√ 9 Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para ahli dan Jenisnya

9 Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para ahli dan Jenisnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang tenaga kerja. Pengertian yang meliputi pengertian tenaga kerja menurut para ahli, jenis-jenis tenaga kerja dan masalah tenaga kerja yang akan dibahas dengan lengkap dan mudah dipahami.

9 Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para ahli dan Jenisnya

Untuk lebih jelasnya simaklah ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari tenaga kerja menurut ahlinya.

1. Eeng Ahman dan Epi Indriani

Pengertian tenaga kerja menurut Eeng Ahman dan Epi Indriani adalah seluruh apa yang dianggap mampu untuk bekerja dan mampu bekerja jika ada permintaan tenaga kerja.

2. Suparmoko dan Icuk Ranggabawono

Pengertian tenaga kerja menurut Suparmoko dan Icuk Ranggabawono aalah penduduk yang telah memasuki usia kerja dan memiliki pekerjaan, mencari pekerjaan, dan melakuakan kegiatan lain seperti sekolah, kuliah dan mengurus rumah tangga.

3. Alam S

Pengertian tenaga kerja menurut Alam S adalah penduduk berusia 15 tahun ke atas untuk negara-negara berkembang seperti Indonesia. Sedangkan di negara-negara maju, orang bekerja antara usia 15 dan 64 tahun.

4. Sjamsul Arifin, Dian Ediana Rae, Charles, Joseph

Pengertian tenaga kerja menurut Sjamsul Arifin, Dian Ediana Rae, Charles, Joseph adalah faktor produksi yang bersifat homogen dalam suatu negara, tetapi heterogen (tidak identik) antar negara.

5. Dr. Payaman Dikutip A. Hamzah (1990)

Pengertian tenaga kerja menurut Dr. Payaman adalah produk yang telah atau sedang bekerja. Atau mencari pekerjaan, dan melakukan pekerjaan lainnya. Seperti sekolah, ibu rumah tangga. Dalam istilah praktis, tenaga kerja teridir dari dual hal, yaitu angkatan kerja dan bukan angkatan kerja.

6. Dr.A. Hamzah SH

Pengertian tenaga kerja menurut Dr. A. Hamzah SH adalah termasuk kerja di dalam atau di luar hubungan kerja dengan peralatan produksi utama dalam produksi proses kerja itu sendiri, baik kekuatan fisik dan pikiran.

7. UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Pengertian tenaga kerja menurut UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah setiap orang yang mampu bekerja untuk menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan baik diri mereka sendiri dan untuk masyarakat.

8. UU Pokok Ketenagakerjaan No. 14 Tahun 1969

Pengertian tenaga kerja menurut UU Pokok Ketenagakerjaan No. 14 Tahun 1969 adalah setiap orang yang mampu bekerja baik di dalam maupun di luar hubungan kerja guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam hubungan ini, pembentukan tenaga kerja adalah untuk meningkatkan efektivitas kemampuan untuk melakukan pekerjaan itu.

9. Wikipedia

Pengertian tenaga kerja menurut Wikipedia adalah penduduk yang berada dalam usia kerja.

Jenis-Jenis Tenaga Kerja atau Klasifikasi Tenaga Kerja

Tenaga kerja dapat dibedakan dalam beberapa jenis yaitu:

Jenis Tenaga Kerja berdasarkan Penduduknya

  • Tenaga Kerja
    Ialah seluruh jumlah penduduk yang dianggap dapat bekerja dan sanggup bekerja jika tidak ada permintaan kerja. Berdasarkan Undang-Undang Tenaga Kerja, dapat dikelompokkan sebagai tenaga kerja apabila mereka berusia antara 15 tahun sampai dengan 64 tahun.
  • Bukan Tenaga Kerja
    Bukan tenaga kerja ialah mereka yang dianggap tidak mampu dan tidak mau bekerja, walaupun ada permintaan bekerja. Berdasarkan Undang-Undang Tenaga Kerja No.13 Tahun 2003, mereka penduduk luar usia yang mana mereka berusia 15 tahun dan berusia di atas 64 tahun. Kelompok ini adalah para lansia, anak-anak dan pensiunan.

Jenis Tenaga Kerja berdasarkan Batas Kerja

  • Angkatan Kerja
    Angkatan kerja adalah penduduk yang usia produktif antara 15 – 64 tahun yang sudah memiliki pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan.
  • Bukan Angkatan Kerja
    Bukan angkatan kerja adalah mereka yang berusia 10 tahun keatas yang kegiatannya hanya bersekolah, mengurus rumah tangga dan lainnya. Seperti anak sekolah dan mahasiswa, ibu rumah tangga, orang cacat, para pengguran sukarela

Jenis Tenaga Kerja berdasarkan Kualitasnya

  • Tenaga Kerja Terdidik
    Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerjay yang mempunyai suatu keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu dengan cara sekolah atau pendidikan formal dan nonformal. Seperti pengacara, dokter, guru, dan lain-lain.
  • Tenaga Kerja Terlatih
    Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang mempunyai keahlian dalam bidang tertentu dengan melalui pengalaman kerja. Tenaga kerja terampil ini dibutuhkan latihan secara berulang-ulang sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut. Seperti Apoteker, ahli bedah, mekanik, dan lain-lain.

9 Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para ahli, Jenis-Jenis, Masalah Ketenagakerjaan

Masalah Ketenagakerjaan

Di Indonesia ada beberapa masalah ketenagakerjaan yang dapat dilihat dibawah ini.

Rendahnya Kualiats Tenaga Kerja

Dalam suatu negara kualitas tenaga kerjanya dapat ditentukan dengan cara melihat tingkat pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat pendidikannya masih rendah, ini menjadi penyebab penguasaan IPTEK (Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi) juga rendah. Dan akan berpengaruh terhadap rendahnya hasil produksi barang dan jasa.

Jumlah Angkatan Kerja Tidak Sebanding

Meningkatnya angka angkatan kerja tidak sebanding atau tidak diimabangi dengan perluasan lapangan kerja akan membawa dampak tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan penganguran.

Persebaran Tenaga Kerja Yang Tidak Merata

Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan.

Pengangguran

Krisis ekonomi di Indonesia berdampak pada industri yang mengalami gulung tikar atau bangkrut. Hal ini mengakibatkan banyak tenaga kerja yang berhenti. Banyaknya perusahaan yang bangkrut mengakibatkan sempitnya lapangan kerja, sehingga penganguran semakin banyak.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 9 Pengertian Tenaga Kerja Menurut Para ahli dan Jenisnya, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi