Nilai Pendidikan Karakter Bangsa

Nilai Pendidikan Karakter Bangsa – Hakikat dari pendidikan karakter dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pendidikan nilai, yakni pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri, dalam rangka membina kepribadian generasi muda.

Nilai Pendidikan Karakter Bangsa

Berdasarkan kajian nilai-nilai agama, norma-norma sosial, peraturan atau hukum, etika akademik, dan prinsip-prinsip HAM, telah teridentifikasi butir-butir nilai yang dikelompokkan menjadi lima nilai utama yaitu: nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan. Berikut ini lebih jelasnya mengenai nilai-nilai pendidikan karakter.

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Berikut adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan banyak hal, simak penjelasannya dibawah ini:

Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa

Segala pikiran, perkataan dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan atau sesuai dengan ajaran agamanya (religius).

Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri

Adapun nilai karakter yang berhubungan dengan diri sendiri diantaranya:

Jujur
Merupakan perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam setiap perkataan atau ucapan, tindakan dan pekerjaan, baik terhadap dirinya sendiri maupun pihak lain.

Bertanggung jawab
Yakni sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap dirinya sendiri, masayarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

Bergaya hidup sehat
Segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Kerja keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan guna menyelesaikan tugas (belajar atau pekerjaan) dengan sebaik-baiknya.

Disiplin
Merupakan tindakan yang menunjukkan perilaku patuh, taat dan tertib pada berbagai aturan dan ketentuan.

Mandiri
Yaitu sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugasnya.

Cinta ilmu
Yakni semua cara berpikir, bersikap dan berbuat menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap pengetahuan.

Berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
Berpikir dan melakukan sesuatu secara logika untuk menghasilkan cara atau hasil baru dan termutakhir dari apa yan telah dimiliki.

Rasa ingin tahu yang tinggi
Sikap dan tindakan yang selalu menunjukkan rasa keingin tahuan yang lebih terhadap segala sesuatu yang dipelajari, dilihat dan didengar secara lebih mendalam dan meluas.

Percaya diri
Sikap yakin terhadap kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya setiap keinginan dan harapannya.

Berjiwa wirausaha
Sikap dan perilaku yang mandiri dan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya.

Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama

Adapun nilai karakter yang ada hubungannya dengan sesama antara lain:

  1. Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
    Sikap tahu dan mengerti serta melaksanakan apa yang menjadi milik atau hak diri sendiri dan orang lain serta tugas dan kewajiban diri sendiri serta orang lain.
  2. Patuh pada aturan-aturan sosial
    Sikap menurut dan taat terhadap aturan-aturan yang berkenaan dengan masyarakat dan kepentingan umum.
  3. Menghargai karya dan prestasi orang lain
    Sikap yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat dan mengakui serta menghargai keberhasilan orang lain.
  4. Santun
    Sifat yang halus dan baik dari sudut pandang tata bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang.
  5. Demokratis
    Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bangsa Terlengkap

Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan yaitu peduli sosial dan lingkungan

Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki segala kerusakan alam yang telah terjadi dan selalu ingin memberikan bantuan kepada orang lain dan masyarakat yang lebih membutuhkan.

Nilai kebangsaan

Cara berpikir, bertindak dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

1. Nasionalis
Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, sosial, budaya, ekonomi, politik dan lingkungan fisik.

2. Menghargai keberagaman
Sikap menghargai terhadap berbagai macam hal, baik yang berbentuk fisik, adat, sifat, suku, budaya maupun agama.

Itulah beberapa nilai pendidikan karakter yang harus dimiliki dan disisipkan dalam proses pendidikan. Semoga tulisan tentang Nilai Pendidikan Karakter Bangsa ini dapat memberikan manfaat dan sekian terimakasih.

Daftar Isi