17 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

17 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Statistik merupakan salah satu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari agar dapat memudahkan seseorang dalam membuat suatu penelitian, observasi ataupun riset yang berbentuk angka, mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, analisis data,  hingga penyajian data yang akhir tujuannya ialah penarikan kesimpulan.

17 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Statistik memang tergolong rumit bagi mereka disini yang belum memahami bagaimana cara pemakaiannya. maka dari itu, didalam perguruan tinggi pada umumnya terdapat mata kuliah statistik, yang mana sangat berguna untuk melaksanakan tugas akhirnya.

Maka dari itu perlu kita ketahui terlebih dahulu menganai apa itu statistik?. Pada kesempatan ini, Seputar Pengetahuan akan membahas menganai apa itu pengertian statistik menurut para ahli. Berikut penjelasannya.

Pengertian Statistik

Ada beberapa ilmuan yang menjelaskanmengenai apa itu pengertian dari statistik. Diantaranya yaitu:

1. Modenhall

Statistik yaitu salah satu bidang sains yang mana ada hubungannya dengan ekstrasi informasi pada sebuah data numerik dan dipakai untuk membuat keputusan pada suatu populasi yang mana data itu didapatkan.

2. Kendal & Stuart

Mereka menjelaskan bahwa statistik yaitu cabang dari metode ilmiah yang mana ada kaitannya dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan cara mengukur sifat-sifat pada populasi yang ditemukan.

3. Asher

Ia berpendapat bahwa statistik sendiri ada kaitannya dengan suatu langkah atau metode untuk menarik sebuah kesimpulan dari hasil uji coba.

4. Mood, Graybill & Boes

Mereka berpendapat bahwa statistik yaitu suatu teknologi yang berasal dari salah satu metode ilmiah serta ada kaitan dengan percobaan, penyelidikan dan juga penarikan kesimpulan.

5. Anderson & Bancroft

Mereka berdua menjelaskan bahwa statistik sebagai ilmu serta seni perkembangan dan juga metode yang paling tepat dan efektif untuk pengumpulan, mentabulasikan serta menginterprestasikan data-data kuantitatif.

6. Stoel Torrie

Stoel Torrie menjelaskan bahwa statistik yaitu sebagai cara maupun metode yang memberikan langkah-langkah  untuk menilai ketidak pastian dari kesimpulan yang bersifat induktif.

7. Marguerrite F. Hall

Ia menjelaskan bahwa Statistik yaitu suatu teknik yang mana dipakai dalam pengumpulan data, menganalisa, menyimpulkan serta mengadakan penafsiran data dalam bentuk angka.

8. Freund & Walpole

Mereka berpendapat bahwa statistik yaitu termasuk dalam sebagai salah satu sains untuk pengambilan suatu keputusan yang masih belum pasti.

9. Sudjana

Menurut pendapat dari sudjana yang menjelaskan bahwa statistik yaitu sebagai suatu pengetahuan yang ada kaitannya dengan teknik-teknik maupun cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisaan, penarikan kesimpulan, penyajian data serta publikasi dari data-data dalam bentuk angka.

10. Sugiyono

Menurut dari sugiyono yang menjelaskan bahwa, statistik dalam arti sempit yaitu sebagai data serta alat. Secara luas, statistik yang mana hal ini suatu alat untuk menganalisis serta mengambil sebuah keputusan.

11. Prof. Drs. Sutrisno Hadi, MA

Beliau berpendapat bahwa statistik yaitu termasuk dalam salah satu cara dalam mengolah data serta menarik sebuah kesimpulan dan juga keputusan yang logis dari sebuah pengolahan data.

12. Prof. Dr. Agus Irianto

Beliau juga berpendapat bahwa statistik yaitu termasuk dalam sekumpulan cara yang berhubungan dengan pengumpulan data, analisis data, serta penarikan kesimpulan dari data-data yang berbentuk angka dengan memakai asumsi tertentu.

13. Suntoyo Yitnosumarto

Disini Suntoyo Yitnosumarto menjelaskan bahwa statistik yaitu sebagai sebuah informasi yang mana memakai metodologi serta cara-cara perhitungan dalamuntuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan praktis yang muncul.

14. Ir. M. Iqbal Hasan, MM

Ia berpendapat bahwa statistik ini sendiri sebagai suatu ilmu yang mana mempelajari mengenai seluk beluk data yaitu mengenai tatacara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari suatu data dalam bentuk angka-angka.

Nah itulah beberapa pendapatnya dari pakakrnya mengenai pengertian statistik. Kesimpulan dari penjelasan diatas yaitu: Statistik adalah kumpulan data-data berbentuk angka atau juga bukan angka yang mana bisa disusun dengan memakai tabel atau diagram dengan menggambarkan suatu masalah yang sedang dikaji. Dan pada umumnya data-data yang disajikan ini ada kaitannya kaitan dengan keadaan tertentu yang juga dilengkapi dengan keterangan untuk memperjelas pada suatu permasalahan tersebut.

15. Croxton dan Cowden

Mereka menjelaskan bahwa statistik yaitu suatu metode yang diguankan mengumpulkan, mengolah serta untuk menyajikan dan juga menginterpresentasikan data yang berbentuk angka-angka.

16. Anto Dajan

Menurut pendapat dari Anto Dajan, iaya menjelaskan bawha pengertian statistik yaitu data kuantitatif baik yang masih belum tersusun atau yang sudah tersusun dalam bentuk table.

17. Supranto

Sedangkan menurutpendapat daru Supranto yang menjelaskan bahwa statistik yaitu suatu ilmu yang mana dalam hal ini mempelajari mengenai cara pengumpulan, penyajian, menganalisis data dan juga mengambil kesimpulan secara umum yang mana berdasarkan atas hasil dari penelitian menyeluruh yang sudah dilakukan.

Tujuan Statistik

Ada lima tujuan utama dari statistik, kelima tujuan tersebut andalah sebagai berikut:

  • Bertujuan untuk membuat deskripsi maupun untuk menjelaskan data mengenai populasi yang diselidiki.
  • Bertujuan untuk membantu dalam membuat estimasi tentang nilai yang mana tidak diketahui berdasarkan dari data yang dianalisis.
  • Untuk membuat estimasi tentang akibat daru suatu hipotesis yang diterima. Estimasi ini nantinya selanjutnya diguankan sebagai dasar dalam pengembilan keputusan.
  • Statistik juga bertujuan untuk mengurangi jumlah populasi yang luas dengan ukuran yang lebih kecil supaya lebih mudah untuk dipahami.

Fungsi Statistik

Statistik sendiri mempunyai dua fungsi utama yang sangat penting untuk kegiatan penelitian. berikut ini merupakan fungsi statistik diantaranya yaitu sebagai berikut;

1. Fungsi Deskriptif

Fungsi Deskriptif merupakan salah satu fungsi statistik yang mana untuk mendeskripsikan, menerangkan data serta peristiwa, yang mana hal ini dikumpulkan dengan melalui proses penelitian serta penyelidikan dimanayang mana belum sampai generalisasi atau mengambil kesimpulan mengenai populasi yang diteliti.

2. Fungsi Inferensial

Fungsi Inferensial yaitu fungsi statistik yang mana untuk memprediksi serta untuk mengendalikan seluruh populasi yang berdasarkan dari data, gejala, serta peristiwa yang terdapat pada proses penelitian. Fungsi ini dimulai dengan membuat suatu estimasi serta hipotesis.

14 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli Terlengkap

Jenis-Jenis Statistik

Jenis-jenis statistik dibedakan sebagai berikut:

1. Berdasarkan Orientasi Pembahasan

  • Statistik matematika, yaitu salah satu jenis statistik yang mana jenis ini lebih mengedapankan pada suatu pemahaman terhadap model, rumus-rumus statistika yaitu secara matematika-teoritis, penurunan konsep. Contohnya, uji normalitas, analisis regresi dll.
  • Statistik terapan, yaitu jenis statistik yang mana lebih mengedapankan dalam pemahaman konsep, teknik statistika, dan juga penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

2. Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis

  • Statistik deskriptif, yaitu jenis statistik yang mana  ada hubungannya atau ada kaitannya dengan pengumpulan pengolahan, analisis, dan penyajian data tanpa kesimpulan dengan secara umum. Bentuk statistik ini umumnya berbentuk tabel, grafik, diagram, dll.
  • Statistik inferensial, yaitu jenis statistik yang mana dalam hal ini prosesnya memungkinan untuk diambilnya kesimpulan dengan secara umum pada data yang diolah.

3. Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data

  • Statistik parametik, yaitu salah satu jenis statistik yang dilakukan berdasarkan atas model distribusi normal.
  • Statistik non-parametik, yaitu statistik yang dilakukan dengan mengguankan metode untuk distribusi bebas atau juga tidak dengan berdasarkan model distribusi normal.

4. Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

  • Statistik univariat, yaitu jenis statistik yang mana hanya memppunyai satu variabel yang terikat.
  • Statistik multivariat, yaitu jenis statistik yang mempunyai lebih dari satu variabel yang terikat.

Demikianlah pembahasan mengenai 17 Pengertian Statistik Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bermanfaat bagi para pembaca dan sekian terimakasih 🙂