Enkulturasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Media, Dampak, Proses dan Contohnya

Enkulturasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Media, Dampak, Proses dan Contohnya – Apakah itu arti dari enkulturasi ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Enkulturasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Media, Dampak, Proses dan Contohnya


Enkulturasi merupakan sebuah proses sosial yang dilakukan oleh individu / seseorang dalam mempelajari dan menyesuaikan pikiran dan sikapnya terhadap adat istiadat, norma, tata sosial, dan peraturan yang hidup di dalam kebudayaan nya.

Proses enkulturasi (Bahasa Inggris ; enculturation), pada hakikatnya sudah dimulai sejak seseorang masih kecil yang mana proses ini terjadi di dalam lingkungan keluarga, tetangga, saudara, teman, atau bahkan terjadi di dalam lingkungan sekolah.

Proses terjadinya enkulturasi ini bisa dimulai dari kegiatan belajar meniru berbagai tindakan, yang kemudian tindakan yang di hasilkan dari belajar tersebut dijadikan atau di wujudkan dalam sikap atau perilaku atau dengan kata lain di masukan dalam kepribadiannya.

Melalui proses yang dilakukan secara berulang, maka tindakan seseorang akan menjadi suatu pola yang tetap, mantap dan menjadi norma yang mengatur tindakannya seseorang tersebut.

Secara etimologis, enkulturasi berasal berasal dari kata bahasa inggris yaitu institutionalization yang berarti pembudayaan.Pengertian enkulturasi adalah pengkajian tentang nilai juga norma kebudayaan yang terjadi pada seseorang di masa hidupnya.

Enkulturasi atau pembudidayaan diartikan sebagai mekanisme pembelajaran dan penyesuaian antara pikiran dan sikap seseorang pada norma, adat istiadat dan juga kebijakan yang ada dalam kebudayaan sekitarnya.

Definisi enkulturasi yakni proses sosial individu dalam mengkaji dan melakukan penyesuaian ide dan sikap pada tradisi, norma, tatanan sosial dan juga hukum yang tumbuh dalam kebudayaannya.

Enkulturasi iyalah proses yang dilakukan secara ajeg oleh seseorang yang kemudian menjadi suatu kebiasaan dan juga kultur dalam kehidupannya.Lebih singkatnya, pengertian alkulturasi ialah proses seseorang dalam memahami hasil kebudayaannya yang berlangsung secara berkesinambungan.

Hasil proses enkulturasi ialah jati diri pribadi individu dalam kelompok masyarakat dimana individu akan dibuat mempunyai rasa tanggung jawab oleh masyarakat. Seringkali, proses enkulturasi ini membuat sejumlah orang diasingkan tujuannya untuk membuat mereka memiliki rasa tanggung jawab.

Ada 2 aspek utama dalam proses enkulturasi diantaranya pendidikan formal melalui instansi pendidikan dan pendidikan informal melalui pendidikan keluarga maupun teman.

Suatu enkulturasi terjadi saat individu bersosialisasi dengan masyarakat mulai dari ia kanak-kanak sampai ia tua. Dengan adanya proses enkulturasi maka individu belajar menghargai dan respect terhadap lambang bangsa dengan menyanyikan lagu kebangsaan di sekolah dan berbagai hal positif lainnya serta membuat indivitu menyadari hak dan kewajiban dari diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga:  Karmina : Pengertian, Ciri, Struktur dan Contohnya

Pengertian Enkulturasi Menurut Para Ahli


  • Redfield, Linton dan Herskovits (1936)

Akulturasi yaitu memahami fenomena yang terjadi ketika kelompok individu yang memiliki budaya berbeda melakukan kontak langsung secara terus menerus, dengan perubahan selanjutnya dalam pola budaya asli dari salah satu atau kedua kelompok.

  • Havilland (1988)

Arti enculturation merupakan penerapan pendidikan oleh seseorang yang bermula dari tradisi masyarakat yang berkaitan dengan perlindungan atau papan dan pangan. Penerapan pendidikan ini pada anak akan membuat anak saat dewasa nanti memiliki personality yang baik

  • Koentjaraningrat

Pengertian enkulturasi adalah sistem pembelajaran dann penyesuaian nalar dan sikap pada peraturan, norma dan adat istiadat yang ada dalam kultur individu.

  • Peter Poole (2002)

Enkulturasi mengacu pada proses belajar suatu budaya yang terdiri dari pengetahuan yang didistribusikan secara sosial dan dibagikan yang diwujudkan dalam persepsi, pemahaman, perasaan, niat, dan orientasi yang menginformasikan dan membentuk imajinasi dan pragmatik kehidupan sosial.

  • M.J.Herskovits

Definisi enkulturasi ialah sebuah proses dimana seseorang dengan sadar ataupun tak sadar, mengekplorasi semua kultur masyarakat.

  • E. Adamson Hoebel

Enkulturasi iyalah situasi dimana individu dengan sadar maupun tanpa sadar dapat mengakulturasikan budaya dan memasukkan nilai budaya tersebut dalam kehidupan masyarakat.


Fungsi Enkulturasi

Adapun manfaat enkulturasi diantaranya yaitu:

  • Sosialiasasi Nilai

Yakni fungsi untuk memberikan pengetahuan dan perkenalan terhadap nilai kultur yang ada.

  • Identitas Sosial

Ini akan tergambar dengan perilaku dalam berbahasa baik verbal maupun nonverbal. Dari perilaku berbahasa tergambar identitas diri dan identitas sosial sehingga bisa diketahui asal usul suatu suku bangsa, agama dan juga jenjang pendidikan individu.


Media Enkulturasi

Ada 3 media yang digunakan dalam enkulturasi, diantaranya:

  • Keluarga
  • Masyarakat
  • Pendidikan formal di sekolah.

Proses Enkulturasi

Dalam proses enkulturasi, seseorang mengkaji dan menyelaraskan sikap dan akal dengan hukum adat, norma juga kebijakan yang tumbuh di dalam kebudayaan.

Dalam kehidupannya, seseorang seringkali mencontoh dan membudidayakan beragam aktivitas setelah emosi juga nilai kultur yang memberikan dorongan pada kegiatan mencontoh dan ditanamkan dalam kepribadian miliknya.

Pada kehidupan awal, individu menghabiskan masa kecilnya dengan keluarga dan merefleksi nilai juga perilaku dari keluarganya. Anak kecil belajar norma yang ada di masyarakat dari keluarga dan juga teman sepermainannya, ia akan mengikuti segala aktivitas yang ada di masyarakat. Terkadang orang tua memberikan dorongan pada anak mereka untuk bertindak sama seperti kemauan masyakarat dengan memuji dan memberikan hukuman jika perilakunya menyimpang.

Terkadang seseorang mempelajari norma yang berlaku dalam masyarakat hanya penggalan-penggalan saja karena mendengar dari orang berbeda di lingkungan tang berbeda pula. Sebenarnya, tidak hanya diajarkan di lingkungan keluarga dan masyarakat, norma juga diajarkan disekolah formal.


Dampak Kegagalan Enkulturasi

Apabila terjadi kegagalan dalam proses enkulturasi maka seorang individu akan tampak canggung dan kaku dalam bergaul dalam masyarakat, ia akan lebih menghindari norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat sehingga hidupnya penuh konflik.

Baca Juga:  √ Pengertian Dokumentasi, Fungsi, Kegiatan, Manfaat & Pengkodean

Contoh Enkulturasi

Berikut ini beberapa contoh bentuk enkulturasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat juga dalam kebudayaan dan pendidikan diantaranya yaitu:

  • Contoh Enkulturasi Dalam Masyarakat

Beberapa contoh yang bisa dikutip atau diambil dalam enkulturasi, contoh-contoh tersebut misalnya seperti yang dilakukan oleh seorang anak dalam menyesuaikan diri dengan waktu seperti melakukan sarapan setiap paginya.

Dengan adanya proses berupa pengajaran yang sudah diajarkan sebelumnya, yang menjelaskan tentang manfaat dari sarapan yang harus di diperoleh oleh seseorang.

Karena adanya aktivitas berupa sarapan yang dilakukan oleh seseorang dalam memberikan pandangan dan juga penjelasan, maka kebiasaan seperti itu tadi akan tertanam di dalam diri seseorang, kebiasaan inilah yang disebut dengan enkulturasi.

  • Contoh Enkulturasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh enkulturasi ini juga bisa terjadi di dalam kehidupan sehari-hari, misalnya seperti adanya keteraturan yang dilakukan seseorang seperti tidur di siang hari.

Keteraturan itu tadi secara perlahan akan menjadi kebiasaan yang akan terus di lakukan oleh seseorang, bahkan setelah seseorang tersebut sudah berkeluarga, dan tidak menutup kemungkinan kebiasaan itu tadi akan dilakukan juga oleh keluarga barunya tersebut.

Enkulturasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Media, Dampak, Proses dan Contohnya

  • Contoh Enkulturasi Dalam Kebudayaan

Tak hanya terjadi di dalam kehidupan sehari-hari, contoh enkulturasi juga bisa terjadi di dalam kebudayaan, misalnya seperti prilaku yang dilakukan oleh Suku Baduy Dalam yang “menutup diri” dari perkembangan dan pengaruh globalisasi.

Mereka banyak beranggapan bahwa pengaruh dunia luar bisa memberikan dampak yang tidak baik, bahkan tidak akan ada dampak baiknya yang bisa di dapatkan.

Anggapan tersebut terus menerus di tanamkan dari generasi ke genrerasi berikutnya, maka tak heran jika kebudayaan tidak menerima perkembangan zaman, inilah yang menjadi pengaruh besar dalam terbentuknya enkulturasi, masyarakat Baduy Dalam.

  • Contoh Enkulturasi Dalam Pendidikan

Contoh enkulturasi dalam pendidikan misalnya seperti seseorang sejak kecil mendapat pendidikan dalam mengenal ideologi pancasila, sebagai ideologi negara Indonesia yang di bisa diganggu gugat.

Pengenalan ini kemudian dilakukan terus menerus, hingga akhirnya seseorang bisa mengenai ideologi bangsa Indonesia.

Dari penjelasan mengenai enkulturasi beserta contohnya di atas, maka bisa kita pahami bahwa enkulturasi ini merupakan proses seorang yang dilakukan dengan terus menerus, dan perilakunya tersebut membentuk kebiasaan dan juga kebudayaan yang melekat dalam kehidupannya di lingkungan keluarga, pergaulan, masyarakat, dan sebagainya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Enkulturasi , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.