Pengertian Sublimasi dan Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Sublimasi dan Contoh Sublimasi (Pembahasan Lengkap) – Di dalam zat kimia terjadi banyak proses yang ada di dalamnya. Proses yang terjadi ada yang mengubah benda padat menjadi cair, mengubah benda cair menjadi gas, mengubah gas menjadi padat, dan seterusnya.

Perubahan dalam proses zat kimia tersebut memerlukan suatu metode yang tepat agar dapat di gunakan dan mendapat hasil yang di inginkan. Pada zat kimia tersebut kita harus hati-hati dalam menggunakannya karena ada beberapa zat yang membahayakan bagi kita.

Pengertian Sublimasi dan Contoh Sublimasi (Pembahasan Lengkap)

Di dalam melakukan perubahan di dalam kimia terdapat suatu metode yang di namakan sublimasi. Untuk dapat mengenal lebih jauh mari simak penjelasan sebagai berikut.

Pengertian Sublimasi

Sublimasi adalah suatu istilah yang ada didalam kimia yang berhubungan dengan zat yang berubah. Kata ini juga di gunakan untuk menyebutkan metode yang di gunakan untuk memisahkan campuran kimia. Perubahan zat dalam tersebut adalah dengan mengubah zat padat ke gas atau sebaliknya.

Bila partikel yang ada pada zat padat di berikan suhu pada tingkatan tertentu akan membuat partikel tersebut menyumblin dan selanjutnya menjadi gas. Dan ketika di balikkan suhu tersebut akan membuat wujudnya menjadi padat kembali.

Proses dalam pemisahan campuran yaitu dengan cara memanaskan zat padat tersebut yang telah terlarut di dalamnya sehingga zat padat itu menjadi gas. Gas yang telah di hasilkan kemudian di tampung lalu di dinginkan kembali. Untuk dapat memisahkan campuran dengan cara ini di perlukan syarat ketika partikel yang bercampur di haruskan memiliki suatu titik perbedaan didih yang besar. Sehingga akan menghasilkan uap dengan tingkat kemurnian yang di miliki tinggi.

Contoh Sublimasi

Contoh yaitu pada proses pembuatan kapur barus. Pada campuran kapur barus dan juga arang akan di panaskan sehingga kapur tersebut dapat menyumblin dan selanjutnya menguap. Setelah menguap maka akan di lakukan proses pendinginan yang akan membut zat gas tersebut menjadi padat kembali.

Pengertian Sublimasi Beserta Contoh Sublimasi Lengkap

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Sublimasi Beserta Contohnya LengkapΒ yang di jelaskan seputarpengetahuan. Dengan melakukan proses penyumblinan dapat memisahkan antara campuran benda padat dengan mengubahnya menjadi gas dan di kembalikan lagi menjadi padat dengan proses pendinginan. Semoga bermanfaat πŸ™‚

Baca juga:

Daftar Isi