√ Pengertian ADSL, Kelebihan Dan Kekurangan ADSL Lengkap

Pengertian ADSL, Kelebihan Dan Kekurangan ADSL Lengkap – Untuk pembahasan artikel kali ini kita akan mulai membahas mengenai sebuah artikel tentang ADSL. Apa itu ADSL? Tentu saja masih banyak yang belum mengetahui ADSL.

Oleh karena itulah artikel kali ini akan memberikan penjelasan kepada para pembaca agar dapat membantu untuk memberikan penjelasan mengenai ADSL. Supaya dapat memahaminya secara baik dan bisa mendapatkan manfaat dari penjelasan artikel kali ini. Langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini.

Pengertian ADSL, Kelebihan Dan Kekurangan ADSL Lengkap

Mari kita bahas dulu pengertian ADSL dengan seksama.

Pengertian ADSL

ADSL ialah sebuah singkatan dari Asymmetric Digital Subscriber Line, yakni ialah sebuah bentuk teknologi kepada komunikasi data yang bisa mentransmisikan data secara cepat yang tingginya melalui sebuah kabel tembaga telepon dan juga mempunyai sifat asimetrik, dan maksud dari sifat asimetrik ialah bahwa sebuah data ditransferkan dengan kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lainnya.

Teknologi ADSL bisa untuk mengirimkan data dengan kecepatan yang tinggi, diantara 1.5 Mbps hingga 8 Mbps untuk sebuah arah dari sentral kelapangan atau juga disebut dengan Downstream dan juga 16 Kbps hingga 640 Kbps untuk sebuah arah pelanggan ke sentral atau juga disebut dengan Upstream. Dengan ADSL ini sehingga bisa mengirimkan sebuah layanan interaktif multimedia  dengan menggunakan sebuah jaringan akses kabel tembaga.

Modem ADSL ialah sebuah perangkat yang juga digunakan untuk menghubungkan komputer atau juga router ke saluran telepon sehingga bisa mentransfer data ataupun mengakses internet. Pada ADSL mempunyai berbagai macam dari jenis kecepatan , USB atau Universal Serial Bus), router dan juga perangkat-perangkat yang lain yang terdapat juga di dalamnya. Seperti misalkan ada yang bisa digunakan untuk dua komputer dengan menggunakan USB dan juga ada bisa digunakan hingga empat komputer bahkan juga lebih dengan menggunakan Ethernet LAN.

Jadi bisa untuk disimpulkan bahwa fungsi dari ADSL ialah sebuah teknologi di dalam komunikasi data yang juga digunakan untuk mentransfer data dan juga bisa digunakan untuk keperluan internet, yang juga secara fisik menggunakan sebuah line telepon.

Kelebihan ADSL

Baru saja diberikan penjelasan dari pengertian ADSL, dan untuk pembahasan yang selanjutnya ialah kelebihan yang dimiliki oleh ADSL. Apa saja kelebihan itu? Langsung saja kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

  1. Mempunyai pembagian frekwensi yang menjadi dua macam diantaranya ialah frekwensi tinggi untuk menghantarkan data dan juga frekwensi rendah untuk menghantarkan suara atau juga fax.
  2. Di indonesia bagi pelanggan yang menggunakan speedy, maka ADSL membuat sebuah kegiatan ber-internet menjadi lebih hemat. Sehingga bisa untuk melakukan akses internet tanpa menghawatirkan tagihan yang sangat mahal.
  3. Layanan komunikasi diantara data dan juga suara yang diberikan melalui dua kanal yang memang terpisah meski begitu tetap pada satu kabel yang sama.
  4. Koneksi ADSL selalu tersambung dengan internet pada setiap saat danjuga telepon tetap bisa digunakan kapan saja.
  5. Serta kecepatan internet yang selalu stabil.

Pengertian ADSL, Kelebihan Dan Kekurangan ADSL Lengkap

Kekurangan ADSL

Selain dari kelebihan tentu saja terdapat kekurangan pada ADSL, kita sudah membahas kelebihannya dan kali ini kita akan membahas mengenai kekurangannya yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Jarak bisa berpengaruh terhadap kecepatan pengiriman data. Dan semakin jauh jarak antara modem dengan komputer atau juga saluran telepon dengan gardu telepon maka akan bisa berpengaruh terhadap kecepatan di dalam mengakses internet.
  2. Adanya sebuah coils yang digunakan yang juga digunakan untuk memberikan layanan ke plosok-plosok daerah, yang kemudian load coils akan dapat menggeser frekwensi suara ke frekwensi yang biasanya digunakan oleh ADSL. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya sebuah interfensi atau juga ketidak cocokan jalur pada ADSL.
  3. Kecepatan dari koneksi modem ADSL hingga pada saat ini masih sangat tergantung dengan tiang telepon atau juga DSLAM dan juga tidak semua sistem operasi komputer bisa menggunakan ADSL.
  4. Adanya bridge tap ialah sebuah kabel yang tidak berada pada jalur langsung diantara pelanggan dengan CO. Maka dari itu bridge tap bisa menimbulkan noise yang nantinya bisa mengganggu dari kenerja ADSL.
  5. Dikarenakan dengan seiring berkembangnya jaman pengguna kabel fiber optik pada sebuah saluran telepon yang saat ini sudah mulai digunakan. Dan hal ini tidak sesuai dengan sebuah keadaan dari sistem teknologi ADSL yang masih menggunakan sebuah saluran analog (kabel tembaga), dan sehingga pada saat ini masih sangat sulit untuk mengirimkan sebuah sinyal dengan melalui kabel fiber optik.

Sekian penjelasan yang bisa kami berikan mengenai Pengertian ADSL, Kelebihan Dan Kekurangan ADSL Lengkap, semoga dapat membantu yang sedang mencari informasi, semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi