√ Otak Kanan : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya

Otak Kanan : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Otak Kanan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian orak kanan, fungsi, struktur dan cara kerjanya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak Artikel brikut ini.

Otak Kanan : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya

Di dalam otak manusia, terdapat beberapa bagian dari otak manusia yang lebih kompleks lagi yakni otak besar serta otak kecil. Otak besar tersebut terbagi menjadi 2 belahan yaitu otak kanan serta otak kiri.

Pengertian Otak Kanan

Otak kanan di dunia kesehatan disebut dengan Right helisphere. Sesuai dengan namanya Otak kanan merupakan bagian yang secara anatomi berada pada belahan kanan dari otak besar. Fungsinya yaitu mengatur serta juga bertanggung jawab pada seluruh aktifitas serta juga kesehatan tubuh bagian kanan.

Sebab itulah terkadang terdapat penyakit lumpuh atau struk pada sebagian belahan tubuh. Hal tersebut terjadi karena tiap bagian diatur oleh bagian otak yang juga berbeda. Namun bukan sekedar itu saja tugas lainnya dari otak kanan juga melaksanakan berbagai akifitas serta ekspresi yang berhubungan dengan emosi.

Struktur Otak Kanan

Selanjutnya yaitu tentang strukturnya, tentu Anda bertanya? Bagaimana bentuk serta gambaran dari jaringan di dalamnya? Struktur otak kanan terdiri dari berjutaan jaringan serta jutaan syaraf yang membentuk seperti setengah lingkaran yang agak pipih dan memiliki dua jenis sel, yakni glia dan neuron.

Glia yaitu memiliki fungsi untuk menunjang serta melindungi neuron. Sedangkan untuk neuron yaitu memiliki tugas membawa informasi. Mereka saling berkomunikasi serta mengirimkan berbagai bahan kimia ke seluruh tubuh yang disebut dengan sebutan neurotransmiter. Pada bagian dalam strukturnya itu terdapat bagian berwarna putih yang disebut dengan basal nuclei yang berguna sebagai perencanaan serta pembelajaran yang bertugas untuk dapat memberikan perintah kepada sel tubuh yang lain.

Fungsi Otak Kanan

Tiap-tiap ciptaan Tuhan memiliki fungsi yang luar biasa sehingga sangat berpengaruh pada tubuh secara keseluruhan.

Sama halnya dengan otak kanan, fungsi otak kanan pada tubuh kita antara lain sebagai berikut :

  • Berfungsi didalam perkembangan kecerdasan emosi atau EQ (emotional quotient) seperti pengendalian emosi serta sosialisasi.
  • Kemampuan didalm interaksi dengan manusia lain, intuitif, kemampuan merasakan serta memadukan.
  • Ekspresi tubuh seperti misalnya menyanyi, menari, serta melukis.
  • Melakukan tugas matematika mengenai perbandingan serta estimasi.
  • Membantu dalam membayangkan visual dengan secara lengkap serta mengekspresikan apa yang dilihat.
  • Berperan di dalam kemampuan berbahasa sebab memiliki kemampuan memori jangka panjang.
  • Berhubungan juga dengan segala sesuatu yang membutuhkan kreatifitas di dalam pelaksanannya.

Otak Kanan Pengertian Fungsi Struktur dan Cara Kerjanya

Cara Kerja Otak Kanan

Otak kanan memiliki fungsi sebagaimana yang telah diterangkan diatas sebab otak kanan mempunyai cara kerja yang menjurus pada fungsi tersebut. Sel sel yang berada pada fungsi otak kanan itu cenderung menggunakan kreatifitas di dalam memecahkan suatu masalah. Sel sel tersebut bisa/dapat berfikir dengan sangat cepat. Dengan 1 detik saja otak kanan berhenti bekerja tentu hal tersebut akan terjadi kerusakan pada seluruh bagian tubuh.

Otak kanan ini bekerja dengan menggunakan kemampuan long term memory. Sehingga pada saat melihat suatu gambar maka akan terekam lama di dalam ingatan.

Misalnya seperti pada saat melihat sebuah gambar, tentu Anda tidak langsung melupakannya bukan? Anda akan dapat mampu membayangkan teksturnya, bentuknya, warnanya, gelap terangnya, serta juga perkiraan seberapa besar dan apa maknanya. Hal itu dapat terjadi disebabkan karena sistem kerja otak kanan yang mampu untuk mengolah memori dalam jangka panjang.

Ribuan sel yang terdapat di dalam otak kanan ini memang sudah dibentuk sejak dalam kandungan untuk mampu bekerja dengan mengandalkan kreatifitas serta ingatan. Hal tersebut yang mendukung dan juga menjurus pada berbagai fungsi otak kanan yang sangat berpengaruh di dalam kecerdasan emosi seseorang.

Demikian penjelasan tentang Otak Kanan : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi