√ Pengertian VPN, Fungsi, Manfaat, Cara Kerjanya Lengkap

Pengertian VPN, Fungsi, Manfaat, Cara Kerjanya Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang Vpn, yaitu virtual private network. Pembahasan ini meliputi pengertian, fungsi, manfaat, cara kerja, kelebihan dan kekurangan dari vpn.

Pengertian VPN, Fungsi, Manfaat, Cara Kerjanya Lengkap

Mari kita ulas lengkap apa itu VPN beserta fungsi, manfaat dan cara kerjanya disini.

Pengertian VPN

VPN adalah singkatan kata “Virtual Private Network” yaitu suatu hubungan antara satu jaringan dengan jaringan lain secara private (langsung) melalui jaringan “publik”. VPN menggunakan jaringan internet sebagai media perantaranya bisa disebut koneksinya bukan secara langsung.

Disebut Private Network karena VPN sifatnya privat yaitu hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Data yang dikirimkan lewat VPN terenkripsi sehingga aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirim melalui jaringan internet.

Dengan menggunakan VPN, kita seolah membuat jaringan didalam jaringan atau bisa disebut tunnel (terowongan). Tunneling adalah suatu cara membuat jalur privat dengan memakai infrastruktur pihak ketiga. VPN memakai salah satu dari tiga teknologi tunneling yang ada yaitu: PPTP, L2TP dan standar terbaru, Internet Protocol Security (IPSec). VPN adalah perpaduan antara teknologi tunneling dan enkripsi.

Fungsi VPN

Fungsi dari Virtual Private Network (VPN) adalah:

  • Confidentially (Kerahasiaan)

    Teknologi VPN menggunakan sistem kerja dengan cara mengenkrispi semua data yang lewat melaluinya. Dengan adanya teknologi ekripsi, kerahasiaan sebuah data dapat lebih terjaga. Walaupun ada pihak ketiga yang dapat menyadap data yang melewati internet bahwa jalur VPN itu sendiri, tetapi belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data yang lewat sudah teracak. Dengan diterapkanya sistem enkripsi, tidak ada seorangpun yang dapat mengakses dan membaca isi jaringan data dengan mudah.

  • Data Integrity (Keutuhan Data)

    Ketika sebuah data melewati jaringan internet, sesungguhnya data tersebut telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Dengan menggunakan teknologi VPN ini data yang dikirim terjaga keutuhan data mulai dari pengirimiman data hingga data sampai ditempat tujuan. Walaupun gangguan terhadap isinya, baik hilang, rusak ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya.

  • Origin Authentication (Auntentikasi Sumber)

    Teknologi VPN mempunyai kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. Data yang masuk akan diperiksa semuanya dan diambil informasinya dari sumber datanya. Lalu, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasi berhasil. VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Dalam hal ini tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

Manfaat VPN

Beberapa manfaat menggunakan teknologi VPN adalah:

  • Remote Access: Dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer atau jaringan kantor, darimana saja selama terhubung dengan jaringan internet atau jaringan publik.
  • Keamanan: Dengan koneksi VPN kita dapat browsing, searching dengan aman pada saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik seperti hotspot, wifi yang ada di cafe-cafe.
  • Menghemat biaya setup jaringan: VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubunkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang dipakai pada VPN menggunakan media jaringan internet atau jaringa publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri.

Cara Kerja VPN

Cara kerja dari teknologi VPN adalah

  • VPN mensupport banyak protocol jaringan seperti PPTP< L2TP, IPSec dan SOCKS. Protokol ini membantu cara kerja VPN dalam proses otentikasi.
  • VPN klien dapat membuat koneksi dan mengidentifikasi orang-orang yang diberi wewenang di jaringan.
  • Jaringan VPN juga dienkripsi akan meningkatkan fitur keamanan, hal ini berarti VPN biasanya tidak terlihat pada jaringan yang lebih besar.
  • Perkembangan teknologi saat ini banyak mendasarkan VPN karena mobilitas yang disediakan dan saat ini VPN juga membuka jalan untuk sambungan Wi-Fi dan jaringan tanpa kabel pribadi.

Kelebihan dan Kekurangan VPN

Adapun kelebihan dan kekurangan dari VPN adalah sebagai berikut

Kelebihan VPN

  • VPN adalah solusi efektif untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus
  • Meningkatkan mobilitas organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan rumah atau para pekerja yang mobile ke organisasi.
  • Fitur keamananan dapat disesuaiakan
  • Konektivitas jarah jauh, file sharing, konferensi video

Kekurangan VPN

  • VPN membutuhkan perhatian ekstra untuk menetapkan sistem keamanan yang jelas. Hal ini karena informasi sensitif perusahaan dapat diakses secara global. Oleh sebab itu faktor keamanan adalah resiko tersendiri.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian VPN, Fungsi, Manfaat, Cara Kerjanya Lengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi