Arti Yaumul Milad : Penjelasan dan Balasan Ucapannya

Arti Yaumul Milad : Penjelasan dan Balasan Ucapannya – Apakah maksud ucapan atau kata dari Yaumul Milad ? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Arti Yaumul Milad : Penjelasan dan Balasan Ucapannya


Kita tentunya telah mengenal adanya wazan, fi’il, isim, dan harf dalam tatanan ilmu bahasa Arab, yang dikenal dengan sebutan ilmu nahwu sharaf. Lalu bagaimana kedudukan maupun fungsi kata yaum dan milad dalam arti yaumul milad?.

Kata “Yaumul” berasal dari Yaum (يوم) dengan arti menurut bahasa adalah “hari”. Secara bahasa “yaum” adalah ketetapan waktu yang penentuannya menggunakan sebuah tenggat tertentu, misal mulai dari terbit matahari hingga terbenam.


Penjelasan Arti Yumul Milad

Dalam ilmu nahwu sharaf, kata yaum merupakan bentuk isim (kata benda) yang dalam bentuk jamak menjadi “ayyam”, artinya “hari-hari”. Biasanya dalam satu kalimat isim harus bergandengan dengan kata (wazan) fa’lun (فعل), dalam bahasa Indonesia dikenal istilah subjek (S) dan predikat (P).

Dimana kata ‘yaum” dalam ilmu nahwu sharaf, masih tergolong dalam salah satu kategori “Ajwaf”, yaitu sebuah kata tersusun dari tiga huruf, dimana huruf tengahnya merupakan bagian dari huruf-huruf mad tabi’i.

Kata Milad (ملاد) yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “kelahiran” berkedudukan sebagai isim masdar. Yaitu sebuah kata dasar dalam bahasa Arab yang masuk dalam kategori sebagai mistal.

Istilah “Yaumul Milad” ini berdasarkan tatanan bahasa Arab merupakan bentuk salah satu idhofah (tempat bersandar). Jika dalam ilmu grammar (bahasa Inggris) kita mengenal istilah possessive noun, sama dengan idhofah.

Kata Milad yang digunakan sebagai tempat bersandar oleh oleh kata “Yaum” beralih fungsi menjadi kata keterangan. Artinya kata Milad menjelaskan kata yang menjadi sandaran nya, yaitu kata yaum. Artinya jika berdiri sendiri kata yaum tentu tidak memiliki makna, melainkan hanya sebagai isim biasa.

Maka dengan menggunakan tambahan kata “Milad” akan memberi keterangan atau penjelasan terhadap kata yaum. Jadi dalam hal ini dapat kita simpulkan, bahwa kata “Yaumul Milad” memiliki arti hari kelahiran. Dimana jika diungkapkan jadi beralih makna sebagai ucapan “ Selamat ulang tahun”.

Istilah Yaumul berasal dari kata Yaum (يوم), yang berarti “hari.” Maka istilah “yaum” dalam suatu bahasa adalah periode waktu di mana penggunaan tanda dari matahari terbit hingga terbenam biasanya ditentukan.

Kemudian untuk jamak dari kata “yaum” itu adalah kata “ayam”, yang berarti “hari”.Selain kata “yaum”, itu adalah isim atau disebut (kata benda), yang biasanya setara dengan kata (wazan) fa’lun (فعل).

Di mana kata “yaum” ditemukan dalam sains fiktif, kata itu tetap milik salah satu kategori “Ajwaf”, yaitu, untuk semua kata yang komposisinya terdiri dari tiga huruf, yang huruf tengahnya merupakan bagian dari huruf Madapitan.

Baca Juga:  Pengertian Ijtihad: Hukum, Fungsi, Syarat, dan Jenisnya

Kemudian untuk kata Milad (ملاد), yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti “kelahiran”.

Dalam bahasa Arab, kata “Milad” adalah “Isim Masdar” atau kata dasar yang masih mengacu pada mistisisme.

Kemudian istilah “yumul milad” didasarkan pada pengetahuan nahu, yang merupakan salah satu habitat dan istirahat, tetapi ketika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris (tata bahasa), idof adalah kata benda.

Jika kata “milad” didasarkan pada kata “yaum”, itu akan membentuk kata keterangan, yang merupakan kata yang menjelaskan kata di mana kata itu diletakkan, karena jika hanya kata “yaum”, maka pastinya itu bukan sesuatu sederhana untuk pengertian, tetapi jika Anda memberi ekstra dengan kata Milad, kata ini akan menjelaskan pernyataan bahwa itu adalah hari ulang tahun.

Dengan demikian, dalam hal ini, kita dapat menyimpulkan bahwa kata “yaumul milad” adalah kata yang biasanya diucapkan ketika ada seseorang di antara Anda yang memiliki hari ulang tahun, tentu saja, bagi mereka yang beragama Islam, karena kata “yaumul milad” memiliki arti “ulang tahun. “,

Yaumul milad kini telah menjadi kata yang disukai semua kalangan, dan kata ini sangat populer dan bahkan diperluas menjadi percakapan sehari-hari, terutama ketika ada orang yang merayakan petualangan tahun ini.

Istilah Yaumul milad (Arab يَوْمُ الْميلا د) adalah merupakan kalimat / kata yang ditulis dalam bahasa Arab yang berarti “selamat ulang tahun.”

Di mana kata yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) dipergunakan hanya pada saat yang sangat bahagia, ketika ia bertambah tua, dan juga pada hari ketika seseorang dilahirkan ke dunia dengan sehat dan selamat.

Terlepas dari kenyataan bahwa teks tersebut ditulis dalam bahasa Arab, istilah yaumul milad tetap sangat populer dan bahkan banyak digunakan di Indonesia.

Jadi, jika mendengar atau melihat artikel yang membaca kata yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد), maka arti kata ini adalah pepatah “selamat ulang tahun.” atau selamat hari lahir

Dengan demikian, pada dasarnya istilah Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) adalah kata yang biasanya sering digunakan di beberapa momen, yang merupakan perayaan kelahiran seseorang yang lahir dengan selamat dan sehat.

Dimana kalimat / kata memiliki fungsi yang sama dengan kata-kata dalam bahasa Inggris, selamat ulang tahun atau selamat ulang tahun.

Biasanya kata yaumul milad sering dikombinasikan dengan kalimat / kata barakallah fii umrik, sehingga menjadi ungkapan “yaumul milak barakallah fii umrik”, yang berarti “Selamat Ulang Tahun, Allah memberkati umurmu.”

Yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) merupakan kosakata bahasa Arab adapun arti yaumul milad ini adalah “selamat hari kelahiran” atau bisa juga di artikan “selamat ulang tahun”.

Mengapa demikian? karena istilah yaumul milad (Arabic: يَوْمُ الْميلاد ) ini akan digunakan saat atau momen di mana seseorang berulang tahun atau dengan kata lain pada saat hari seseorang dilahirkan ke dunia. Meski pun kalimat ini berasal dari Arab, namun yaumul milad ini sangat populer di Indonesia.

Baca Juga:  Do'a Pembuka Acara : Arab, Latin dan Terjemahan

Kalimat tersebut juga sering di tambahkan dengan kalimat Barakallah Fii Umrik (Arab; بارك الله في عمرك ), yakni menjadi “yaumul milad, barakallah fii umrik”. Lalu apa arti dari ucapan tersebut?

Yaumul milad, barakallah fii umrik (Arab; يَوْمُ الْميلاد, بارك الله في عمرك) artinya adalah “selamat hari kelahiran, semoga Allah senantiasa memberi berkah atas usiamu”

Arti Yaumul Milad : Penjelasan dan Balasan Ucapannya

Balasan Ucapan Yaumul Milad Barakallah Fii Umrik

Lalu apa jawaban atau balasan ucapan tersebut? Jika kalian mendapati ucapan seperti diatas maka kalimat bisa menjawabnya dengan mengucapkan “Wa Fiika Barakallah” (kepada laki-laki) atau Wa fiiki barakallah” (kepada wanita) yang artinya “semoga Allah juga memberkahimu”.

Kalian tentunya pernah mendengar kalimat tersebut di ucapkan seseorang atau mungkin di ucapkan kepada anda. Ya, kalimat tersebut digunakan sebagai pengganti ucapan” Happy birthday“.

Jadi, ketika kalian membaca atau mendengar ucapan yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد), maka kata tersebut bisa diartikan sebagai ucapan “selamat ulang tahun” namun untuk arti yang lebih tepatnya yaitu “selamat hari kelahiran”. Simak penjelasan berikut ini.

Adapun jamak dari kata “Yaum” ini yaitu adalah “Ayyam” yang artinya “hari-hari”. Kata “Yaum” ini juga merupakan kata benda atau dalam bahasa Arab dikenal dengan Isim, mengikuti pola kata fa’lun (فعل).

Dalam ilmu shafy, kata “Yaum” termasuk kategori “Ajwaf”, yaitu kata yang terdiri dari 3 huruf, dan pada huruf tengahnya merupakan salah satu huruf dari huruf mad tobi’ie.

Sedangkan Milad (ملاد) jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah “kelahiran”. Kata milad dalam bahasa Arab termasuk dalam isim masdar atau kata dasar yang termasuk dalam kategori mistal.

Dalam ilmu Nahwu, Yumul Milad merupakan bentuk idhofah (penyandaran), sedangkan menurut istilah bahasa Inggris (grammar) idhofah yaitu possessive noun.

Milad yang disandarkan oleh kata “Yaum” maka menjadi kata keterangan yaitu menjelaskan kata yang menjadi sandaran nya, maksudnya apabila hanya mengucapkan kata yaum saja maka menjadi hal yang tidak dapahami maksudnya.

Dengan menggunakan tambahan kata “Milad”, maka akan memberi keterangan atau penjelasan bahwa itu yang di maksud adalah “hari kelahiran”.

Maka dengan demikian, untuk arti yaumul milad yang tepat adalah “selamat hari kelahiran” meski pun sering kali di artikan “selamat ulang tahun”. Namun, dari segi maknanya tetap sama.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Arti Yaumul Milad , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.