√ Pengertian Kloroplas, Fungsi, Stuktur dan Cara Kerjanya

Pengertian Kloroplas, Fungsi, Stuktur dan Cara Kerjanya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Kloroplas. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kloroplas, bagian, fungsi, stuktur dan cara kerjanya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah memahaminya simak artikel tentang pengertian kloroplas berikut ini.

Pengertian Kloroplas, Fungsi, Stuktur dan Cara Kerjanya

Pada sistem tumbuhan terdapat beberapa struktur pembentuk didalamnya salah satunya yaitu kloroplas. Kloroplas adalah sebuah organ pada sel yang terdapat di dalam tumbuhan. Bagian tersebut berfungsi sebagai berlangsungnya fotosintesis pada tumbuhan.

Definisi kloroplas adalah organel yang mempunyai membran ganda. Hampir setiap jenis tumbuhan memiliknya, namun tidak umum dalam semua sel. Bila ada, maka pada tiap sel bisa memiliki 1 bahkan lebih plastid.

Umumnya kloroplas pada tumbuhan tinggi seperti tumbuhan berbunga dan tumbuhan berpaku seperti cakram yang memiliki diameter sekitar 2×5 mm serta terkadang lebih besar. Kloroplas tersebut tersusun atas lapisan tunggal dalam sitoplasma dan terkadang memiliki bentuk dan posisinya berubah, hal ini disebabkan adanya intensitas cahaya.

Pada kloplas dewasa secara khusus memiliki membran stroma dimana terjadi reaksi gelap pada saat fotisintesis. Didalam stroma terdapat sejumlah grana yang setiap bagiannya terdiri dalam setumpuk tilakoid berupa gelembung yang mempunyai membran, cakram dan pipih. Dalam membran tilakoid menyimpan pigmen fotosintesis dan sistem transpor elektron yang terdapat dalam fasa fotosintesis yang sangat bergantung pada cahaya matahari.

Fungsi Kloroplas

fungsi dari kloroplas yaitu tempat untuk proses fotosintesis yang mana membutuhkan energi cahaya matahari yang diserap klorofil agar dapat diubah menjadi energi kimia. Kemudian disimpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lain yang penting dan dibutuhkan tumbuhan.

Adapun reaksi yang terjadi pada fotosintesis yaitu reaksi pembentukan ATP yang melibatkan 2 transpor yaitu transpor elktron dan transpor hidrogen dalam senyawa seperti NADH dan Sitokrom.

Pengertian Kloroplas Fungsi Stuktur dan Cara Kerjanya

Struktur Kloroplas

Berikut ini adalah bagian dari struktur kloroplas, antara lain yaitu:

  • Membran Terluar

Membran terluar dalam struktur kloroplas yaitu membran yang sangar permeabel. Membran ini merupakan tipe membran sel yang dapat dilalui oleh semua zat baik berupa zat cair atau zat padat tanpa terkecuali.

  • Ruang antar membran

Ruang antar membran adalah bagian dari kloroplas yang menjadi penghalang atau pembatas antara membran liar atau dalam. Ruang antar membran terletak diantara membran luar dan dalam yang memisahkan menjadi 2 bagian yang berbeda.

  • Membran Dalam

Membran dalam yaitu bagian kloroplas yang memiliki fungsi sebagai pembatas antara stroma dan sitosol.

  • Stroma

Stroma adalah bagian membran dalam yang membungkus cairan kloroplas. Pada bagian stroma merupakan tempat terjadinya reaksi gelap. Stroma juga yaitu bahan dasar (matriks) kloroplas tempat terjadinya gelap fotosintesis yang menyimpan hasil fotosistesis berupa pati (amilum).

  • Tilakoid

Tilakoid adalah bagian membran dalam yang memiliki fungsi sebagai tempat reaksi terang dan berperan dalam menangkap cahaya matahari sebagai proses fotosistesis.

  • Granum

Granum adalah bagian yang berupa kumpulan tilakoid yang bertumpuk seperti uang logam. Granum memiliki sistem membran yang mempunyai fungsi sebagai tempat terjadinya reaksi fotosintesis terang.

  • DNA Plastida

DNA Plastida merupakan bagian kloroplas yang menjadi gen pembawa sifat pada plastida. Hal ini berfungsi sebagai replika kloroplas dan pembelahan sel kloroplas. Pada bagian ini terdapat DNA yang memiliki bentuk sirkular dan tidak mempunyai histon, dimana dalam satu kloroplas terdapat 20-100 DNA sirkular.

  • Ribosom

Ribosom adalah bagian dari membran dalam kloroplas yang memiliki fungsi sebagai sintesis protein.

  • Plastoglobula

Plastoglubola merupakan senyawa kimiawi yang terkandung dalam kloroplas yang tersusun dari lipid yang berbentuk globul.

  • Pati

Amilum atau pati merupakan produk yang dihasilkan dari fotosintesis tumbuhan.

Cara Kerja Kloroplas

Kloroplas adalah situs fotosintesis dimana bagian reaksi fotosintesis terjadi pada membran internal dalam organel. Pada kloroplas terkandung banyak membran internal, membuat fotosintesisi menjadi sangat efisien.

Membran internal yang menumpuk di atas satu sama lain. Fotosintesis merupakan suatu proses biokimia yang dilakukan makhluk hidup berklorofil untuk dapat memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya. Fotosintesis ini adalah salah satu cara asimilasi karbon karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 diikat (difiksasi) menjadi gula ialah sebagai molekul penyimpan energi. Dibawah ini merupaakan reaksi kimia singkat dari proses fotosintesis

12H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2 + 6H2O

Demikian penjelasan tentang Pengertian Kloroplas, Fungsi, Stuktur dan Cara Kerjanya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi