sistem penulisan, serta ditampilkan abjad Vimala dalam bab ini. Menurut Vimala, sistem penulisan tersebut adalah sistem penulisan yang menggunakan tulisan tangan bukan hanya sebagai cara berkomunikasi, melainkan juga sebagai alat pembangun karakter, karena setiap hurufnya memiliki arti tertentu. Pada bab 2 dijabarkankan tentang jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang acap kali diajukan mengenai Graphotherapy dan dijelaskan pula dengan baik apa itu Graphotherapy. Sedangkan bab 3 mengajak para pembaca untuk melakukan tes perkiraan tulisan tangan yang menunjukkan kepribadian manakah yang perlu diperbaiki serta menentukan huruf Vimala apa yang harus dipelajari dan diberi perhatian lebih.

Pada Bagian dua dijelaskan secara rinci pembagian kelompok alfabet dan makna masing-masing alfabet dijelaskan. Diberitahukan pula cara menulis alfabet vimala tersebut dengan benar karena setiap alfabet dikatakan dapat merubah kepribadian seseorang menjadi lebih baik. Dalam buku ini juga diselipkan fakta-fakta tentang masing-masing huruf dalam alfabet Vimala yang memiliki asal-usul yang kaya dan mengagumkan. Bagian terakhir yang berjudul Membuat Perubahan mengajak para pembaca untuk mulai melakukan perubahan tulisan tangan dan membiasakan cara penulisan yang baru. Vimala juga memberikan tips-tips yang akan memudahkan pembaca untuk melatih perubahan tulisan tangan dan mencapai hasil yang diinginkan setiap pembaca.

Buku ini juga dilengkapi dengan daftar istilah yang memudahkan pembaca saat menemukan kata-kata sulit. Ada pula referensi dari beberapa buku yang dapat kita gunakan untuk mempelajari teknik tulisan tangan lebih lanjut. Buku ini juga sangat menarik dikarenakan setiap bagiannya dipaparkan secara rinci dan komunikatif. Selain itu buku ini dilengkapi dengan beragam contoh dari pengalaman-pengalaman penulis yang menarik. Materi yang disajikan pun mudah untuk diterapkan. Buku ini juga berkesan tidak ‘murahan’ dikarenakan setiap halaman dari buku ini menggunakan kertas putih dan sampulnya memiliki desain yang cukup menarik.

Sayangnya, buku ini juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya bahasa yang kurang tersusun dengan baik dan ada pula beberapa kalimat yang sulit dimengerti. Dalam buku ini juga menggunakan istilah yang tak familiar sehingga harus berulangkali membuka daftar istilah.

Namun terlepas dari semua itu, buku ini menarik untuk dibaca. Sebuah buku yang cukup ringan untuk dibawa ke manapun dan dapat dipahami dengan cukup mudah oleh setiap pembaca. Buku ini perlu dibaca oleh siapapun terutama orang-orang yang memerlukan dukungan dalam hidupnya. Selain itu simbol merupakan kunci komunikasi. Maka apabila Anda ingin memahami diri dan kemampuan Anda serta menginginkan perubahan, bacalah buku ini.


Contoh Resensi Buku Non Fiksi Keempat


Ghirah Cemburu karena Allah

Identitas Buku

Judul Buku: Ghirah Cemburu karena Allah

Baca Juga:  Teks LHO : Pengertian, Ciri, Sifat, Tujuan, Fungsi, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh

Penulis Buku: Prof. Dr. Hamka (Buya Hamka)

Penerbit Buku: Gema Insani

Cetakan: I

Tebal Buku: 154 Halaman

Tahun Terbit: 2015
Ikhtisar

Ghirah bukan hanya milik orang Islam yang sering dicap fanatic oleh bangsa Barat karena kebertahanannya dalam menjaga muruah pada diri, keluarga, maupun agamanya. Namun, menjaga muruah atau syaraf (Arab) juga milik setiap jiwa manusia, tidak peduli agamanya apa.

Bahkan, setiap daerah atau Negara, sebetulnya, mempunyai istilah masing-masing dalam menyebutkan ghirah ini.

Ghirah juga dimiliki seorang cinta damai seperti Mahatma Gandhi –yang terkenal berpahaman luas dan berperikemanusiaan tinggi- yang sampai bersedia melakukan apa saja untuk mencegah adiknya Yawaharlal Nehru, Viyaya Lakshmi Pandit, dan anaknya, motial Gandhi, keluar dari agama Hindu.

Buya Hamka menjelaskan bahwa ghirah itu ada dua macam, yakni terhadap perempuan dan agama. Jika adik perempuanmu diganggu orang lain, lalu orang tersebut kamu pukul, itulah salah satu pertanda bahwa dalam dirimu masih ada ghirah.

