Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya

Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya – Bagaimana susunan teks pidato lingkungan yang baik dan benar ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya


Pidato merupakan kegiatan yang akan di lakukan dalam rangka orasi dengan tujuan akan menyatakan pendapat dan memberikan gambaran tentang suatu hal karena pidato bisa dilakukan oleh siapa saja yang dibawakan oleh seseorang dalam acara tertentu.

Pidato adalah kegiatan untuk menyampaikan aspirasi, pendapat atau opini terhadap suatu hal di depan khalayak ramai. Bentuk pidato adalah seperti orasi, dan disampaikan dengan tujuan tertentu dan menggambarkan suatu hal yang umumnya merupakan topik hangat.

Pidato menjadi ajang latihan untuk melatih keberanian kita berbicara di depan umum serta melatih kita agar mampu mengeluarkan pendapat secara logis. Mungkin bagi yang belum terbiasa berpidato akan merasa gugup untuk pertama kalinya.

Saat kamu sudah mulai terbiasa, maka kamu akan lebih mudah untuk mengeluarkan berbagai pendapat kamu di muka umum. Bukan hanya masalah keberanian saja, melainkan berpidato juga harus enak di dengar ole audience sehingga mudah untuk dimengerti.


Tujuan Dari Penyampaian Pidato

Dibawah ini terdapat beberapa tujuan dari pembacaan teks Pidato, berikut ini beberapa tujuannya :

Bertujuan untuk mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela.
Digunakan untik memberikan suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain.
Bertujuan untuk membuat orang lain senang dengan menyampaikan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan apa yang kita sampaikan.


Karakteristik Dari Pidato

Secara umum, Pidato memiliki beberapa ciri-ciri yang digunakan untuk membedakannya dengan proses komunikasi lainnya. Berikut ini adalah beberapa ciri dari pidato tersebut :

  • Setiap pidato yang disampaikan pasti memiliki tujuan yang jelas, yaitu untuk menyampaikan gagasan, ide, atau hal lainnya di depan orang banyak.
  • Isi dari pidato yang disampaikan dapat disesuaikan dengan tema tertentu yang sedang atau akan berlangsung.
    Penyampaian dari pidato ini menggunakan bahasa yang lebih mudah untuk dipahami oleh para pendengarnya.
  • Cara penyampaian dari pidato ini dapat disesuaikan dengan audiens atau para pendengarnya.
  • Pidato yang akan kita sampaikan harus jelas, objektif, mengandung kebenaran, dan juga tidak menimbulkan pertentangan.
  • Didalam penyampainnya, Pidato ini menggunakan artikulasi, intonasi, dan juga volume yang jelas.

Contoh Pidato Lingkungan


  • Contoh 1 Pidato Lingkungan


Assalamualaikum Wr.Wb
Yth bpk/Ibu dan tokoh masyarakat

Marilah kita memanjatkan atas puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT sehingga kita dapat berkumpul dalam kegiatan untuk melakukan menjaga kerbersihan lingkugan kita.

Sholawat serta salam marilah kita haturkan kepada suritauladan kita Nabi Muhammad SAW.

Bapak ibu yang saya hormati pada kesempatan yang mulian ini dan di pagi hari yang cerah ini semoga kita semua dalam keadaan sehat sehingga kita dapat berkumpul di pagi hari ini.

Bapak ibu sekalian saya di sini selaku ketu lingkungan akan mengajak kalian semua untuk selalu menjaga kerukunan kita serta dapat menjaga selalu kebersihan lingkungan kita marilah kita bersama-sama harus menjaga lingkungan kita dengan sebaik-baik nya agar bumi kita dapat menghasilkan keuntungan dan bagi kita semua karena dengan terjaga nya lingkungan kita ini.

Bapak ibu demi tercapainya menjaga kebersihan lingkungan, maka kita terlebih dahulu harus mengetahui apa arti dari kebersihan lingkungan sehingga kebersihan lingkungan dapat di artikan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan yang dimana lingkungan tersebut akan layak untuk ditinggali manusia.

Bapak ibu menjaga Kebersihan Lingkungan merupakan cara yang terbaik dengan dapat mencegah berbagai penyakit yang akan mengintai pada musim hujan dan musim kemarau seperti sekarang ini.

Bapak ibu Menjaga kebersihan Lingkungan dapat dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya dan melaksanakan kegiatan dengan adanya gotong royong yang akan kita adakan pada setiap hari minggu secara teratur dalam rangka membersihkan lingkungandan dapat juga membuang penyakit demam berdarah.

Bapak ibu sebagai penutup saya akan mengutip kembali bahwa kebersihan sebagian dari iman karena sesungguhnya orang yang beriman pasti akan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian saya mohon maaf..

Wassalamu’alaikum Wr.Wb….


  • Contoh 2 : Pidato Singkat Tentang Lingkungan Sekolah


Selamat Pagi Bapak/Ibu guru yang kami hormati,
Serta teman-temanku sekalian yang saya cintai

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara pagi hari ini.

Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan di sekitar kita telah menjadi cerminkan budaya sekolah kita. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak nyaman lagi. Apalagi sekolah ini telah menjadi rumah kedua kita yang setiap hari kita singgahi guna menuntut ilmu.

Baca Juga:  Semiotika : Pengertian, Komponen, Cabang dan Macamnya

Lingkungan sekolah seharusnya selalu terjaga dan memiliki suasana yang sejuk sehingga kita pun dapat lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari keluarga di sekolah ini sangat menginginkan supaya kita bisa tetap terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap siswa sudah memiliki jadwal piket masing-masing, sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu datang lebih awal untuk dapat membersihkan kelas terlebih dahulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati.

Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Anda harusnya bisa belajar taat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.
Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.

Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga.kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan.


  • Contoh 3 : Pidato Singkat Tentang Lingkungan Hidup


Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Kepala SMP Negeri Harapan. Yang saya hormati bapak dan ibu guru beserta staff dan yang saya cintai teman-teman sekalian. Sebelum kita memulai kegiatan ini, marilah kita haturkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan serta kesempatan untuk bisa berkumpul di sini hari ini. Shalawat juga salam tidak lupa tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW.

Hadirin sekalian, mungkin selama ini kita merasa bahwa sudah cukup menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar secara maksimal. Tetapi terkadang hal tersebut masih kurang maksimal dilakukan. Pasti terkadang kita masih sering membuang sampah kecil seperti bungkus permen atau minuman secara sembarangan. Apalagi sering kita temui di berbagai acara dengan begitu banyak orang pasti juga akan ada begitu banyak sampah yang ditinggalkan. Pada dasarnya sangat mudah untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan yaitu dimulai dari kedisiplinan diri sendiri. Anda bisa memulai untuk membiasakan diri membuang sampah di tempatnya sekecil apapun sampah itu.

Teman-teman sekalian, untuk memaksimalkan kenyamanan kita dalam mengikuti pelajaran maka kebersihan kelas juga harus menjadi bagian yang diperhatikan dengan baik. Hal kecil yang dapat kita lakukan adalah tidak meninggalkan sampah di loker dan di bawah meja. Dengan kondisi kelas yang bersih dan nyaman tentu akan lebih maksimal dalam kegiatan belajar mengajar mencapai tujuannya. Tidak hanya masalah sampah, kita juga bisa ikut memperhatikan kelangsungan hidup beberapa tanaman yang ada di lingkungan sekolah. Sekedar menyiraminya adalah hal kecil yang sangat berarti untuk kebersihan serta keasrian sekolah. Jika lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan lebih hijau tentu akan ada kesan berbeda yang kita rasakan bersama. Hal ini penting untuk diperhatikan karena kebersihan sekolah tidak hanya menjadi tanggungjawab petugas kebersihan sekolah tetapi adalah bagian dari tanggungjawab kita besama sebagai warga sekolah.

Setidaknya dengan melakukan hal kecil namun benar-benar mendisiplinkan diri secara maksimal maka dampaknya akan sangat besar untuk lingkungan sekolah. Apalagi jika seluruh siswa bisa bekerja sama dan saling mengingatkan dalam menjaga dan lebih mencintai lingkungan sekolahnya. Hal yang terpenting dari semua itu adalah “take action” jangan hanya sekedar menjadi pembicaraan di bibir. Maka lingkungan sekolah kita akan jauh lebih baik dan menyenangkan untuk dijadikan sebagai tempat belajar.

