6 Langkah Cara Memulai Bisnis Dropshipping 2023

seputarpengetahuan.co.idCara Memulai Bisnis Dropshipping – Memulai bisnis dropshipping adalah langkah awal yang bagus menuju kewirausahaan. Anda dapat menjual produk ke pelanggan, menetapkan harga produk Anda sendiri, dan memasarkan merek Anda sendiri.

Anda bahkan tidak perlu membayar inventaris sampai Anda menjualnya ke pelanggan nyata. Jika Anda mau berusaha, Anda dapat membangun merek yang sukses.

Jika Anda masih mempertimbangkan untuk memulai bisnis online, mengetahui bahwa penjualan e-niaga global akan mencapai hampir $5,2 triliun pada tahun 2023 akan sangat membantu. Pilihan yang semakin menguntungkan sekarang.

Pada artikel ini, pelajari cara memulai bisnis dropshipping. Kami menjelaskan apa itu bisnis dropshipping, bagaimana menemukan ide bisnis dropshipping yang tepat, dan semua hal lain yang perlu Anda ketahui untuk memulai dropshipping.

Apa itu Bisnis Dropshipping?

Dropshipping adalah model bisnis yang dapat digunakan untuk mengoperasikan toko tanpa stocking. Setelah penjualan selesai, pemasok mengirimkan produk langsung dari gudang ke depan pintu pelanggan. Anda tidak perlu khawatir tentang penyimpanan, pengemasan, atau pengiriman produk.

6 Langkah Cara Memulai Bisnis Dropshipping

Setelah mengetahui apa itu bisnis dropshipping, saatnya Anda mengetahui apa saja langkah-langkah yang harus ditempuh.

Memilih Ide Bisnis Dropshipping

Yang benar adalah bahwa apa yang Anda jual itu penting. Menemukan ide bisnis dropshipping terbaik membutuhkan waktu. Kebanyakan orang akan memberitahu Anda untuk memilih ceruk yang Anda sukai. Tapi itu hanya setengah kebenaran.

Ini tentang kombinasi keuntungan dan hasrat, dan condong ke arah keuntungan. Kenyataannya adalah ide bisnis dropshipping terbaik biasanya menguntungkan. Jauh lebih mudah untuk bergairah saat Anda benar-benar menghasilkan uang.

Untuk mendapatkan ide bisnis dropshipping Anda sendiri alih-alih memeriksa daftarnya, ingatlah hal-hal berikut:

  • Google Trends sangat bagus untuk mengetahui apakah ceruk Anda sedang tren naik atau turun. Namun, itu saja tidak cukup untuk menentukan apakah suatu ceruk layak. Beberapa ceruk mungkin sedang naik daun, tetapi tidak memiliki volume pencarian yang cukup untuk menjamin popularitas.
  • Gunakan alat kata kunci Ubersuggest. Volume pencarian kata kunci? Atau daya saingnya? Dengan alat kata kunci Ubersuggest, Anda dapat memahami potensi ide bisnis dropshipping Anda dan mendapatkan ide tambahan untuk masa depan.
  • Jelajahi situs web populer dalam ceruk pasar Anda. Misalnya, jika Anda memeriksa situs web pengecer pakaian, mereka sering mengatur tokonya ke dalam kategori yang sedang tren. Ini akan membantu Anda memahami tren apa yang perlu Anda tambahkan ke toko Anda sekarang. Anda juga dapat menelusuri produk terlaris toko untuk membantu Anda menemukan produk terbaik untuk dijual.
  • Periksa kuantitas pesanan produk. Anda juga harus mencari produk berdasarkan volume pesanan untuk membantu Anda memahami popularitas sebenarnya dari produk Anda. Jangan mengesampingkan ide bisnis dropshipping jika tidak setinggi yang lain. Produk ini mungkin lebih baru.

Ide bisnis dropshipping yang paling menguntungkan bukanlah tren. Sebaliknya, ada tren di dalamnya. Misalnya, pakaian denim menjadi tren di ceruk mode. Bulu mata palsu sedang menjadi trend kecantikan. Casing hp marmer sedang menjadi tren di ceruk casing hp.

Anda akan menginginkan tren sebagai produk, bukan seluruh toko, terutama jika Anda sedang membangun bisnis jangka panjang. Jadi, ingatlah ini saat mengembangkan rencana bisnis dropshipping Anda.

Analisis Pesaing

Setelah Anda memutuskan apa yang akan dijual, saatnya mendidik diri sendiri siapa pesaing Anda, apa yang mereka jual, dan bagaimana mereka menjual produk mereka. Ada beberapa cara memulai bisnis dropshipping untuk melakukan ini.

  • Masukkan nama salah satu produk yang ingin Anda jual di Google dan lakukan pencarian cepat untuk melihat siapa yang muncul di atas. 10 hasil teratas di Google atau mesin pencari lainnya merupakan indikasi bagus persaingan di lokasi tertentu. Jika Anda menjual produk di lokasi yang berbeda dari tempat Anda berada, kami dapat menggunakan alat pihak ketiga untuk mengumpulkan data Anda. Gunakan alat seperti SEM Rush atau Ahref untuk mendapatkan informasi tentang hasil pencarian dari berbagai lokasi di seluruh dunia.
  • Cari melalui Alexa atau SimilarWeb untuk menemukan pesaing khusus yang mungkin tidak berperingkat tinggi dalam hasil pencarian umum. Situs web ini menyediakan ringkasan situs web yang Anda jelajahi, termasuk profil media sosial, iklan, audiens situs web, dan informasi lalu lintas, serta daftar pesaing untuk bisnis tersebut.
  • Berburu di media sosial. Melalui analisis pesaing, kami mendapatkan ide bisnis dropshipping. Jelajahi iklan Facebook dalam ceruk dan halaman media sosial untuk merek teratas. Berapa banyak pengikut yang Anda miliki? Bagaimana mereka memasarkan merek mereka? Berapa banyak keterlibatan yang diperoleh merek mereka? Apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk menonjol dari mereka? Apakah mereka melakukan hal yang benar untuk saya tiru?
  • Gunakan BuzzSumo untuk mencari tahu apa yang lebih baik dari konten pesaing Anda sehingga Anda dapat menduplikasinya. Dengan alat ini, Anda dapat mengetahui konten mana yang paling banyak dibagikan di media sosial, sehingga Anda bisa mendapatkan inspirasi untuk ide blog baru. Dengan berlangganan buletin pesaing, Anda dapat terus mengetahui konten blog mereka jika mereka membagikannya dengan cara ini.

Temukan Pemasok

  • Anda dapat dengan mudah menemukan pemasok yang baik di AliExpress. Setelah berada di platform, Anda dapat mencari produk dan memilih pemasok dari daftar hasil. Di platform, Anda dapat melihat ulasan, peringkat untuk setiap pemasok, dan berapa lama pemasok telah berada di platform, yang akan memengaruhi keputusan Anda tentang pemasok mana yang akan dipilih.
  • Jika Anda memiliki daftar 5-6 pemasok potensial untuk dipilih, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dan menghubungi pemasok ini dengan pertanyaan penting seperti jumlah pesanan minimum dan waktu pengiriman.
  • Sekarang Anda seharusnya telah mempersempit kemungkinan vendor Anda dari daftar 5 vendor menjadi 2-3. Cara terbaik untuk membuat keputusan sekarang adalah dengan memesan sampel produk dan membandingkan hasilnya. Saat mengambil keputusan, bandingkan waktu pengiriman e-niaga, kualitas produk, dan pengemasan, dan ingat apa yang diharapkan pelanggan Anda saat mereka melakukan pemesanan.

Bangun Toko Bisnis Dropshipping

Ada beberapa komponen untuk membangun bisnis ecommerce dropshipping dengan cara memulai bisnis dropshipping yang benar. Ini hanya beberapa.

  • Nama Domain – Nama domain itu penting, terutama saat membangun merek jangka panjang. Anda dapat menyederhanakan proses dengan generator nama bisnis gratis kami. Apa pun yang terjadi, selalu dapatkan domain .com. Jika Anda menginginkan ceruk sebagai kata kunci untuk domain baru Anda, pastikan itu luas, seperti kecantikan, perhiasan, atau mode, bukan sesuatu yang sangat spesifik, sehingga Anda tidak perlu mengubah nama domain nanti. Juga, jangan gunakan nama Anda sebagai domain toko Anda. Jika Anda menjual bisnis, Anda dapat menggunakan hak atas nama Anda secara legal.
  • Mendaftar untuk Shopify – Shopify adalah platform e-niaga terlengkap di pasar. Anda akan merasa mudah untuk menggunakan dan menjalankan bisnis Anda di platform, karena fitur, alat, sumber daya, dan aplikasi baru ditambahkan secara berkala. Dan jika Anda mengalami masalah apa pun, Anda dapat menghubungi pakar Shopify yang secara pribadi akan memandu Anda melalui setiap langkah secara gratis.
  • Tema Shopify – Tema pribadi gratis saya adalah Minimal Vintage. Mudah dinavigasi, mudah diatur, dan secara keseluruhan merupakan tema awal yang bagus untuk mereka yang memiliki anggaran terbatas. Tema dapat diubah dari waktu ke waktu. Itu menyelesaikan pekerjaan saat menguji tema gratis pada awalnya. Saat Anda mulai menghasilkan uang, Anda dapat berinvestasi untuk membeli tema baru untuk desain toko yang lebih baik.
  • Instal Secara Otomatis – Dengan Automizely Dropshipping, Anda dapat menemukan produk online yang tersedia untuk dijual pada hari yang sama. Anda dapat menemukan produk di beberapa ceruk populer. Menulis lebih banyak deskripsi produk dari itu bisa sangat melelahkan, jadi targetkan 10-25 produk saat memulai. Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat meminta bantuan melalui blog Automizely, halaman media sosial, atau saluran dukungan Shopify.

Memasarkan Bisnis Dropshipping

Jadi pada titik ini, Anda telah menemukan produk Anda dan membangun toko Anda. Sekarang saatnya memasarkan bisnis dropshipping Anda seperti tidak ada hari esok. Ini adalah langkah penting dalam rencana bisnis dropshipping Anda. Jadi jangan berpura-pura seperti Anda terus-menerus mengubah dan meningkatkan desain toko Anda. Anda tidak perlu takut untuk menempatkan diri di luar sana. Mendapatkan penjualan pertama Anda adalah salah satu perasaan terbaik!

Jika Anda baru memulai, Anda mungkin memiliki anggaran yang ketat. Beberapa ide pemasaran terbaik saya berasal dari saat-saat yang sangat hemat. Berikut adalah beberapa hal untuk membantu Anda memulai.

  • Iklan Facebook: Kami tahu sangat menggoda untuk menghabiskan uang di iklan Facebook. Banyak pengusaha baru berpikir mereka akan menghasilkan banyak uang pada percobaan pertama mereka. Itu tidak akan terjadi. Agar dapat membeli eksperimen, Anda harus menjaga agar anggaran tetap rendah pada awalnya. Saat ini, kami bahkan tidak tahu produk apa yang paling laris. Buat beberapa iklan untuk mencari tahu produk mana yang paling laku. Jika bisnis Anda berkembang atau Anda memiliki anggaran yang lebih besar, Anda dapat membuat iklan terpisah untuk 4 negara tersebut. Jadi, AS akan memiliki iklannya sendiri seperti tiga lainnya.
  • Penargetan ulang iklan: Jika anggaran Anda benar-benar terbatas, saya sangat suka iklan penargetan ulang karena biayanya tetap rendah. Iklan ini berfungsi dengan baik jika Anda memiliki toko dengan lalu lintas tinggi. Mungkin Anda memasarkan secara gratis di Pinterest dan mendapatkan banyak lalu lintas di sana. Anda mungkin telah menulis posting blog di situs web Anda, dan influencer yang Anda rekomendasikan serta sekarang influencer dapat membagikan blog Anda secara gratis. Dengan penargetan ulang iklan, Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk mendapatkan lalu lintas gratis dan mengubahnya menjadi pelanggan yang membayar. Jauh lebih baik daripada iklan Facebook standar. Selain itu, jauh lebih murah.
  • Pemasaran Influencer: Memulai bisnis dropshipping membutuhkan sedikit kelemahan pada awalnya. Jika Anda tidak mampu membayar influencer, percayalah. Hal baik. Sebagai gantinya, kami dapat menawarkan komisi afiliasi. Mengapa ini bagus? Kadang-kadang bahkan influencer khusus ceruk telah belajar dengan cara yang sulit bahwa mereka tidak benar-benar melakukan konversi. Ini hampir seperti memotret dalam kegelapan. Membayar komisi afiliasi untuk setiap penjualan membuat bisnis dropshipping berisiko rendah dan terserah influencer untuk mengonversi penjualan. Anda juga bisa mendapatkan foto yang membantu meningkatkan bukti sosial untuk merek Anda. Jika seorang influencer memiliki pengikut nyata, mereka berpotensi menghasilkan lebih banyak uang sebagai afiliasi daripada jika mereka dibayar dengan tarif tetap. Dengan demikian memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak uang.
  • Dapatkan liputan pers gratis: Anda dapat menggunakan alat gratis untuk berlangganan daftar email  tempat jurnalis menghubungi Anda untuk mendapatkan cerita tentang cerita mereka. Beberapa orang mungkin mencari influencer di ceruk tertentu, sementara yang lain mungkin mencari rekomendasi produk. Jika Anda menjalankan iklan penargetan ulang itu, lalu lintas gratis yang kembali ke situs web Anda dapat menghasilkan penjualan. Alih-alih menambahkan link ke homepage Anda ‘websitenamehere.com’, buatlah fokus yang lebih terfokus dengan mengirimkan link ke koleksi produk atau produk tertentu. Anda masih dapat menambahkan nama merek Anda sebagai nama hyperlink.

Optimasi

Setelah menghabiskan waktu membangun situs web, merek, dan pemasaran, Anda dapat menganalisis hasil usaha Anda. Anda mungkin menemukan bahwa upaya pemasaran tertentu sangat berhasil, sementara yang lain tidak. Sebagai alternatif, Anda dapat membandingkan harga dengan pesaing Anda untuk melihat apakah Anda dapat membuat mereka lebih kompetitif.

Anda dapat mengevaluasi lalu lintas online menggunakan alat seperti Google Search Console atau Analytics untuk melihat apakah lalu lintas Anda meningkat, bukan menurun.

Jika Anda menggunakan alat pihak ketiga untuk pemasaran email atau pelaporan media sosial, siapkan laporan otomatis mingguan atau bulanan untuk diingatkan agar menganalisis informasi ini secara rutin. Cuplikan data cepat dari alat tersebut mungkin cukup untuk menentukan apakah kampanye Anda berfungsi atau tidak.

Secara keseluruhan, bagian terpenting dari toko ecommerce online yang sukses adalah menguji dan mengoptimalkan untuk meningkatkan pendapatan yang Anda hasilkan secara online. Ini memungkinkan situs web Anda untuk tetap berada di depan pesaing Anda tanpa tertinggal dari praktik terbaik.

Daftar Isi