√ Pengertian Pulverisation, Sanitary Landfill dan Incineration

Pengertian Pulverisation, Sanitary Landfill dan Incineration – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pulverisation. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian pulverisation, sanitary landfill, incineration dan mode reduction serta penjelasanya dengan singkat. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Pulverisation, Sanitary Landfill dan Incineration

Limbah sampah sudah menjadi salah satu hal yang sangat di perhatikan di seluruh bagian negara dunia. Dengan adanya penanganan limbah atau juga sampah yang baik maka tentu hal tersebut akan membuat kenyamanan di lingkungan hidup tersebut.

Pengertian Pulverisation

Pulverisation adalah salah satu metode yang dilakukan untuk membuang sampah itu ke laut lepas secara langsung. Adapun sampah yang di buang sebelumnya sudah di hancurkan menjadi kecil-kecil dengan alat yang sudah modern. Dengan demikian sampah itu akan menjadi lebih mudah untuk di minimalisir keberadaannya.

Penanganan Limbah atau juga disebut dengan “Pulverisation” yang baik bisa akan menghasilkan banyak hal seperti tempat kerja menjadi bersih, lingkungan yang baik, udara yang segar dan dapat mencegah berkembangnya banyak penyakit.

Untuk dapat menangani limbah memang sangat sulit tetapi apabila kita mau melakukannya secara bersama-sama sudah tentu hal tersebut semua akan dapat akan lebih mudah,

Penanganan Limbah Padat

Ada 2 (dua) tindakan dalam hal pulverisation yaitu Penganan Limbah Organik dan Anorganik Padat, berikut ini penjelasannya :

Baca Juga:  √ Diagnosis : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Tahapan Diagnosa

Penanganan Limbah Organik Padat

Penanganan limbah organik padat yang berasal dari industri rumah tangga, hotel, pasar, rumah sakit ini dapat di tangani secara mudah. Namun tetap perlu di ingat seluruh limbah ini harus di bedakan sesuai dengan jenisnya. Terdapat 3 (tiga) cara yang bisa di lakukan, yaitu :

Metode Komposing

Dengan metode komposing limbah yaitu seperti makanan, kotoran hewan, sisa tanaman dan lain sebagainya. Dapat digunakan kembali untuk mensuburkan tanah setelah dengan melalui proses Komposing.

Metode Bio Gas

Metode dengan cara ini juga mirip sama dengan cara pertama namun perbedaannya adalah komposing untuk kembali ketanah sedangkan untuk Gas untuk kebutuhan bahan bakar alternatif.

Metode Hog Feeding

Metode ini adalah salah satu penanganan limbah organik untuk pakan ternak, daripada sampah organik tersebut membusuk serta membuat penyakit maka akan lebih baik apabiladi berikan kepada hewan ternak malah lebih bergizi lagi kan jadinya.

Penanganan Limbah Anorganik Padat

Dalam hal penanganan limbah anorganik padat  terdapat 4 R (replace, recycle, reuse, dan reduce), berikut penjelasannya:

Metode Replace

Metode ini bisa dilakukan dalam mengurangi pencemaran dengan cara mengganti barang-barang yang tidak ramah lingkungan itu menjadi ramah lingkungan contohnya seperti menggunakan daun sebagai pembungkus dalam menggantikan plastik.

Metode Recycle

Metode recycle merupakan metode mendaur ulang sampah anorganik itu dengan menggunakan teknologi khusus yang dilakukan oleh industri atau juga pabrik dalam membuat jenis barang lain yang dapatdi produksi kembali.

Metode Reuse

Metode reuse yaitu dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah seharusnya itu di buang contohnya menggunakan ember yang sudah rusak untuk dijadikan pot bunga dll.

Baca Juga:  √ Pengertian Cahaya, Macam, Sifat & Contohnya (Bahas Lengkap)

Metode Reduce

Metode reduce adalah metode dengan meminimalkan produksi sampah seperti misalnya membeli isi ulang pelembut pakaian, daripada membeli botol serta juga isinya pada saat habis lebih baik dengan isi ulang.

Metode Insenerator

Insenerator adalah suatu upaya pembakaran limbah sampah dengan suhu yang tinggi itu dengan secara terkendali. Dengan cara ini akan mampu mengurangi sampah itu hingga 80% serta juga abu dari hasil pembakaran tersebut dapat digunakan untuk keperluan yang lainnya.

Pengertian Pulverisation Sanitary Landfill dan Incineration

Metode Sanitary Landfill

Metode sanitary landfill mungkin sudah biasa di lakukan oleh masyarakat umum disebabkan cara ini sangat sederhana yakni dengan membuang sampah pada area tertentu. Apabila kita lihat di desa tiap-tiap rumah pasti mempunyai tempat pembuangan sampah di area tersendiri.

Metode Pengepresan Sampah (Mode Reduction)

Metode dengan cara mengepreskan sampah anorganik padat itu akan mampu untuk menanggulangi masalah pelebaran tempat pembuangan sampah. Semakin di padatkan sampah itu tentu akan membuat tempat sampah itu lebih longgar.

Metode Penghancuran Sampah Anorganik (Pulverisation)

Pada metode proses penghancuran sampah anorganik padat dapat dilakukan dengan cara menghancurkan sampah tersebut hingga hancur. Dimana kegunaan limbahnya nanti bisa digunakan untuk menimbun area atau juga tempat yang berlubang di lingkungan.

Demikian artikel tentang Pengertian Pulverisation, Sanitary Landfill dan Incineration. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.