Hadirin sekalian, mari kita bangun lingkungan sekolah yang nyaman dan bersih sehingga pidato lingkungan yang saya sampaikan tidak hanya menjadi sekedar himbauan tetapi dapat direalisasikan bersama seluruh warga sekolah. Demikian yang bisa saya sampaikan, akhir kata.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


  • Contoh 4 Pidato Lingkungan


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Yang terhormat bapak kepala desa dan ibu kepala desa
Yang terhormat bapak ibu pada kampung ini dan yang selaku ketua adat

Pertama-tama kita panjatkan rasa syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa yang dimana telah memberikan kita rahmat serta perlindungan.

Semoga kita semua diberkahin-Nya. Aminnn

Pada sore hari ini saya akan menyampaikan sebuah pidato tentang lingkungan kita di mana yang selama ini banyak sekali keluhan dari masyrakat karena lingkungan kita tidak aman lagi dan banyak nya penyakit yang menyerang yang disebamkan penyakit semakin hari semakin tercemar.

Bapak ibu sandar atau tidak kehidupan kita ini sangat bergantung pada lingkungan karena kita memiliki beberapa aspek tentang apa yang ada pada lingkungan kita seperti kita memiliki sumber air yang baik di lingkungan kita ini, serta pada jalan-jalan raya kita sudah ada penerangan jalan yang telah di pasang beberapa titik di tiang-tiang listrik seihngga pada saat kita akan melakukan bebergian tidak merasa takut lagi.

Baca Juga:  Rumus Jarak Tempuh : Pengertian, Kecepatan Rata Rata, Pengukuran Waktu dan Contoh Soal

Oleh karena itu bapak ibu, baik atau buruk lingkungan kita ini tergantung bagai mana cara kita yang menjaga nya marilah kita tingkatkan lagi dalam menjaga lingkungan ini, karena sangat berpengaruh terhadap baik-buruknya kehidupan kita kedepannya khususnya pada anak-anak kita.

Bapak ibu beberapa tahun kebelakang ini tentunya kita pernah mengalami kekeringan sumber air bersih dan masalah itu sudah teratasi karena dulu banyak pohon yang terdapat di lingkungan kita telah di tebang tapi sekarang sudah kita lakukan penanaman ulang dan pohon-pohon tersebut sudah mulai tumbuh besar.

Bapak ibu beberapa tahun kebelakang ini juga banyak keluhan kita tentang penerangan jalan, tetapi sekarang sudah teratasi tentunya kita pernah mengalaminya sendiri pada saat kita mau keluar rumah akan merasa tidak nyaman sehingga sekarang penerangan jalan sudah kita lakukan dengan baik sehigga penerangan jalan kita sudah enak di lihat.

Bapak ibu marilah untuk kedepannya dan kita lihat dari pengalaman-pengalaman yang pernak kita alami Sadarlah kerusakan lingkungan kita sangat berbahaya untuk kita, Jadi apa yang harus kita lakukan demi menjaga kebersiihan lingkungan kita ini, dengan kondisi yang sangat miris dan kritis di lingkungan kitasaya ingin mengajak untuk melakukan beberapa kegiatan diantaranya

melakuan kegiatan gotong royong
melakukan kegiatan jaga malam
melakuna pertemuan antar warga
melakukan legiatan pengajian
dan lain sebagainya semia itu akan menjadi program saya kedepan nya nanti

Demi terjaganya lingkungan kita yang aman, damai dan tenram dari segala hal.
Demikian pidato yang singkat ini

Terima kasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Pidato Lingkungan : Pengertian, Tujuan, Karakteristik dan Contohnya


  • Contoh 5 Pidato Lingkungan


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kitasemua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga kepada kita sebagai pengikutnya.

Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Menjaga Lingkungan Di Sekolah”.

Teman-teman, ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup.Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya.

Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit dilakukan oleh kita.Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya.

Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang.

Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah.

Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersiahan lingkungan sekolah kita.Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan.

Dan biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.

Jenis sampah dibedakan menjadi 3, yaitu:

1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,

contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.

2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,

contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll

3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain, baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll.

Tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering.Tetapi pada akhirnya pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut akhirnya waktu dibuang itu disatukan kembali jadi sia-sia kita memila sampah basah dan sampah kering kalau pada akhirnya juga disatukan kembali.

Hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampahbasah dan sampah kering untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah. Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya sayaucapkan terimakasih dan saya akhiri.

WalbilaihiTaufikWalhidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Pidato Lingkungan  , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya