√ 20 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

20 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang pengertian disiplin yang didasarkan menurut para ahli. Pada kenyataannya masih banyak orang yang belum memahami apa itu disiplin, akan kita ulan lengkap disini.

20 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Disiplin merupakan sebuah rasa taat dan patuh kepada nilai yang dipercaya yang menjadi tanggung jawabnya. Disiplin yaitu patuh terhadap aturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian.

Kata disiplin berasal dari bahasa latin yaitu Discere yang berarti belajar. Berdasarkan kata tersetbu, muncullah kata Disciplina yang mempunyai arti pengajaran atau pelatihan. Dalam bahasa Inggris disiplin yaitu Disciple yang memiliki arti pengikut atau murid. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan pengertian disiplin menurut para ahli dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari disiplin menurut ahlinya.

1. Sanjaya (2005: 9)

Pengertian Disiplin bejalar menurut Sanjaya adalah hal yang sangatlah diperlukan bagi setiap siswa, dengan adanya disiplin belajar, tujuan pendidikan akan lebih mudah tercapai.

2. Zainal (2009: 2)

Pengertian disiplin menurut Zainal adalah satu aspek kehidupan yang mesti wujud dalam masyarakat. Oleh itu ia hendaklah mendapat perhatian berat dari semua pihak sama ada di sekolah atau di luar sekolah.

3. Rachman

Pengertian disiplin menurut Rachman adalah upaya mendendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaaatan terhadap peraturan dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hatinya.

4. Hasibuan (2002)

Pengertian disiplin menurut Hasibuan adalah suatu sikap menghormati dan menghargai suatu peraturan yang berlaku, baik secara tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak menolak untuk menerima sanksi-sanksi apabila dia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

5. Fathoni (2006)

Pengertian kedisiplinan menurut Fathoni bila mana pegawai selalu datang dan pulang pada tepat waktu yang ditentukan oleh kepala manejer, pimpinan dari masing-masing instansi.

6. Depdiknas (2001)

Pengertian disiplin menurut Depdiknas adalah suatu sikap konsisten dalam melakukan sesuatu. Menurut pandangan ini disiplin sebagai suatu konsistem dalam melakukan sesuatu. Menurut pandangan ini disiplin sebagai sikap yang taat terhadap sesuatu aturan yang menjadi kesepakatan atau telah menjadi ketentuan.

7. Atmosudirjo Dalam Atmodiwirjo (2000)

Pengertian disiplin menurut Atmosudirjo adalah bentuk ketaatan dan pengendalian diri erat hubungannya rasionalisme, sadar, tidak emosional. Disiplin sebagai suatu bentuk kepatuhan terhadap aturan melalui pengendalian diri yang dilakukan melalui pertimbangan yang rasional.

8. Flippo Dalam Atmodiwirjo (2000)

Pengertian disiplin menurut Flippo adalah setiap usaha mengkoordinasikan perilaku seseorang ada masa yang akan datang dengan menggunakan hukum dan ganjaran.

9. Siswanto (2001)

Pengertian disiplin menurut Siswanto adalah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh, dan taat terhadap peraturan-peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

10. James Drever (Sisi Psikologis)

Pengertian disiplin menurut James Drever adalah kemampuan mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah diatur dari luar atau norma yang sudah ada. Dengan kata lain, disiplin dari segi psikologis adalah perilaku seseorang yang muncul dan mampu menyesuaikan diri dengan aturan yang telah ditetapkan.

11. John Macquarrie (segi etika)

Pengertian disiplin menurut John Macquarrie adalah suatu kemauan dan perbuatan seseorang dalam mematuhi seluruh peraturan yang telah terangkai dengan tujuan tertentu.

12. Pratt Fairshilf (Sisi Sosiologi)

Pengertian disiplin menurut Pratt Fairshilt adalah disiplin terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan juga disiplin sosial. Keduanya saling berhubungan satu sama lain, sehingga seseorang yang memiliki sikap disiplin adalah orang-orang yang dapat mengarahkan perilaku dan perbuatannya berdasarkan patokan atau batasan tingkah laku tertentu yang diterima dalam kelompok atau lingkup sosial masing-masing.

13. Wikipedia

Pengertian disiplin menurut Wikipedia adalah perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.

14. Merriam

Pengertian disiplin menurut Merriam adalah ketertiban pola perilaku serta pengendalian diri terhadap aturan atau sistem aturan yang berlaku.

15. Blaine

Pengertian disiplin menurut Blaine adalah kontrol diri atas kemauan dan keinginan dasar yang lebih. Disiplin pada dasarnya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan hidup seseorang akan menjadi lebih teratur dan sistematis sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku di lingkungan masyarkat.

16. Prat

Pengertian disiplin menurut Prat adalah kemampuan individu untuk mengarahkan perilakunya sendiri sesuai dengan kebutuhan diri sendiri dan dengan standar etika.

17. Hougton

Pengertian disiplin menurut Hougton adalah pola perilaku yang diharapkan akan menghasilkan karakter tertentu, khususnya menghasilkan peningkatan moral dan mental yang lebih teratur. Disiplin adalah kontrol diperoleh dengan menegakkan kepatuhan atau perintah. Disiplin militer adalah sebuah metode yang sistematis untuk memperoleh ketaatan.

20 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

18. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian disiplin menurut KBBI adalah tata tertib (disekolah, kemiliteran, dan sebagainya); ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya);bidang studi yang memiliki objek, sistem dan metode tertentu.

19. Rivai (2010: 825)

Pengertian disiplin kerja menurut Rivai adalah suatu alat yang digunakan para manajer untuk melakukan komunikasi dengan tenaga kerja agar mereka bersedia untuk mengubah suatu perilaku serta sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesediaan seseorang mentaati semua peraturan.

20. Mangkunegara (2013: 129)

Pengertian disiplin menurut Mangkunegara adalah kegiatan manajemen untuk memperteguh pedoman-pedoman organisasional.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai 20 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi