Pengertian Saham dan Obligasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Pengertian Saham dan Obligasi Menurut Para Ahli (Terlengkap) – Kali ini akan kami bahas mengenai saham dan obligasi, apa itu saham dan obligasi? akan kita bahas bersama-sama disini. Saham ialah sebuah tanda penyertaan kepemilikan seseorang atau suatu badan dalam sebuah instansi atau perusahaan terbatas. Saham mempunyai wujud selembar kertas yang menegaskan dan menerangkan pemiliknya.

Pengertian Saham dan Obligasi Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Namun saat ini bursa efek Jakarta sudah melakukan sistem tanpa warkat yang mana bentuk kepemilikannya tidak lagi menggunakan lembaran saham yang dimana tertera nama pemiliknya. Akan tetapi sudah berupa account yang beratas namakan pemilik atau saham tanpa warkat tersebut. Oleh karena itu proses transaksi semakin lebih mudah dan cepat karena tidak lagi melalui surat, prosedur ataupun formulir yang tidak efektif.

Pengertian Saham

Saham merupakan keikutsertaan atau kerjasama investor didalam sebuah perusahaan sebagai penanam pemodal. Biasanya saham memberi return dalam bentuk dividen, yang dibayarkan setahun sekali, dan kenaikan harga saham di pasar (capital gain). Capital gain dan Dividen akan selalu ada bila sebuah perusahaan atau instansi memperoleh untung karena per definisi. Dividen merupakan laba atau untung yang dibagikan.

Adapun capital gain terjadi karena adanya sebuah laba yang tidak dibagikan dan faktor perkembangan perusahaan di masa depan. Suatu perusahaan yang mengalami kerugian tidak akan membagikan dividen dan apabila perusahaan tersebut tidak menjanjikan perkembangan. Maka yang akan diperoleh penanam saham atau investor adalah capital loss atau penurunan harga saham di pasar.

Pengertian Obligasi

Beralih ke obligasi, obligasi ialah hutang jangka panjang yang bersifat tertulis dalam sebuah kontrak surat obligasi yang dilakukan oleh pihak berhutang yang mana wajib membayar hutangnya juga disertai bunga (penerbit obligasi) & pihak yang menerima piutang atau pembayaran  yang dimilikinya berikut bunga (pemegang obligasi) dimana pada umumnya tanpa ada jaminan suatu aktiva.

Definisi Lain dari Obligasi

Adapun definisi dari obligasi itu sendiri ialah surat utang dengan jangka panjang yang diterbitkan oleh perusahaan atau sebuah instansi maupun badan pemerintahan. Saat ini obligasi telah menjadi sebuah sarana investasi bagi masyarakat luas. Dulunya obligasi hanya menjadi sebuah sarana investasi bagi penanam saham atau investor yang mempunyai uang dalam jumlah yang sangat besar. Namun sekarang ini sudah banyak reksadana yang menjadikan obligasi menjadi salah satu jenis investasi dalam komponen portofolio reksadana tersebut.

Menginvest dalam obligasi hampir mirip dengan deposito di bank. Perbedaannya adalah jika anda membeli sebuah obligasi, anda akan mendapat bunga yang tetap secara berkala. Yang biasanya jatuh setiap 3 bulan sekali, 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali sampai jatuh tempo yang telah ditentukan.

Ada hal yang berpengaruh di harga pasar obligasi yaitu perubahan suku bunga deposito. Kenaikan ataupun turunnya suku bunga akan mempengaruhi harga pasar sebuah obligasi. Hubungan antara harga pasar obligasi dengan suku bunga deposito memiliki hubungan yang berbanding terbalik. Jika suku bunga deposito naik, maka harga obligasi otomatis akan turun, begitu sebaliknya, jika suku bunga deposito turun maka otomatis harga obligasi menjadi naik.

Pengertian Saham Dan Obligasi Menurut Para Ahli

Ada hal yang mungkin perlu anda ketahui sebagai investor individu ialah besarnya sebuah kebutuhan modal yang harus dikeluarkan untuk investasi dalam obligasi. Sebuah bligasi biasanya dipatok harga dengan satuan Rp 1 miliar. Adapun masa berlaku investasinya bergantung dari perusahaan atau badan yang menerbitkan obligasi tersebut. Namun pada umumnya adalah 5 tahun. Maka dari itu sarana investasi dalam obligasi merupakan investasi dalam jangka yang panjang. Sebagai orang yang memegang obligasi, anda dapat menjualnya ke pihak lain dengan syarat obligasi tersebut belum sampai pada jatuh tempo yang ditentukan.

Itulah sedikit ulasan mengenai saham dan obligasi pada artikel Pengertian Saham dan Obligasi Menurut Para Ahli (Terlengkap), semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat buat kita semua, terimakasih.

Daftar Isi