Pengertian Intranet Dan Internet Serta Fungsi & Bedanya

Pengertian Intranet Dan Internet Serta Fungsi & Bedanya – Ada yang sudah kenal dengan internet? Pastinya, bahkan hampir setiap hari menggunakannya. Tapi pasti juga ada yang belum tahu apa itu internet. Memang di era modern dan canggih seperti ini internet sangat berperan penting bagi kemajuan teknologi semua bangsa. Disamping internet ada juga yang namanya intranet. Supaya lebih jelasnya apa itu internet dan intranet, simak penjelasan lengkapnya.

Pengertian Intranet Dan Internet Serta Fungsi & Bedanya

Mari kita bahas dulu pengertian internet.

Pengertian Internet

Internet (interconnected networking) yaitu salah satu jaringan komputer yang mana saling terhubung satu komputer dengan komputer lainnya serta membentuk sebuah jaringan komputer yang besar dan luas di seluruh dunia sehingga jaringan ini dapat saling bertukar informasi atau data serta bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Definisi internet sendiri yaitu suatu jaringan komputer yang sangat besar serta menghubungkan antara pengguna komputer yang ada diseluruh dunia dengan melalui jaringan telepon, satelit maupun sistem komunikasi lainnya. Internet sendiri terbentuk atas banyak komputer yang saling berhubungan yang ada di seluruh dunia dengan memberi ruang serta memberi jalan untuk berbagai media informasi yang berupa gambar, video, audio sertabentuk file yang lain agar bisa saling dinikmati bersama.

Berdasarkan keterangan yang ada diatas bisa kita simpulkan bahwa fungsi internet dari yaitu sebagai suatu media komunkasi serta media informasi yang bisa dipakai untuk saling menukar data atau sebuah informasi.

Definisi Internet Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan Pengertian internet menurut para ahlinya

1. O’Brien

Ia berpendapat bahwa, internet yaitu suatu jaringan komputer yang mana berkembang dengan sangat luas. Dimana, dalam penggunaan internet ini bisa membawa manfaat dan juga dampak positif untuk selur dunia pendidikan, bisnis, dan bahkan pemerintahan.

2. Berners Lee

Disini Berners Lee berpendapat bahwa, internet yaitu suatu jaringan yang terdiri atas beberapa jaringan yang ada di dalamnya. Konsep ini memiliki arti, suatu jaringan komputer maupun lokal yang terhubung dengan jaringan yang lain.

3. Sarwono

Disini Sarwono juga berpendapat bahwa, pengertian dari internet yaitu kumpulan jaringan yang memiliki skala global, yang mana tidak ada seorangpun yang bertanggung jawab dalam mengerakkan internet itu sendiri.

Berikut ini penjelasan lain mengenai internet

  • Internet yaitu suatu jaringan komunikasi yang mana menghubungkan antara berbagai media elektronik yang ada. Sejarah pertama kali dari internet ditemukan yaitu pada tahun 1960 – an yang mana pada saat itu dipakai untuk kebutuhan riset serta penelitian dalam bidang militer
  • Sejarah internet di Indonesia yaitu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 yang mana diprakarsai oleh beberapa orang ahli pada bidang IT.
  • Perkembangan dari internet sendiri dari tahun ke tahun telah mengalami peningkatan yang sangat pesat, seiring dengan kebutuhan dari manusia yang semakai meningkat. Sehingga, manfaat dari internet ini bisa bisa kita rasakan dalam berbagai bidang kehidupan.

Pengertian Intranet

Intranet yaitu salah satu jaringan komputer yang mana terhubung atau tersambung dan dipakai oleh sebuah instansi atau sebuah perusahaan yang berbasis protokol TCP/IP. Intranet sendiri hampir sama dengan internet, yang mana hanya saja dalam pengguna intranet ini dibatasi oleh instansi maupun perusahaan tersebut sehingga hanya pengguna tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Definisi Intranet Menurut Para ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian intranet menurut pendapat dari para ahlinya

1. Miftakul Amin

Disini Miftakul Amin menjelaskan bahwa, intranet yaitu LAN atau Local Area Network yang mana memakai standar komunikasi dan semua fasilitas internet sehingga disini dapat diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal.

2. Turban, King, Lee, dan Liang

Mereka berpendapat bahwa Intranet yaitu suatu jaringan perusahaan, organisasi, maupun dari pemerintah yang memanfaatkan tools pada internet seperti internet protokol serta web browser dan dipakai oleh perusahaan sebagai sarana untuk kolaborasi dan komunikasi.

3. O’Brien dan Marakas

Disini O’Brien dan Marakas menyatakan pendapatkan pada tahun 2011, bahwa intranet yaitu suatu teknologi internet seperti server, web browser, TCP/IP protokol jaringan, database, penerbitan HTML hypermedia, dan lain sebagainya yang mana hal ini untuk menyajikan lingkungan internet pada suatu perusahaan untuk berbagi informasi, kolaborasi, komunikasi, dan juga dukungan dari proses bisnis.

Kelebihan Intranet

Berikut merupakan kelebih yang terdapat pada intranet, diantaranya yaitu:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan dari produk industri.
  • Untuk membantu proses dalam berkomunikasi dan untuk berkerjasama antar individu yang terdapat pada suatu organisasi  atau perusahaan.
  • Terdapat sebuah keseragaman informasi yang diterima dari tiap-tiap orang padaorganisasi atau perusahaan.
  • Intranet sendiri bisa meningkatkan kualitas dalam kerjasama tim yang dikarenakan sebab adanya kemudahan ketika sedang mengakses informasi internal.
  • Bisa digunakan untuk membantu dalam meningkatakan tanggapan dalm kebutuhan dan keluhan dari pelanggan.
  • Bisa diguankan untuk membantu efisiensi biaya dan juga waktu sesuai dengan kebutuhan (workflow, kolaborasi, enterprise connectivity).

Dari penjelsaan diatas dapat kita simpulkan bahwa fungsi daru intranet yaitu sebagai media penghubung antara komputer satu dengan komputer yang lain namun hal ini mempunyai batas pengguna yang telah ditentukan.

Perbedaan antara Internet dan Intranet

Internet

  • Bersifat umum atau terbuka, artinya yaitu jaringan ini bisa di akses oleh siapa saja asalkan ia terhubung dengan jaringan internet.
  • Memiliki angkauan luas serta tanpa adanya batas, artinya yaitu jaringan berada dimana saja serta bisa dijangkau dibelahan dunia manapun.
  • Ienternet sendiri memiliki jaringan yang kuat maka tak heran jika semua orang dapat mengalsesnya
  • Untuk perkembangan dari internet sendiri sangat pesat dari waktu ke waktu
  • Yang mana merupakan sekumpulan dari jaringan LAN, MAN dan juga WAN.
  • Memiliki keamanan yang mana bisa dikatakan kurang terjamin, sebab internet sendiri rawan akan hacker.

Pengertian Intranet Dan Internet Serta Fungsi & Bedanya

Intranet

  • Berisifat tertutup, artinya yaitu jaringan ini dibatasi serta hanya pengguna yang mempunyai aksesnya saja yang bisa menggunakan jaringan.
  • Memiliki jangkauan terbatas, artinya yaitu hanya mencakup area maupun lokasi yang sudah ditentukan saja sesuai dengan yang dibutuhkan.
  • Untuk perkembangan dari intranet sendiri bisa dikatakan lambat
  • Pada umumnya intranet ini dipakai oleh perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dan lain sebagainya
  • Untuk keamanan bisa dikatakan terjamin sebab intranet senduru hanya diakses oleh orang-orang tertentu.
  • Biasanya intranet ini memakai jaringan LAN, MAN atau WAN

Persamaam Internet Dengan Intranet

Selain perbedaan Internet dan Intranet sendiri mempunyai persamaan diantaranya yaitu

  1. Memiliki kesamaan pada konten (Audio atau Visual)
  2. Memiliki aplikasi yang sama pada saat digunakan
  3. Sama-sama mengguanakan Protokol Jaringan
  4. Bisa menghubungkan antar komputer
  5. Sama-sama memakai teknologi keamanan berbasis firewall
  6. Memiliki lintas platform sistem operasi
  7. Terdapat client dan juga server

Demikianlah penjelasan singkat kita mengenai Pengertian Intranet Dan Internet Serta Fungsi & Bedanya, semoga artikel diatas bisa menambah pengetahuan kitan dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.