20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi kita dengan penyebutan istilah bisnis atau berbisnis. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu busy yang berarti sibuk. Kata busy pada bahasa inggris lama yakni bisignis yang artinya keadaan dimana seseorang sibuk “state of being busy“. Sedangkan secara etimologi, bisnis yaitu keadaan dimana individu atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang dapat menghasilkan laba atau keuntungan.

Kata “bisnis” memiliki tiga penggunaan, yakni penggunaan singular yang merujuk pada badan usaha, yakni kesatuan yuridis dan ekonomis yang tujuannya mencari keuntungan. Penggunaan yang lebih luas merujuk pada sektor pasar tertentu, contohnya bisnis pertanian. Penggunaan paling luas merujuk kepada seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu komunitas.

20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Definisi bisnis yang tepat dan diakui kebenarannya masih menjadi bahan perdebatan hingga kini. Berdasarkan ilmu ekonomi, bisnis ialah suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada pembeli atau konsumen ataupun bisnis lainnya, untuk memperoleh laba. Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan lebih luas pengertian bisnis menurut para ahli.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Ada beberapa para ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian bisnis, berikut ini akan dijelaskan dengan jelas.

1. Prof. Owen

Bisnis merupakan suatu perusahaan yang ada kaitannya dengan produksi serta distribusi barang guna dilakukan dijual kembali ke pasaratau memberikan harga dalam setiap barang maupun jasa.

2. Urwick dan Hunt

Bisnis yaitu setiap perusahan yang memproduksi serta yang mendistribusikan dan juga menyediakan barang maupun jasa yang diperlukan masyarakat serta atas dasar kesediaannya untuk membeli atau membayar.

3. Mc. Naughton

Bisnis yaitu suatu pertukaran barang, jasa maupun dalam bentuk uang dengan tujuan memperoleh keuntungan.

4. Prof. L. R. Dicksee

Bisnis yaitu salah satu bentuk kegiatan yang tujuannya guna memperoleh keuntungan bagi yang berkepentingan maupun mengusahakan kegiatan tersebut.

5. William Spregal

Beliau berpendapat bahwa bisnis yaitu salah satu kegiatan yang berhubungan dengan produksi serta distribusi barang maupun jasa yang dapat diklasifikasikan dalam kegiatan-kegiatan bisnis.

6. Hooper

Disini beliau berpandapat bahwa bisnis yaitu keseluruhan yang kompleks terhadap bidang-bidang industri serta penjualan, pada industri dasar, prosesnya, industri manufaktur dan juga pada jaringan, insuransi, perbankan, pada bisang distribusi, transportasi dan lain sebagainya yang selanjutnya masuk secara menyeluruh dalam dunia bisnis. Yang bertujuan agar mendapatkan keuntungan bagi yang mengusahakannya.

7. Merriam Webster

Bisnis yaitu segala aktifitas pembuatan serta jual beli barang jasayang selanjutnya ditukar dengan uang, kegiatan maupun kerja merupakan suatu pekerjaan serta jumlah kegiatan itu dapat terselesaikan oleh sebuah perusahaan, pabrik maupun toko.

8. Brown dan Petrello

Disine mereka berpendapat bahwa bisnis yaitu suatu lembaga yang menghasilkan barang maupun jasa yang diperlukan masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka jumlah dari produksinya di tingkatkan supaya dapat memenuhi segala kebutuhan masyarakat sambil mendapatkan laba.

9. Steinford

Steinford berpandapat bahwa Bisnis artinya suatu aktifitas dalam penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh konsumen.

10. Musselman dan Jackson

Disini mereka berdua berpendapat bahwa bisnis merupakan jumlah keseluruhan daru aktifitas yang terorganisir pada bidang perniagaan dan industri penyediaan barang maupun jasa suappya dapat terpenuhi kebutuhan masyarakat dan bisa memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat.

11. Plowman

Plowma berpendapat bahwa Bisnis yaitu serangkaian kegiatan yang ada hubungannya dengan pembelian maupun penjualan barang serta jasa yang dilakukan secara berulang-ulang

12. Haney

Disini ia menyatakan bahwa bisnis diartikan sebagai aktivitas manusia yang ada hubungannya dengan produksi maupun mendapatkan kekayaan melalui pembelian dan penjualan barang.

13. Businessdictionary

Beliau berpendapay bahwa bisnis yaitu suatu organisasi atau sistem ekonomi yang mana barang dan jasa dipertukarkan dengan bentuk uang. Bisnis membutuhkan investasi yang besar serta pelanggan guna menjual output dalam jumlah tertentu guna memperoleh (menghailkan) keuntungan. Tak hanya untuk keuntungan pribadi tetapi bisnis bisa dimiliki secara pribadi

14. Huat, T Chwee (1990)

Disini Huat, T Chwee menjelaskan bahwa bisnis dalam arti luas yaitu dalah satu istilah umum yang menggambarkan mengenai semua aktifitas serta institusi yang memproduksi barang maupun jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis merupakan sebagai suatu sistem yang memproduksi barang mauppun jasa guna memuaskan kebutuhan untuk masyarakat (bussinessis then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society.

15. Steinford ( 1979)

Steinford menyatakan Business is an institution which produces goods and services demanded by people.” Artinya yatiu, bisnis merupakam suatu lembaga yang mana dapau menghasilkan barang dan jasa yangdeperlukan oleh masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat tersebut meningkat, maka lembaga bisnis juag akan meningkat perkembangannya dalam memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

16. Griffin dan Ebert (1996)

Mereka berdua menjelaskan “Business is all those activities involved in providing the goods and services needed or desired by people”. Dalam pengertian ini bisnis diartikan sebagai aktifitas yang menyediakan barang adan jasa yang mana hal ini dibutuhkan atau diinginkan oleh para konsumen. Hal ini bisa dilakukan oleh suatu organisasi perusahaan yang mempunyai badan hukum, serta perusahaan yang mempunyai badan usaha, atau oleh perorangan yang tidak mempunyai badan hukum atau badan usaha seperti pedagang kaki lima, seperti pada warung yang tidak mempunyai Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Surat Izin Tempat Usaha (SIUP) dan juga usaha informal lainnya.

17. Hughes dan Kapoor

Mereka berppendapat bahwa Business is an organization that provides goods or services in order toearn provit. Sejalan dengan engertian diatas, aktifitas bisnis melalui suatu penyediaan barang maupun jasa yang mempunyai tujuan agar dapat menghasilkan profit (laba). Suatu perusahaan dikatakan menghasilkan laba ketika total penerimaan dalam suatu periode (Total Revenues) lebih besar dari total biaya (Total Costs) pada periode yang sama. Laba adalah suatu daya tarik utama guna melakukan kegiatan bisnis, sehingga hal ini perlu melalui laba pelaku bisnisyang bisa mengembangkan skala usahanya guna meningkatkan laba yang lebih besar.

18. Allan Afuah (2004)

Disini beliau berpendapat bahwa Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a provit, the goods and services that satisfy societies needs. The general term business refer to all such efforts within a society or within an industry. Artinya yaitu, bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi agar dappat menghasilkan serta menjual barang maupun jasa agar bias memperoleh keuntungan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta yang ada dalam industri. Orang yang mengusahakan uang serta waktunya dengan menanggung resiko pada saat menjalankan kegiatan bisnis disebut juga dengan Entrepreneur.

19. Glos, Steade dan Lowry (1996)

Disini mereka bertia berppendapat bahwa bisnis merupakan sekumpulan aktifitas yang dilakukan agar dapat menciptakan dengan cara mengembangkan serta untuk mentransformasikan berbagai sember daya menjadi barang maupun jasa yang diinginkan konsumen.

10 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli Secara Lengkap

20. Mahmud Machfoed

Disini beliu menjelaskan behwa bisnis merupakan suatu usaha perdagangan yang dilakukan secara sekelompok orang yang terorganisasi agar bisa mendapat laba dengan memproduksi serta menjual barang maupun jasa agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen

Dalam dunia perekonomian, bisnis mempunyai karakteristik diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Lembaga atau institusi mauun organisasi sosial dan ekonomi
  2. Berhubungan dengan berbagai barang serta jasa dalam memenuhi kebutuhan manusia.
  3. Mencari laba, profit atau keuntungan.
  4. Menetukan harga yang sesuai
  5. Akan ada kemungkinan mengalami kerugian

Terdapat tiga hal penting yang ada pada bisnis diantaranya yaitu : menghasilkan barang maupun jasa, mencari profit, serta untuk memaksimalkan kebutuhan konsumen.

Demikian penjelasan singkat tentang 20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga membantu menambah wawasan pembaca dan bermanfaat bagi yang membaca. Terimakasih.

Daftar Isi