Kerjasama Adalah : Pengertian, Bentuk dan Manfaatnya

Kerjasama Adalah : Pengertian, Bentuk dan Manfaatnya – Artikel yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai kerjasama. Tentu sudah tidak asing bagi kita dengan istilah kerjasama, karena biasanya dilakukan kerjasama disaat bekerja.

Kerjasama Adalah : Pengertian, Bentuk dan Manfaatnya

Karena manusia adalah makhluk sosial yang artinya manusia perlu hidup saling berdampingan dengan manusia yang lainnya. Maka dari itu akan selalu terjadi kerjasama antara seseorang dengan orang yang lainnya. Oleh sebab itu langsung mari langsung saja kita mulai pembahasannya berikut.

Pengertian Kerjasama

Definisi dari kerjasama adalah suatu pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih agar dapat mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya telah direncanakan serta disepakati secara bersama. Kerjasama juga dapat diartikan sebagai suatu tindakan-tindakan di dalam pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih agar dapat mencapai tujuan serta demi keuntungan bersama.

Pada umumnya dalam sebuah perusahaan maupun lembaga-lembaga kerjasama tim sudah menjadi suatu kebutuhan agar bisa mewujudkan keberhasilan untuk mencapai tujuan. Kerjasama dalam sebuah tim yang akan menjadi sebuah dorongan dalam sumberi energi ataupun motivasi bagi setiap individu yang juga tergabung di dalam kerjasama tim tersebut.

Apabila suatu kerjasama tim dapat berjalan secara lancar, jadi dalam suatu kelancaran di dalam berkomunikasi maupun rasa bertanggung jawab kepada setiap individu yang terdapat dalam sebuah tim kerja akan dapat terbentuk.

Pengertian Kerja Sama Menurut Para Ahli

1. Pamudji

Pengertian kerjasama menurut Pamudji yaiti suatu pekerjaanyang dilakukan secara berkelompok yang melibatkan suatau interaksi dan saling bekerjasama sehingga teujuannya dapat tercapai.

2. Charles H. Cooley

Pengertian kerjasama menurut Charles H. Cooley yaitu suatu kegiatan yang pada saat seseorang sadar bahwa meraka mempunyai tujuan serta harapan yang sama serta mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup dalam mencapai tujuan tersebut.

3. Thomson dan Perry

Pengertian kerjasama menurut Thomson dan Perry yaitu suatu kegiatan yang memiliki tingkat-tingkat yang berbeda mulai dari koordinasi sampai terbentuknya kolaborasi dalam suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama.

Baca Juga:  Pengertian Sumber Hukum, Macam dan Contohnya

4. Tangkilisan

Pengertian kerjasama menurut Tangkilisan yaitu sumber kemampuan serta kekuatan yang datang dalam suatu organisasi sehingga bisa memberikan pengaruh dalam keputusan serta tindakan kelompok/organisasi.

5. Moh. Jafar Hafsah

Pengertian kerjasama menurut Moh. Jafar Hafsah dalam istilah kemitraan, yaitu suatu strategi dalam bisnis yang dilakukan oleh dua belah pihak maupun lebih dalam jangka waktu tertentu yang bertujauan untuk meraih keuntungan bersama dengan prisip saling membutuhkan dan saling membesarkan.

6. H. Kusnadi

Pengertian kerjasama menurut H. Kusnadu suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dalam melakukan aktivitas bersama yang dilakukan secara terpadu serta diarahkan dalam suatu tujuan tertentu.

7. Zainudin

Pengertian kerjasama menurut Zainudin yaitu dipandang sebagai kepedulian terhadap satu orang atau satu pihak maupun pihak lainnya yang mencerminkan dalam suatu kegiatan yang dapat menguntungkan semua pihak yang mempunyai prinsip saling percaya, menghargai, serta terdapat norma yang mengatur.

Makna kerjasama yaitu kerjasama dalam konteks organisasi, yaitu kerja antar anggota organisasi yang bertujuan untuk mencapai tujuan dari organisas i(seluruh anggota).

8. Bowo dan Andy

Pengertian kerjasama menurut Bowo dan Andy yaitu menjelaskan pada saat pelaksanaan kerjasama yang harus tercapai untuk keuntungan bersama, kerjasama dpat tercapai apabila memperoleh manfaat untuk bersama dalam semua pihak yang terlibat.

Jika terdapat salah satu pihak yang dirugikan dalam proses kerjasama ini, maka kerjasama sudah tidak dapat lagi terpenuhi. Untuk mencapai keuntungan bersama diperlukan komunikasi yang baik terhadap semua pihak, serta mempunyai pemahaman yang sama agar tujuannya dapat tercapai.

9. Rosen

Pengertian kerjasama menurut Rosen yaitu suatau sumber yang dianggap sangat efisien dalam kualitas pelayanan terlebih lagi dalam konteks kerjasama pada bidang ekonomi terlebih lahi jual beli.

Cara untuk Membina Kerjasama

Dalam suatu kerja sama sudah bisa dilakukan apabila cara yang digunakan sudah tepat, untuk itu pembahasan yang selanjutnya adalah membahas mengenai cara membuat kerjasama yang akan di bahas berikut ini.

  1. Menentukan Sebuah Tujuan
  2. Menyiapkan profil
  3. Membuat sebuah pesan yang positif
  4. Menghargai setiap pendapat dan juga kebiasaan rekan kerja
  5. Selalu fokus kepada kualitas
  6. Menawarkan bantuan
  7. Menunjukan antusiasme

Bentuk Kerjasama

Tak hanya cara agar bisa membentuk kerjasama, namun ada juga bentuk-bentuk dari kerjasama. Apa saja bentuk tersebut? Maka dari itu langsung saja kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

  1. Tawar menawar atau Bargaining, merupakan salah satu bentuk kerjasama tentang kesepakatan dalam pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
  2. Koalisi atau Coalition, merupakan suatu gabungan antara dua lembaga organisasi atau juga lebih yang mempunyai tujuan yang sama, mereka bekerjasama untuk mencapai dari tujuan tersebut.
  3. Joint Venture, adalah salah satu kerjasama yang bertujuan untuk mengerjakan proyek-proyek tertentu agar dapat terselesaikan secara cepat dan juga tujuan cepat tercapai.
  4. Cooptation, merupakan suatu proses dalam kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru dalam kepemimpinan sebuah organisasi, hal tersebut dapat dijadikan sebagai cara agar dapat menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi.
  5. Atas dasar kerukunan, merupakan suatu kerjasama yang didasari karena uatau kerukunan antar manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari atas kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
Baca Juga:  23 Pengertian Desa Menurut Para Ahli

Manfaat Kerjasama

Selain dari penjelasan yang sudah diberikan diatas terapat juga sebuah manfaat yang didapatkan dari kegiatan kerjasama, apa manfaat tersebut? Mari kita lanjutkan dalam pembahasan berikut ini.

  1. Dapat mempererat ikatan kerjasama
  2. Menumbuhkan sebuah semangat persatuan
  3. Pekerjaan bisa lebih cepat selesai
  4. Pekerjaan menjadi lebih ringan

Pengertian Kerjasama Dan Manfaat Kerjasama Terlengkap

Contoh Kerjasama

Setelah memahami pengertian dari kerjasama, bentuk dan manfaatnya, berikut ini adalah contoh dari kerjasama diantaranya yaitu.

1. Lingkungan Rumah

Lingkungan rumah adalah salah satu lingkup terkecil dalam melakukan sebuah kerjasama, contohnya yaitu menjaga kebersihan rumah. Dalam suatu keluarga biasanya sudah ditetapkan tugas masing-masing anggota keluarga dalam merawat kebersihan rumah seperti menyapu lantai, mencuci pakaian,dan masih banyak lagi.

2. Lingkungan Sekolah

Contoh kerjasama dalam lingkungan sekolahan yaitu para siswa melakukan giliran piket saling menolong dalam membersihkan ruang kelasnya, hal ini tentu mempermudah siswa dalam membersihkan ruangan kelas.

3. Lingkungan Masyarakat

Contoh kerjasama yang sring dilakukan dlam lingkungan masyarakat yaitu seperti melakukan gotong-royong, para warga saling membaur dan bersatu padu dalam membersihkan lingkungan dilingkungan tempat tinggalnya agar lingkungannya menjadi bersih dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

4. Regional

Selain kerjasama dalam bentuk individu atau kelompok, hubungan kerjasama dilakukan antar negara-negara guna mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam hal ini, maka dibentuklan suatu organisasi dunia yang bbernama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sekian penjelasan yang dapat diberikan mengenai Kerjasama Adalah : Pengertian, Bentuk dan Manfaatnya, kerjasama adalah hal yang biasa dilakukan saat bekerja baik itu di perusahaan ataupun wiraswasta, semoga bermanfaat.