√ Pengertian Hotspot, Sejarah, Fungsi, Jenis & Tips Menggunakannya

Pengertian Hotspot, Sejarah, Fungsi, Jenis & Tips Menggunakannya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Hotspot. Yang meliputi pengertian, sejarah, fungsi, jenis-jenis dan tips menggunakan hotspot dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Hotspot, Sejarah, Fungsi, Jenis & Tips Menggunakannya

Mari kita bahas pengertian hotspot terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Hotspot

Hotspot merupakan suatu istilah untuk sebuah area yang mana user atau orang bisa mengakses jaringan internet, dengan memakai PC, laptop atau perangkat lain yang mempunyai fitur dalam bentuk WiFi (Wireless Fidelity) menjadikan dapat mengakses internet tanpa media kabel.

Definisi lain dari hotspor yaitu lokasi fisik yang mana orang dapat memperoleh akses internet, seringkali memakai teknologi Wi-Fi, melalui jaringan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network/WLAN) memakai router yang tersambung pada penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP)

Atau hotspot juga diartikan sebagai area diman seorang client dapat tersambung dengan internet secara wireless (nirkabel atau tanpa kabel) dengan PC, laptop, notebook maupun gadget seperti smartphone dalam jangkauan radius lebih kuran beberapa ratus meter sesuai dengan kekuatan frekuensi atau signalnya.

Hotspot seringkali ditemukan di tempat-tempat umum misalnya sekolah, universitas, bandara, toko buku, cafe, mall, hotel, rumah sakit, perpustakaan, restoran, supermarket, stasiun kereta api dan tempat umum lainnya.

Sejarah Hotspot

Konsep hotspot pertama kali dimulai oleh usul Henrik Sjodin di saat konferensi NETWORLD + Interop di Moscone Center di San Francisco pada Agustus 1993. Namun ketika itu, Sjoding tidak memakai istilah hotspot tetapi wireless local area networks (wireless LANs) yang dapat diakses publik.

Perusahaan komersial pertama yang mencoba membuat public local area acces network adalah perusahaan yang didirikan di Richardson, Texas yang dikenal dengan PLANCOM (Public Local Area Network Communication). Pada tahun 1998, para pendiri perusahaan Mark Goode, Greg Jackson dan Brett Stewart membubarkan perusahaan itu.

Selanjutnya, Goode dan Jackson membuat Mobile Star Networks, Perusahaan itu adalah salah satu yang pertama dalam menandatangani lokasi akses seperti Starbucks, American Airlines dan Hilton Hotel.

Kemudian di tahun 2001, perusahaan itu dijual ke Deutsche Telecom dan namanya diganti menjadi T-Mobile Hotspot. Ketika itu istilah “hotspot” menjadi populer sebagai acuan untuk lokasi dimana wireles LAN tersedia untuk diakses oleh umum, supay bisa tersambung ke internet.

Fungsi Hotspot

Fungsi hotspot adalah supaya kita bisa mengakses internet seperti melakukan browsing, saling berkirim email, chatting, transaksi bank, jual beli online, mendownload, mengupload dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Hotspot

Hotspot dibedakan menjadi beberapa jenis atau macam, yaitu:

Free Hotspot

Freen hotspot merupakan jenis hotspot yang mana publik dapat mengakses jaringan dengan bebas. Fasilitas free hotspot seringkali tersedia sebagai fasilitas tambahan untuk pelanggan hotel, cafe dan usaha lain. Free hotspot juga biasa dipasang dengan semi permanen pada acara pameran komputer, atau konferensi/seminar komputer. Biasanya seorang admin akan melakukan kontrol terhadap jaringan menonaktifkan persyaratan otentikasi (authentication reqirements) dan membuka koneksi jaringan menjadikan siapapun dapat mengakses jaringan tersebut.

Hotspot Berbayar

Untuk dapat memanfaatkan hotspot berbayar, pengguna harus membayar sewa hotspot langsung kepada pemilik gedung, seringkali dipasang di ruangan hotel, restoran atau kedai kopi. Tidak semua hotel, cafe atau perusahaan bisa memberikan layanan internet secara gratis. Karena itu, biasanya mereka mengambil kebijakan untuk menyediakan hotspot berbayar kepada konsumen untuk menutupi biaya layanan internet yang mereka sewa dari Internet Service Provider (ISP)

Hotspot Berbayar ke Operator Wifi Hotspot

Jenis hotspot berbayar seperti Boingo, iPASS operator WiFi HotSpot ini adalah jaringan internasional yang mempunyai banyak user pengguna mobile secara internasional. Jenis HotSpot ini seringkali banyak digemari oleh orang yang hendak bepergian jauh atau keluar negeri seperti traveler atau pengusaha yang sering melakukan bisnis di luar negeri.

Suatu Hotspot dapat menjadi gabungan dari beberapa jenis hotspot menjadi satu kesatuan, tidak harus menyediakan hanya satu jenis saja. Oleh karena itu bisa saja, HotSpot berbayar ke pemilik geedung dan berbayar ke operator WiFi HotSpot jarigan area lokal nirkabel (Wireless Local Area Network) memakai router yang tersambung dengan penyedian layanan Internet Service Provider (ISP)

Sedangkan WiFi merupakan teknologi yang membuat perangkat elektronik seperti komputer, smartphone dan perangkat elektronik lain untuk bisa terhubung ke Wireless LAN, sebagian besar memakai gelombang radio super high frequency (SHF) ISM (Industrial, scientific and medical) 2,4 Gigahertz (12cm) UHF dan 5 Gigahertz band (6cm).

Keuntungan jika mempergunakan WiFi adalah sangat praktis yang mana komputer bisa tersambung dalam jaringan tanpa memerlukan perantara kabel.

Atau lebih ringkasnya, HotSpot yaitu lokasi fisik yang mana seseorang dengan perangkat elektronik dapat memperoleh akses internet. Sedangkan WiFi yaitu teknologi wireless yang seringkali dipakai oleh HotSpot untuk menyambungkan perangkat elektronik ke internet.

Pengertian Hotspot, Sejarah, Fungsi, Jenis-Jenis, Tips Menggunakan

Tips Penggunaan Jaringan Hotspot Agar Aman

Tips supaya aman menggunakan jaringan hotspot antara lain sebagai berikut:

  • Jangan mengaktifkan file sharing folder PC/Laptop apabila terhubung dengan jaringan publik, karena bisa jadi orang dapat mengakses folder yang anda sharing.
  • Matikan juga sharing printer PC/Laptop kalian.
  • Selalu aktifkan anti virus dengan melakukan update yang terbaru.
  • Jangan memberikan usernam dan password anda kepada orang lain.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Hotspot, Sejarah, Fungsi, Jenis & Tips Menggunakannya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.