Jika agamamu, nabimu, dan kitabmu dihina, kamu masih berdiam diri saja, jelaslah ghirah telah hilang dari dirimu.

Jika ghirah atau siri –dalam bahasa orang Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja- tidak dimiliki lagi oleh bangsa Indonesia, niscaya bangsa ini akan mudah dijajah oleh asing dalam segala sisi. Jika ghirah telah hilang dari hati, gantinya hanya satu, yaitu kain kafan! Sebab kehilangan ghirah sama dengan mati!
Kelebihan Buku

Sebagai seorang ulama yang dikenal jenius, Prof. Dr. (Buya) Hamka secara pintar membangkitkan semangat para pembaca untuk tidak kehilangan muruah / harga dirinya bila apa yang menjadi kecintaan dihina. Entah itu agama, keluarga, bahkan harga dirinya sendiri.

Buya Hamka secara gamblang memberikan contoh-contoh yang bersifat fakta dalam menyampaikan pesannya bahwa ghirah setiap manusia semakin hari semakin hilang. Buku ini sangat menohok sekali, dan sangat bagus untuk dibaca.
Kekurangan Buku

Latar belakang Buya sebagai orang minang, tertuang di buku ini. Sehingga ada beberapa diksi yang asing untuk didengar orang Indonesia yang tinggal di daerah lain. Susunan kalimat dan partikel yang kurang pas membuat pembaca kadang-kadang harus membaca ulang satu kalimat lengkap.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi : Tujuan dan Manfaat Resensi


Contoh Resensi Buku Non Fiksi Kelima


Panduan Praktis Main Rubik untuk Pemula

Identitas Buku

Judul Buku: Panduan Praktis Main Rubik untuk Pemula

Penulis Buku: Wicaksono Adi

Penerbit Buku: Gradien Mediatama

Cetakan: I

Tebal Buku: 184 Halaman

Tahun Terbit: 2009
Ikhtisar

Rubik adalah permainan puzzle mekanik dengan bentuk kubus (ada juga segitiga) yang mempunyai enam warna berbeda pada setiap sisinya. Rubik ditemukan oleh Professor Erno Rubik pada tahun 1974.

Professor Erno Rubik adalah seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria. Tidak butuh lama bagi rubik untuk menciptakan sensasi rasa internasional. Setiap orang ingin bermain rubik dan memilikinya.

Demam rubik menjalar baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Seperti memiliki aura ajaib yang memikat pada kubus kecil ini. Ia mempuyai konsep yang sederhana, elegan, namun secara mengejutkan sangat sulit untuk diselesaikan.

Satu demi satu kompetisi diadakan untuk menyelesaikan rubik cube ini. Di antaranya adalah United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), American Rubik’s Cube Championship (November 1981), Canada Rubik’s Cube Championship (Maret 1982), dll.

Puncaknya ada pada tahun 1982, bulan Juni, untuk pertama kalinya kompetisi menyelesaikan rubik dunia diselenggarakan di Budapest.

Kejuaraan tersebut dimenangkan oleh seorang pelajar asal Vietnam yang beru berumur 16 tahun dengan catatan waktu 22,95 detik saja.

Ketertarikan pada permainan rubik mulai memudar di tahun 1990-an. Orang-orang banyak yang terlampau kesal saat mencoba menyelesaikannya, tetapi tidak kujung berhasil

Sebagian orang lebih tertarik dengan kehadiran game console elektronik pada saat itu. Namun, yang tercatat, hingga hari ini lebih dari 30 juta rubik telah terjual. Hal tersebut menjadikannya permainan puzzle terlaris di dunia sepanjang masa.

Rubik menemukan kembali ruhnya saat tahun 2000-an, di mana internet muncul. Petunjuk-petunjuk cara menyelesaikannya telah banyak termuat di internet, oleh karena itu, demam rubik kembali melanda dunia untuk kedua kalinya.

Tepat pada tahun 2003, ketika world championsip rubik kembali diadakan di Canada, rubik kembali mencapai puncak.

Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, melatih daya ingat, motoric, serta mendorong pemainnya untuk menjalin sebuah komunitas dan berkompetisi secara sehat.
Kelebihan Buku

Buku Tips & Trik Jago Main Rubik ini mempunyai banyak gambar sehingga interaktif dan mudah dimengerti pembaca. Selain itu penjelasannya memang jelas, rinci, dan juga terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit untuk dimengerti.
Kekurangan Buku

Untuk orang yang baru belajar rubik, masih diperlukan indeks / kosakata rubik yang lebih banyak. Dan di dalam buku ini, masih terdapat kata-kata yang sulit dimengerti tetapi tidak masuk ke indeks / glosarium.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Contoh Resensi Buku Non Fiksi , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.