18 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

18 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Istilah lain dari penelitian adalah riset. Riset berasal dari bahasa inggris research, research yang berasal dari kata re (kembali) dan search (mencari). Secara etimologi penelitian berarti “mencari kembali” yaitu mencari fakta-fakta baru yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah teori untuk memperdalam dan memperluas ilmu tertentu.

18 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Setiap para ilmuwan baik eksakta maupun sosial dalam melakukan suatu penelitian pastinya didasari dengan  rasa keingintahuan. Rasa ingin tahu tersebut bisa menimbulkan keinginan mereka untuk melakukan suatu penelitian guna memperdalam serta memperluas ilmu yang sedang ditekuninya itu.

Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli

Beberapa pengertian mengenai konsep penelitian secara teoritis menurut para ahli, berikut diantaranya:

1. Soerjono Soekanto

Beliau menjelaskan behwa penelitian yaitu suatu kegiatan ilmiah yang didasari dengan analisis serta konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis serta konsisten yang mana tujuannya untuk mengungkapkan suatu kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia agar dapat mengetahui apa yang sedang dihadapinya.

2. Sanapiah Faisal

Menurut pendapat dari Sanapiah Faisal yang mana ia disini mengemukakan bahwa penelitian yaitu salah satu aktivitas guna menelaah suatu problema dengan menggunakan metode ilmiah secara tertata serta sistematis agar dapat menemukan pengetahuan baru yang bisa diandalkan kebenarannya tenag dunia alam dan sosial.

3. Soetrisno Hadi

Beliau menjelaskan bahwa penelitian yakni suatu usaha dalam menemukan segala sesuatu agar dapat mengisi kekosongan maupun kekurangan yang ada, menggali lebih mengenai dalam apa yang sudah ada, mengembangkan serta memperluas, dan juga menguji kebenaran dari apa yang sebelunya sudah ada namun untuk kebenarannya masih diragukan.

4. Donald Ary

Ia berpendapat bahwa penelitian yaitu suatu penerapan dalam pendekatan ilmiah terhadap suatu pengkajian masalah agar mendapatkan informasi yang berguna serta hasil yang bisa untuk dipertanggungjawabkan.

5. John

Disini ia menjelaskan bahwa Penelitian yaitu salah satu kegiatan dalam pencarian fakta menurut metode objektif yang jelas dengan menemukan hubungan antara fakta serta menghasilkan hukum tertentu.

6. Woody

Woody menjeaslaskan bahwa penelitian yaitu metode dalam menemukan sebuah pemikiran yang kritis. Penelitian ini terdiri atas pemberian definisi serta redefinisi kepada masalah, sehingga membuat formulasi hipotesis atau mengadakan uji coba secara hati-hati dari segala kesimpulan yang diambil guna menentukan apakah kesimpulan itu sendiri sesuai dengan hipotesis.

Baca Juga:  Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Faktor Terbentuk, Keunggulan dan Kelemahannya

7. Hill Way

Beliau mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul Introduction to Research ia mendefinisikan penelitian yaitu suatu metode studi yang bersifat mendalam dan penuh dengan kehati-hatian dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya atas suatu masalah tertentu guna agar dapat memecahan masalah tersebut.

8. Parson

Ia menjelaskan bahwa pengertian dari penelitian yaitu suatu pencarian terhadap segala sesuatu yang dilakukan secara sistematis, dengan penekanan bahwa pencariannya dilakukan terhdap masalah yang bisa dipecahkan dengan penelitian.

9. Hadi Sutrisno

Beliau berpendapat bahwa penelitian merupakan sebagai usaha dala, menemukan, mengembangkan serta menguji kebenaran dari suatu pengetahuan dengan menggunakan metode yang ilmiah.

10. Sukmadinata

Beliau juga berpendapat bahwa penelitian termasuk dari sebagai suatu proses pengumpulan serta menganalisis atau pengolahan data yang dilakukan secara sistematis dan logis  agar dappat mencapai tujuan tertentu.

11. Mohamad Ali

Disini ia menjelaskan bahwasannya penelitian merupakan suatu cara guna memahami sesuatu dangan melalui proses penyelidikan maupun usaha dalam mencari bukti-bukti yang muncul yang berhubungan dengan masalah tersebut, yang mana hal ini dilakukan secara hati-hati sehingga bisa mendapatkan pemecahannya.

12. Supadmoko

Ia mengungkapkan bahwa penelitian yaitu usaha yang dilakukan dengan sadar serta diarahkan guna mengetahui atau mempelajari fakta-fakta baru dan sebagai penyaluran hasrat rasa ingin tahu manusia.

13. Sukardi

Disini sukardi menjealskan bahwa pengertian dari Penelitian yaitu suatu proses yang memiliki karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, yang mendasarkan terhdap teori dan hipotesis maupaun jawaban sementara.

14. Hasan

Disini hasan menjelaskan bahwa penelitian yaitu penyaluran tentang rasa ingin tahu manusia kepada sesuatu maupun masalah dengan perlakuan tertentu (misalnya memeriksa, menelaah, mengusut, serta dipelajari secara cermat dan juga sungguh-sungguh) sehingga mendapatkan sesuatu (mencapai kebenaran, mendappatkan jawaban atas masalah yang tadinya masih dipertanyakan, serta pengembangan ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya).

15. Cooper dan Emory

Mereka menjelaskan bahwa penelitian yaitu suatu proses maupun kegiatan dalam penyelidikan sistematis yang tujuannya yaitu bisa memberikan informasi untuk memecahkan masalah.

16. Winarno Surachmand

Penelitian adalah suatu metode studi yang bersifat hati-hati dan mendalam dari segala bentuk fakta yang dapat dipercaya atas masalah tertentu guna membuat pemecahan masalah tersebut.

17. Sugiyono (2006, p.1)

Ia menjelelaskan bahw penelitian yaitu salah satu cara ilmiah guna memperoleh data yang tujuannya dan kegunaan tertentu

18. Nur Indrianto dan Supomo

Dalam buku “Metode Penelitian Bisnis” (2002, p.16). Yang menyatakan bahw penelitian yaitu refleksi dari keinginan guna mengetahui sesuatu yang berupa fakta – fakta maupun fenomena alam

Berdasarkan berbagai penjelasan diasta, maka kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian dari penelitian yaitu suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan tujuannya guna menemukan serta mengembangkan dan menguji untuk kebenaran dari suatu  masalah atau pengetahuan guna mencari solusi maupun pemecahan dari masalah tersebut.

Baca Juga:  √ 7 Pengertian Populasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Ciri-ciri Penelitian

Adapun ciri-ciri penelitian secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Bersifat ilmiah : maksudnya yaitu penelitian selalu mengikuti prosedur serta memakai bukti yang meyakinkan dalam bentuk fakta yang didapatkan secara objektif.
  2. Penelitian yaitu suatu proses yang berjalan terus-menerus serta berkesinambungan, sebab hasil dari penelitian semdiri selalu bisa disempurnakan.
  3. Memberikan kontribusi, maksudnya yaitu sebuah  penelitian harus mempunyai unsur kontribusi maupun nilai tambah. Sehingga harus dalam penelitian hars ada hal baru yang ditambahkan dalam sebuah penelitian ilmu pengetahuan.
  4. Analitis, merupakan penelitian yang dilakukan bisa dibuktikan serta diuraikan dengan dengan metode ilmiah serta terdapat hubungan sebab  akibat antar variabel-variabelnya.

Sikap Seorang Peneliti

Sikap yang harus dimiliki oleh seorang peneliti antara lain:

  1. Objektif, ialah seorang peneliti harus mampu untuk memisahkan antara pendapat pribadi yang sesuai dengan kenyataan yang ada.
  2. Kompeten, ialah seorang peneliti yang baik mempunyai kemampuan dalam mengadakan penelitian dengan memakai metode serta teknik penelitian tertentu.
  3. Faktual, peneliti harus mengerjakan uatu penelitian yang didasari dengan fakta yang didapatkan, bukan berdasakan harapan, obsesi, maupun angan-angan yang masih bersifat abstrak.

12 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli Lengkap

Syarat Penelitian

Ada tiga syarat terpenting dalam melakukan penelitian, antara lain:

  1. Sistematis, yaitu dilaksanakan didasai dengan pola tertentu, dari hal yang paling sederhana sampai yang kompleks dengan tatanan yang tepat sehingga tujuannya tercapai secara efektif dan efisien.
  2. Terencana, yaitu  dilaksanakan seba terdapat unsur kesengajaan yang sebelumnya telah terkonsep berdasarkan dengan langkah-langkah pelaksanaannya.
  3. Mengikuti konsep ilmiah, yakni dari awal hingga akhir kegiatan penelitian harus sesuai debfab langkah-langkah tahapan penelitian yang telah ditentukan maupun ditetapkan yakni dengan prinsip yang dipakai dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian antara lain:

  1. Eksploratif (penjajagan) ialah penelitian yang bertujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah ada.
  2. Verifikatif (pengujian) ialah suatu penelitian yang tujuannya untuk melakukan pengujian terhadap teori ataupun hasil penelitian sebelumnya, sehingga akan diperoleh hasil yang dapat menggugurkan atau memperkuat teori atau  hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.
  3. Development (pengembangan) yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan, menggali serta memperluas lebih dalam mengenai suatu masalah maupun teori keilmuan menjadi lebih yang mana sebagai sarana untuk  memecahkan berbagai persoalan  yang ada dalam masyarakat.

Itulah penjelasan mengenai 18 Pengertian Penelitian Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) yang bisa anda pahami dengan mudah, semoga bermanfaat. Terimakasih.