Pengertian Prakarya, Kerajinan, Budidaya dan Pengolahan

Pengertian Prakarya, Kerajinan, Budidaya dan Pengolahan – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membaha tentang Pengertian Prakarya. Yang man dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian prakarya, pengertian kerajinan, pengertian kewirausahaan, pengertian budidaya, pengertian pengolahan, pengertian rekayasa dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah dipahami silahkan simak artikel tentang pengertian prakarya diabwah ini.

Pengertian Prakarya, Kerajinan, Budidaya dan Pengolahan

Dalam pembahasan ini mungkin banyak yang belum mengetahui tentang pengertian prakarya, pengertian kerajinan, pengertian kewirausahaan, pengertian budidaya, pengertian pengolahan, pengertian rekayasa beserta contohnya. Untuk lebih jelasnya yuk simak keterangan berikut ini:

Pengertian Prakarya

Kata prakarya ini berasal dari dua 2 suku kata, yaitu dari kata pra dan karya yang mana arti dari pra yaitu belum, sedangkan arti dari kata karya yaitu sebuah hasil kerja. Ada juga pengertian dari prakarya yaitu suatu hasil kerja yang belum jadi karena prakarya masih berupa prototipe (Proof Og Concept). Di dalam prakarya masih belum mempunyai target dalam pemasaran dalam yang artinya belum ada konsumennya (pengguna).B

ukan berarti tidak ada penggunanya sama sekali namun ada kala si desainer atau developer itu sendiri. Jika dilihat dari kualitasnya masih belum terlihat sebab hal yang terpenting yaitu pada bentuk dasarnya. Kualitas harga yang ditentukan masih bersifat subyektif karena belum tahu potensi pasarnya.

Dalam prakarya mempunyai arti yaitu keterampilan tangan,kerajinan atau hastakarya yang mana yangbahan yang diperlukan sangat mudah untuk ditemui dan tersedia secara umum dipasaran. Sehingga kita bisa sangat berguna dan penting untuk mengembangkan suatu kreatifitas dan juga dapat mengasah atau mengembangkan sesuatu inovasi baru.

Pengertian dari pengolahan prakarya yaitu memciptakan dam membuat, yang pada dasarnya prinsip kerja dari pengolahan dari prakarya yaitu proses pengubahan bahan mentah menjadi suatu produksi dengan memadukan atau memodibikasi bahan tersebut.

Manfaat dari pendidikan teknologi pengolahan adalah untuk pendidikan terhadap rasa yang bisa dikorelasikan terhadap kehidupan sehari-hari. Pengolaha telah dilakukan oleh para pendahulu bangsa melalui teknologi tradisi yang sederhana namun terdapat suatu konsep yang aplikabel. Prakarya pengolah dapat melatih terhadp kesabaran dan berpikir inovatif terhaddap kedepannya.

Contoh Prakarya

Berikut adalah beberapa contoh dari hasil prakarya yang dapat dicoba oleh anak sekolah, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Boneka dari sabun
  • Boneka dari llin
  • Boneka dari benang
  • Origami merupakan sebuah karya seni yang terbuat dari kertas
  • Anyaman dari rotan
  • Rumah-rumahan dari kertas karton
  • Bunga dari sedotan, dan lainnya

Manfaat Kegiatan Prakarya

Manfaat dari kegiatan prakarya yaitu bisa menumbuhkan sifat kreatif serta dapat mengembangkan inovatif terhadap anak. Disamping itu hal ini juga dapat meningkatkan kecerdasan terhadap anak serta dapat meningkatkan kemampuan motorik kepada anak itu sendiri. Keterampilan atau skill yang telah dikembangkan sejak dini ini sangat berguna terhadap masa depan anak. Sebab dari keterampilan tersebut sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk sendiri maupun untuk orang lain.

Tak hanya itu dengan melakukan aktivitas ini juga bisa mengembangkan dan menyeimbangkan kecerdasan antara otak kanan dan otak kiri. Yang mana otak kanan lebih mengacu terhadap suatu karya seni atau sesuatu hal agar bisa menciptakan dalam sebuah keindahan sedangkan pada otak kiri lebih mengacu terhadap sifat logis yang akan membantu bekerja dalam memberikan langkah-langkahnya. Dengan berkembangnya otak kanan maupun otak kiri ini dapat meningkatkan kemapuan dan dapat mengatur emosi pada dirinya.

Pengertian Kewirausahaan

Wirausaha berasal dari 2 suku kata yaitu Wira dan Usaha yang masing-masing memiliki arti yang berbeda. Arti dari wira yaitu berani sedangkan arti dari usaha yaitu kegiatan. Wirausaha juga dapat diartikan sebagai suatu hal yang menyangkut atas keberanian seseorang dalam melakukan suatu kegiatan secara mandiri. Kegiatan dengan tujuan untuk menemukan hingga mewujudakan peluang menjadi suatau usaha yang dapat menghasilkan, hal itu disebut dengan proses kewirausahaan.

Definisi dari kewirausahaan adalah suatu jalan proses kemausiaan (human process) yang berkaitan atau berhubungan erat terhadap adanya inovasi dan kreativitas dalam memahami suatu peluang, mengorganisir sumber daya, dan mengelola yang mana hal tersebut bisa dijadikan dalam suatu peluang usah untuk menghasilkan nilai atau laba.

Menurut Soeparman Soemahamidjaja, pengertian dari kewirausahawan yaitu suatu ability (kemampuan) dalam berpikir dengan secara kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan sebagai landasan dasar dalam kewirausahawan, sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat kiat dan proses untuk menghadapi tantangan hidup.

Inovatir dan Kreatif merupakan kunci utaman untuk melakukan kewirausahawan. Kreativitas yaitu suatu kemampuan yang dapat membuat kombinasi atau perpaduan baru dan suatu hal dalam hubungan baru yang terdiri atas data, variable, dan unsur yang telah ada.

Adapun ciri dari orang yang kreatif, antara lain yaitu:

  • Percaya diri
  • Mandiri
  • Berani mengambil resiko
  • Terbuka terhadap yang baru.
  • Memiliki rasa ingin tahu yang besar
  • Melihat sesuatu dengan tidak biasa.
  • Objektif dalam berpikir sera bertindak
  • Dapat menerima perbedaan.

Pengertian Kerajinan

Kerajinan merupakan salah satu hal yang berhubungan erat dengan karya tangan atau aktivitas serta berkaitan dengan barang yang akan dibuat dengan kerajinan dalam keterampilan tangan. Kerajinan bisa dibuat dari berbagai macam bahan yang sudah ada. Jadi dari hasil kerajina tersebut akan memunculkan suatu karya seni atau dan suatu barang yang dapat dipakai. Biasanya dalam pembuatan kerajinan ini masih dilakukan secara tradisional.

Kerajian tangan bisa dibuat dengan menggunakan bebagai bahan salah satunya yaitu barang bekas, seperti contoh kardus, plastik makanan, sedotan, botol bekas dan masih banyak lagi.

Jenis Kerajinan

Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :

  1. Kerajinan bahan alam merupakan sesuatu kerajinan yang bahannya terbuat dari bahan alam atau bahan dasarnya dari alam contohnya: rotan, serat, bambu atau lainnya.
  2. Kerajinan bahan buatan merupakan sesuatu kerajian yang bahannya terbuat dari bahan buatan seperti lilin, sabun, plastik, dan lainnya.

Pengertian Pengolahan

Pengertian pengolahan Menurut Poerwadarminta (1997:1321), yaitu sebuah proses yang memberikan pengawasan dalam segala hal yang terlibat di dalam pelaksanaan kebijakan serta untuk mencapai tujuan.

Sedangakn pengertian pengelolaan menurut M. Manullang (2005 : 1), adalah suatu proses yang mana berhubungan dalam proses pelaksanaan dari tujuan itu disenggarakan serta diawasi.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengelolahan adalah suatu proses pengawasan dalam suatu pelaksanaan kebijakan dan pencapaian tujuan.

Pengertian Budidaya

Pengertian Budidaya merupakan kegiatan terencana pemeliharaan sumber daya hayati yang dilakukan pada suatu areal tempat agar dapat di ambil hasil panen atau manfaatnya. Kegiatan budidaya dapat disebut dalam inti dari usaha tani.

Pengertian Prakarya Kerajinan Budidaya dan Pengolahan

Pengertian Rekayasa

Definisi dari rekayasa adalah suatu penerapan terhadap kaidah ilmu dalam pelaksanaan (seperti halnya dalam pembuatan konstruksi, peralatan seistem ekonomis, atau pengoperasian kerangka).

Demikian penjelasan tentang Pengertian Prakarya, Kerajinan, Budidaya dan Pengolahan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi