√ Pengertian Karakter, Unsur, Jenis dan Proses Pembentukannya

Pengertian Karakter, Unsur, Jenis dan Proses Pembentukannya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang karakter. Yang meliputi pengertian karakter, unsur-unsur karakter, jenis-jenis karakter dan proses pembentukan karakter yang dibahas dengan lengkap dan ringan.

Pengertian Karakter, Unsur, Jenis dan Proses Pembentukannya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Karakter

Karakter atau disebut juga dengan watak secara umu merupakan sifat batin yang berpengaruh terhadap pikiran, perilaku, budi pekerti dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya.

Pengertian Karakter Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari karakter menurut ahlinya.

1. Coon

Pengertian karakter menurut Coon adalah suatu penilaian subjektif terhadap kepribadian seseorang yang berkaitan dengan atribut kepribadian yang dapat atau tidak dapat diterima oleh masyarkat.

2. Mansur Muslich (2010:70)

Pengertian karakter menurut Mansur Muslich adalah cara berfikir dan berperilaku seseorang yang menjadi ciri khas dari tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam keluarga, masyarakat dan negara

3. Simon Philips

Pengertian karakter menurut Simon Philips adalah kumpulan tat nilai menuju pada suatu sistem, yang melandasi pemikiran, sikap dan perilaku yang ditampilkan.

4. Poerwadarminta

Pengertian karakter menurut Poerwadarminta karakter artinya tabiat, watak sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lain.

5. Alwisol

Pengertian karakter menurut Alwisol adalah penggambaran tingkah laku yang dilaksanakan dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk) secara implisit ataupun eksplisit. Karakter tidak sama dengan kepribadian yang sama sekali tidak berhubungan dengan nilai-nilai

6. Wyne

Pengertian karakter menurut Wyne menandai bagaimana cara ataupun teknis yang memfokuskan penerapan nilai kebaikan ke dalam tindakan ataupun tingkah laku.

7. Maxwell

Pengertian karakter menurut Maxwell jauh lebih baik dari sekedar perkataan. Lebih dari itu, karakter adalah sebuah pilihan yang menentukan tingkat kesuksesan.

8. Doni Kusuma

Pengertian karakter menurut Doni Kusuma adalah cir, gaya, sifat ataupun karakteristik diri seseorang yang berasal dari bentukan atau pun tempaan yang didapatkan dari lingkungan sekitarnya.

9. Kamisa (1997:281)

Pengertian karakter menurut Kamisa adalah sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Berkarakter berarti memiliki watak, memiliki kepribadian

10. Gulo W (1982:29)

Pengertian karakter menurut Gulo. W adalah kepribadian ditinjau dari titik etis atau moral, misalnya kejujuran seseorang, biasanya mempunyai kaitan dengan sifat yang relatif tetap.

11. W.B. Saunders (1977:126)

Pengertian karakter menurut W.B. Saunders adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu, sejumlah atribut yang dapat diamati pada individu.

12. Wikipedia

Pengertian karakter menurut Wikipedia adalah sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya.

13. Ryan dan Bohlin (1999)

Pengertian karakter menurut Ryan dan Bohlin adalah suatu pola perilaku seseorang.

14. Pusat Bahasa Depdiknas (2008)

Pengertian karakter menurut Pusat Bahasa Depdiknas adalah bawaan, hati, jiwa, kepribadian, budi pekerti, perilaku, personalitas, sifat, tabiat, temperamen, watak.

15. Imam Al-Ghajali

Pengertian karakter atau akhlak menurut Imam Al-Ghajali adalah sifat yang tertanam menghujam di dalam jiwa dan sifat itu seseorang akan secara spontan dapat dengan mudah memancarkan sikap, tindakan, serta perbuatan.

16. Drs. Hanna Djumhana Bastaman, M.Psi

Pengertian karakter menurut Drs. Hanna Djumhana Bastaman, M.Psi adalah aktualisasi diri dalam dan internalisasi nilai-nilai moral dari luar menjadi bagian kepribadiannya.

17. Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab

Pengertian karakter menurut Prof.Dr.H.M. Quraish Shihab adalah himpunan pengalaman tentang pendidikan sejarah yang dapat mendorong suatu kemampuan didalam diri, sehingga bisa menjadi alat ukur atau sisi seorang manusia dalam mewujudkannya, baik dalam pemikiran, sikap, dan perilaku termasuk karakter atau akhlak mulia dan budi pekerti.

18. Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional)

Pengertian karakter menurut Kemendikbud adalah suatu bentuk cara berpikir dan juga berperilaku seseorang yang kemudian menjadi ciri khasnya.

19. Soemarno Soedarsono

Pengertian karakter menurut Soemarno Soedarsono adalah suatu nilai yang terpatri dalam diri kita melalui pendidikan, pengalaman, percobaan, pengorbanan dan pengaruh lingkungan, di padukan dengan nilai-nilai dalam diri manusia menjadi semacam nilai intrinsik yang wujud dalam sistem daya juan melandasi pemikiran, sikap dan perilaku.

20. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian karakter menurut KBBI adalah tabiat; sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain; watak.

Unsur-Unsur Karakter

Berdasarkan sisi psikologis dan sosiologis manusia mempunyai beberapa unsur berhubungan dengan terbentuknya karakter. Unsur tersebut menunjukkan bagaimana karakter seseorang. Unsur-unsur tersebut antara lain:

Sikap

Sikap seseorang adalah bagian dari karakter, bahkan sikap dianggap sebagai cerminan karakter orang tersebut. Sikap seseorang tentang sesuatu yang ada dihadapannya, seringkali menunjukkan bagaimana karakter orang tersebut. Maka, semakin baik sikap seseorang maka dapat dikatakan orang tersebut mempunyai karakter yang baik. Dan sebaliknya, semakin tidak baik sikap seseorang maka dikatan orang itu mempunyai karakter yang tidak baik.

Emosi

Emosi merupakan gejala dinamis dalam situasi yang dirasakan manusia yang dibarengi dengan efek pada kesadaran, perilaku, dan ini adalah proses fisiologis. Emosi ini sama dengan perasaan yang kuat.

Kepercayaan

Kepercayaan yaitu komponen kognitif manusia dari faktor sosio psikologis. Kepercayaan tentang sesuatu itu benar atau salah atas dasar bukti, sugesti otoritas, pengalaman dan intuisi begitu penting dalam membangun watak dan karakter manusia. Sehingga kepercayaan menjadikan lebih kukuh eksistensi diri dan hubungan dengan orang lain.

Kebiasaan dan Kemauan

Kebiasaan yaitu aspek perilaku manusia yang tetap, berlangsung dengan otomatis pada waktu yang lama, dilakukan secara spontan dan diulangi berulang kali. Sedangkan kemauan yaitu kondisi yang menggambarkan karakter seseorang karena kemauan berhubungan erat dengan tindakan yang menggambarkan perilaku orang tersebut.

Konsepsi Diri (Self-Conception)

Konsepsi diri yaitu proses totalitas, secara sadar ataupun tidak sadar terhadap bagaimana karakter dan diri seseorang terbentuk. Maka, konsepsi diri adalah bagaimana kita harus membangun diri, apa yang kita inginkan dan bagaimana kita menempatkan diri dalam kehidupan.

Jenis-Jenis Karakter

Jenis-jenis karakter seseorang yang sering ditemui disekitar kita adalah sebagai berikut:

  • Pendiam
  • Penakut
  • Pendendam
  • Rajin
  • Tamak
  • Jujur
  • Bijaksana
  • Ceria
  • Pengkhianat
  • Penyayang
  • Pembenci
  • Pemalas
  • Pemaaf
  • Pemarah

Pengertian Karakter, Unsur, Jenis, Proses Pembentukan

Proses Pembentukan Karakter

Karakter seseorang pada dasarnya terbentuk lewat proses pembelajaran yang panjang. Karakter manusia bukan bawaan ketika lahir, karena karakter dibentuk oleh faktor lingkungan dan juga orang yang ada sekitar lingkungan tersebut.

Karakter dibentuk melalui berbagai proses pembelajaran yang diperoleh dari berbagai tempat seperti rumah, sekolah, dan juga lingkungan tempat tinggal. Pihak yang memiliki peran dalam membentuk karakter seseorang adalah keluarga, guru dan teman

Karakter seringkali berhubungan erat dengan tingkah laku seseorang. Apabila seseorang mempunyai perilaku yang baik maka kemungkinan besar orang itu mempunyai karakter yang baik juga. Tetapi, apabila seseorang mempunyai perilaku yang buruk maka kemungkinan besar karakter yang dimiliki orang tersebut juga buruk.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Karakter, Unsur, Jenis dan Proses Pembentukannya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.

Daftar Isi