Perbedaan Etika dan Moral : Pengertian dan Jenisnya

Perbedaan Etika dan Moral : Pengertian dan Jenisnya – Apakah kata etika dan moral itu berbeda ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi pengertian dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Perbedaan Etika dan Moral : Pengertian dan Jenisnya


Secara etimologi, kata etika dan moral pada awalnya memiliki arti yang sama atau dengan kata lain sinonim. Perbedaan yang ada pada kata etika dan moral ini awalnya hanya berbeda asal katanya, yang satu berasal dari bahasa latin dan yang satunya lagi berasal dari bahasa yunani.

Bila ditarik sejarah kata moral berasal dari kata moralis, mos, moresatau yang maknanya adat dan kebiasaan. Mores sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani artinya ethikos,yang kita tahu bahwa ethikos merupakan asal kata yang lebih dahulu ada dari moralis.


Pengertian Etika

Etika adalah sebuah norma atau peraturan yang dijadikan sebagai pedoman dalam berperilaku dilingkungan masyrakat yang berhubungan dengan baik dan buruknya sifat seseorang.

Secara etimologis, asal mula kata Etika ini dari bahasa Yunani Kuno yakni “Ethikos” yang berarti muncul dari suatu kebiasaan. Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan Etika mempunyai sudut pandang yang Normatif yang mana objeknya adalah manusia dan kelakuannya.


Karakteristik Etika

Terdapat beberapa ciri-ciri yang digunakan untuk membedakan Etika dengan jenis norma yang lainnya, yaitu antara lain :

  • Etika akan tetap berjalan walaupun tidak ada orang lain yang melihatnya.
  • Norma yang satu ini bersifat absolut ataupun mutlak.
  • Didalam etika terdapat sudut pandang yang dilihat dengan batin manusia.
  • Didalam etika sangat berhubungan tindakan atau perilaku dari manusia.
Baca Juga:  Storyboard adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Langkah Membuat & Manfaatnya

Jenis-Jenis Etika

Setelah menyimak penjelasan yang ada diatas Etika dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :

  • Etika Filosofis

Secara umum, Etika Filosofi yaitu salah satu etika yang berasal dari aktivitas dan cara berpikir yang dilakukan oleh manusia. Pada etika jenis ini terbagi lagi menjadi dua bentuk, yaitu :

Empiris, yaitu sebuah cabang ilmu filsafat yang membahas tentang sesuatu yang ada.
Non-Empiris, yaitu cabang ilmu filsafat yang berusaha melalui sesuatu yang sudah ada seperti menanyakan hal yang ada dibalik semua gejala permasalahan yang sudah ada.

  • Etika Teologis

Pada umumnya, Etika Teologis dapat kita temukan pada setiap agama. Misalnya pada agama Kristen, Etika Teologis merupakan salah satu jenis etika yang berasal presuposisi-presuposisi mengenai Allah atau Yang Ilahi.


Pengertian Moral

Moral Adalah pengetahuan atau wawasan yang menyangkut budi pekerti manusia yang beradab. Moral juga berarti ajaran yang baik, buruknya perbuatan dan kelakuan. Moralisasi yaitu uraian pandangan dan ajaran tentang perbuatan serta kelakukan yang baik. Demoralisasi yaitu kerusakan moral.

Istilah moral berasal dari bahasa latin mores yang berarti adat kebiasaan atau cara hidup. (Gunarsa, 1986) Moral pada dasarnya merupakan rangkaian nilai tentang berbagai macam perilaku yang harus dipatuhi. (Shaffer, 1979) Moral merupakan kaidah norma dan pranata yang mengatur prilaku individu dalam hubunganya dengan masyarakat.


Macam Macam Moral

Moral akan dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut :

  • Moral Ketuhanan, yaitu salah satu Moral yang berhubungan dengan hal keagamaan berdasarkan dengan ajaran tertentu.
  • Moral Kesusilaan, yaitu salah satu Moral yang berhubungan dengan kesusilaan yang dipatuhi oleh masyarakat setempat.
  • Ideologi, adalah salah satu Moral yang berhubungan dengan semangat kebangsaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga negara.
  • Moral Disiplin dan Hukum, adalah semua hal yang berkaitan dengan kode etika dan juga aturan hukum yang berlaku.
Baca Juga:  Aliran Kubisme : Pengertian, Sejarah, Ciri, Jenis, Tokoh dan Contoh Karyanya

Perbedaan Etika dan Moral : Pengertian dan Jenisnya


Perbedaan Tentang Moral Dan Etika

Secara lebih jelas perbedaannya adalah sebagai berikut:

  • Moral adalah kewajiban mutlak yang harus dimiliki oleh manusia sedangkan etika tidak mutlak tapi lebih baik jika dimiliki
  • Etika kurang pas jika dikatakan untuk seseorang yang melakukan perbuatan baik karena etika adalah sebuah studi, sedangkan moral lebih tepat, karena moral lebih mengarah ke sifat manusia tersebut.
  • Moral sifatnya normatif-imperatif sedangkan etika bersifat normatif-sistematis (filosofis)
  • Kebanyakan masyarakat kelas menengah kebawah memiliki moral tapi jarang memperhatikan etika. Etika biasanya hanya dipikirkan oleh pemerintah khususnya DPR, oleh karena itu mereka membuat peraturan.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Perbedaan Etika dan Moral : Pengertian dan Jenisnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.