√ Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya

Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Otak Kiri. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian otak kiri, fungsi, struktur dan cara kerjanya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya

Otak kiri adalah bagian dari otak besar atau cerebrum yang terletak pada bagian sebelah kiri otak. Otak kiri termasuk salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh dengan memilki peran mengontrol sistem saraf dan struktur sel saraf ke pusat.

Pada otak kiri memiliki peran dan tugas unutk meregulasi sebagai tindakan yang akan dilakukan oleh tubuh dan juga mengatur berbagai fungsi dari beberapa organ tubuh.

Struktur Otak Kiri

Dalam struktur otak kiri mempunyai struktur yang kompleks. Otak kiri memilki jutaan sel sistem sarap yang ada pada manusia dan juga berbagai neuron yang saling bekerja sama dan menjalankan tuganya.

Bentuk dari otak kiri separuh dari bagian otak besar yang saling berhubungan pada setiap saraf dan jaringan dari bagian otak kanan. Tentu Anda sudah mengetahui bahwa jaringan sara saling terhubung dengan bagina penting pada organ tubuh lainnya. Bila seseorang memilki otak kiri yang  sehat, tentu akan memaksimalkan fungsi dalam brfikir serta mendorong kesehatan pada tubuh

Karena neuro yang satu dengan lainnya saling terhubung dan berkaitan erat, sehingga akan tampak seperti rantai yang tidak terputus. Neuron ini membawa informasi keneuron lainnya dan membawa bahan kimia yang disebut dengan neuotransmitter seperti halnya chip pada elektronik. Jutaan bahkan ratusan neuron itu saling terhubung dalam struktur otak kiri yang mana bertugas membawa berbagai macam informasi ke dalam otak.

Baca Juga:  √ Pengertian Sel Hewan, Bagian dan Fungsinya (Bahas Lengkap)

Fungsi Otak Kiri

Dalam otak kiri juga memilki beberapa fungsi dalam kegiatan dan aktifitas manusia, sehingga tanpa adanya otak kiri mungkin manusia tidak dapat hidup serta berkembang dengan baik. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari otak kir, antara lain yaitu:

  • Sebagai Pengontrolan

Otak kiri berfungsi sebagai pengontrolan seluruh kegiatan dan perintah organ tubuh. Apabila pada otak kiri terjadi gangguan atau kerusakan tentu akan berdampak besar sehingga akan menimbulkan syaral mati bahkan menjadi lumpuh pada tubuh bagian kiri.

  • Keterampilan Angka

Pada otak kiri juga berfungsi dalam berbagai materi dan bidang pembelajaran terutama yang berhubungan dengan perhitungan. Dalam bagian otak kiri ini dapat menghitung dan menganalisa dengan matang seperti halnya dalam pembelajaran fisika, kimia, matematika, sains dan lain sebagainya. Bagi orang yang menguasai berbagai bidang tersebut berarti perkembangan otak kirinya menjadi lebih dominan atau lebih berperan dibanding otak kanan.

  • Sebagai Pengambil Tindakan

Otak kiri juga mengatur dan membuat sebuah pertimbangan dalam memberi kekuatan tekad unutk disiplin. Serta berfikur secara teknis dan penuh aturan dengan menyesuaikan rasio yang ada. Dengan otak kiri dapat mempengaruhi alam bawah sadar manusia dan dapat melakukan segala sesuatu dengan berfikir logika dan rasio secara seistematis.

Otak Kiri Pengertian Fungsi Struktur dan Cara Kerjanya

  • Pusat Inteligent Quotient (IQ)

Otak kiri juga berfungsi sebagai pusat IQ yang mana menjadi pusat kecerdasan yang mencangkup pikiran kemampuan menalar, memecahkan masalah, berfikir abstrak, merencanakan dan memahami bahasa. Semua itu berhubungan erat dengan kemampuan kognitif dari masing-masing individu.

  • Obyektifitas

Bagi orang yang sering menggunakan aktifitas otak kiri, pada umumnya memilih alasan atau segala sesuatu dengan mengandalkan rasional dan logikan dalam mengidentifikasi penyebab berbagai masalah. Dengan begitu bagi orang yang menggunakan otak kiri akan berfikir bagaimana cara mengatasinya. Dalam arti orang tersebut detail oriented.

  • Menulis dan Membaca

Fungsi lainnya dari orak kiri yaitu kemapuan dalam membaca dan menulis yang merupakan aktivitas dan kegiatan yang memerlukan pemikiran serta konsentrasi unutk menyusun. Serta memahami berbagai kata yang nanti akan terekam ke dalam ingatan. Kemudian hal tersebut menjadi bahan unutk berfikir selanjutnya dengan secara rasional dan logis sesuai dengan ilmu serta pandangan yang diperoleh sebelumnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Ekosistem dan Komponen Penyusunnya (Bahas Lengkap)

Adapun membaca dan menulis ini adalah hal yang ditanamkan semasa kecil dimana nantinya akan mengalami perkembangan sesuai dengan kemampuan dari masing-masing individu. Kemampuan ini juga dipengaruhi berdasarkan kinerja otak kiri.

Cara Kerja Otak Kiri

Bila Anda berfikir, bagaimana dan seperti apa cara kerja otak kiri sehingga dapat menghasilkan kecerdasan yang baik dan berbeda pada tiap orangnya. Cara kerja dari otak kiri yaitu dengan menggunakan daya ingat yang memiliki sifat jangka pendek. Sehingga dapat berpengaruh pada berbagai fungsi seperti berbahasa, berbicara, sains dan menghitung.

Dengan jutaan sel dalam otak kiri dapat memproses berbagai informasi yang memiliki sifa lineal, rasional dan logis. Otak kiri juga memproses sesuatu berdasarkan realitas yang menghasilkan gambaran abstrak secara simbolis. Sehingga mampu melakukan tugas tersebut secara teratur dengan fakta serta detail.

Demikian penjelasan tentang Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerjanya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.