Fotografi Perhiasan: Cara Memotret Perhiasan yang Benar

seputarpengetahuan.co.id –┬áDalam hal e-commerce, foto sering kali dapat menentukan kesuksesan toko Anda. Fotografi perhiasan tidak terkecuali.

Jika Anda pernah mencoba fotografi perhiasan sebelumnya, atau mengagumi cara merek lain melakukannya, Anda mungkin menyadari betapa menantangnya hal itu. Banyak orang mengatakan bahwa memotret perhiasan lebih sulit daripada barang lain seperti pakaian dan furnitur.

Benar bahwa fotografi perhiasan bisa rumit. Namun dengan alat dan tip yang tepat, Anda akan menyadari bahwa bukan tidak mungkin mengambil foto yang indah tanpa mempekerjakan seorang profesional. Artikel ini akan memberi Anda intip tentang cara memotret perhiasan seperti seorang profesional.

Peralatan Fotografi Perhiasan

Anda tidak perlu membeli peralatan mewah untuk mengambil foto perhiasan yang bagus. Hanya dengan beberapa hal penting, Anda dapat membuat kit foto sendiri dan mengambil gambar produk yang cantik. Mari kita lihat masing-masing barang yang diperlukan untuk pemotretan fotografi perhiasan.

Kamera

Berlawanan dengan kepercayaan populer, Anda tidak memerlukan lensa kamera kelas atas untuk membuat gambar perhiasan yang bagus. Bahkan penjual perhiasan baru pun bisa memotret dengan Android atau iPhone. Secara pribadi, saya merekomendasikan menggunakan kamera genggam, seperti kamera digital, smartphone, atau kamera digital.

Tripod

Saya tidak akan mengecewakan Anda, tetapi Anda akan sering mengguncang kamera selama pemotretan (ini terjadi pada semua orang). Cara untuk menghindari goyangan kamera adalah dengan menggunakan tripod. Tripod memegang kamera dengan stabil sehingga apertur optimal dan pengaturan ISO dapat digunakan. Anda bisa mendapatkan produk dasar di Amazon dengan harga di bawah $30.

Meja

Sekali lagi, Anda tidak perlu mendapatkan sesuatu yang mewah. Meja lipat standar dengan lebar antara 24 dan 27 inci sudah cukup.

Papan Busa

Saat memotret produk, selalu ada bayangan yang menyulitkan untuk mendapatkan gambar yang bagus. Untuk menciptakan pencahayaan yang lembut, papan busa putih dapat ditempatkan untuk memantulkan kembali cahaya ke dalam bayangan.

Pita atau Penjepit

Saat memotret di atas meja, Anda memerlukan klem atau selotip untuk menahan papan busa pada tempatnya.

Cara Memotret Perhiasan

Dengan alat yang sudah siap, saatnya membuat foto Anda ajaib. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diingat saat mengambil foto perhiasan Anda:

Penataan Meja

Di mana Anda ingin menyiapkan “studio” Anda? Jika Anda memiliki jendela dengan cahaya alami yang baik, letakkan meja dengan sudut 90 derajat ke kiri atau ke kanan.

Di belakangnya harus ada latar belakang kertas putih yang menciptakan permukaan halus di belakang sapuan atau permata. Anda dapat menggunakan selotip untuk menempelkan sapuan ke dinding, batu bata, atau balok kayu untuk menopangnya. Kamera dan tripod harus berada di depan menghadap permata dan sapuan.

Pengaturan Pencahayaan

Jika ruangan Anda cukup terang dan cerah dengan cahaya alami, Anda mungkin tidak perlu repot dengan pencahayaan buatan. Jika tidak, disarankan untuk menempatkan sumber cahaya pada sudut 45 derajat dari produk.

Tempatkan softbox atau tenda lampu pada posisi yang sama di belakang lampu agar cahaya merata ke seluruh permata. Jika Anda melihat bayangan di balik perhiasan saat mengambil gambar, pindahkan perhiasan lebih dekat ke kamera (lebih jauh dari sapuan).

Gaya Perhiasan

Jika Anda baru mengenal fotografi untuk produk perhiasan, latar belakang putih boleh saja. Tetapi ketahuilah bahwa Anda memiliki kebebasan penuh untuk bereksperimen (bagaimanapun, Anda memotret untuk toko perhiasan Anda sendiri).

Untuk membuat gambar yang menarik, Anda dapat menempatkan ornamen pada alat peraga seperti:

  • Dudukan atau tempat cincin
  • Latar belakang tekstur sederhana
  • Latar belakang lempengan marmer
  • Foto bersama dengan aksesoris lainnya

Styling tergantung pada bagaimana Anda ingin menyajikan barang Anda. Ada banyak cara, tetapi sebaiknya mulai dari yang sederhana lalu buat dan uji gaya yang berbeda dari waktu ke waktu.

Mempersiapkan Perhiasan Anda

Bersihkan dan poles perhiasan Anda sebelum memotret. Ini diperlukan karena pengaturan pencahayaan yang tepat dan tingkat detail yang ditangkap dengan kamera DSLR. Bersihkan perhiasan Anda setiap kali Anda memegangnya. Dan setelah dipoles, letakkan di tengah bagian sapuan yang rata.

Anda juga dapat menyisakan ruang untuk reflektor putih untuk menyelinap masuk nanti. (Catatan: Mengenakan sarung tangan katun adalah cara yang bagus untuk menghemat waktu dan pemotretan ulang.)

Pengaturan Kamera

Tergantung pada pengaturan kamera Anda, hasil akhir foto akan sangat bervariasi. Alih-alih berfokus hanya pada satu bagian, Anda harus memiliki setidaknya satu foto dengan fokus penuh pada keseluruhan bagian.

Jika Anda menggunakan kamera yang dapat diatur secara manual, pastikan aperture diatur ke f/10 atau lebih tinggi, dan ISO diatur serendah mungkin, misalnya ISO 100.

Apertur tinggi dan ISO rendah akan membantu Anda melihat dengan tepat apa yang Anda dapatkan, dengan foto yang tajam dan detail (yang juga penting untuk mendapatkan kredibilitas!).

Perhatikan white balance. Apakah perhiasan Anda muncul dalam warna yang Anda inginkan? Jika tidak, sesuaikan pengaturan secara manual hingga terlihat benar.

Ambil Foto

Sudah waktunya untuk pergi! Saat mengatur untuk mengambil gambar, perhatikan posisi kamera Anda. Jaga agar tetap miring, mengarah ke bawah ke arah permata. Saat memosisikan lampu, pastikan posisinya sedikit lebih tinggi dari produk dan miring ke arah produk.

Pastikan semua sumber cahaya disetel ke tingkat daya yang sama dan bingkai terisi penuh dengan cahaya. Jika tidak, titik terang yang tidak merata dapat terjadi.

Perbaiki dan Selesaikan

Retouching adalah langkah penting untuk memberikan pesona khusus pada gambar akhir Anda. Jika Anda baru dalam mengedit foto, pertimbangkan untuk mempekerjakan seorang profesional. Anda dapat menggunakan situs web seperti Fiverr atau Upwork untuk segera menemukan seseorang.

Jika Anda berencana untuk belajar sendiri, ada banyak sumber daya gratis untuk membantu. Ini bisa menjadi sangat rumit, jadi Anda harus mengabdikan diri untuk mempelajari trik-trik trading. (Atau, tentu saja, Anda bisa mengedit dasar-dasarnya dan melanjutkan.)

Daftar Isi