Home » √ Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya
√ Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya
Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Kepuasan Pasien. Meliputi pengertian, manfaat, cara mengukur dan faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.
Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Kepuasan Pasien
Kepuasan menurut Pohan (2013) adalah keluaran atau outcome layanan kesehatan. Dengan seperti itu kepuasan pasien bisa diartikan sebagai satu tujuan dari peningkatan mutu kualitas layanan kesehatan. Kepuasan pasien didefinisikan juga suatu tingkat perasan pasien yang muncul sebagai akiabt dari kinerja layanan kesehatan yang didapatkannya sesudah pasien membandingkan dengan apa yang menjadi harapannya.
Manfaat Mengukur Kepuasan Pasien
Manfaat dari pengukuran kepuasan pasien menurut Soeparmanto dan Astuti (2006) adalah sebagai berikut:
Menjadi tahu kekurangan setiap tingkat kelemahan penyelenggaraan pelayanan.
Menjadi tahu kinerja penyelenggaraan pelayanan yang sudah dijalankan oleh unit pelayanan.
Dapat dijadikan bahan penentuan kebijakan yang harus diambil dan usaha yang harus dilakukan.
Menjadi tahu indeks kepuasan masyarakat secara pelayanan publik terhadap lingkungan pemerintahan pusat dan daerah
Menjadi pemacu persaingan positif antar unit penyelenggara pelayanan dalam usaha meningkatkan kinerja pelayanan.
Untuk masyrakat bisa mengetahui gambaran mengenai kinerja pelayanan unit yang berkaintan.
Cara Mengukur Kepuasan Pasien
Menurut Muninjaya (2013), mereka yang membeli atau mempergunakan produk atau jasa pelayanan kesehatan dinamakan dengan pelanggan atau customer. Kemudian menurut Kotler dalam Nursalam (2011) terdapat beberapa cara mengukur kepuasan pelangga atau pasien antara lain:
Sistem Keluhan dan Saran
Misalnya kotak saran pada lokasi strategis, kartu pos berprangko, sambungan telepon bebas pulsa, website, email dan lain sebaginya.
Survei Kepuasan Pelanggan
Baik melalui pos, telepon, email ataupun secara bertatap muka langsung
Ghost Shopping
Salah satu bentuk observasi yang menggunakan jasa orang yang menyamar sebagai pelanggan atau pesaing untuk melakukan pengamatan aspek-aspek pelayanan dan kualitas produk.
Lost Customer Analysis
Adalah melakukan hubungan atau mewancarai pelanggan yang sudah beralih dalam rangka memahami penyebab dengan menjalankan perbaikan pelayanan.
Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien
Sangadji dan Sopiah (2013) menyatakan terdapat beberapa faktor yang menjadi pengaruh kepuasan pasien diantaranya adalah:
Karakteristik Pasien
Faktor yang menentukan tingkat pasien atau pelanggan oleh karakteristik dari pasien itu sendiri, yang adalah ciri-ciri seseorang atau kekhasan seseorang yang menjadi pembeda orang yang satu dengan orang yang lain. Karakteristik itu dalam bentuk nama, umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, suku bangsa, agama, pekerjaan dan lain sebagainya.
Sarana Fisik
Dalam bentuk fisik yang bisa dilihat seperti gedung, perlengkapan, seragam pegawai dan sana komunikasi
Jaminan
Pengetahuan, kemampuan, kesopanan dan sifat bisa dipercaya yang ada pada perawat
Kepedulian
Mudahnya dalam membangun komunikasi baik antar pegawai dengan klien, perhatian pribadi dan bisa memahami keperluan pelanggan.
Kehandalan
Kemampuan dalam memberikan suatu pelayanan yang dijanjikan dengan cepat, tepat, akurat serta memberikan kepuasan.
Sedangkan menurut Budiastuti (2002) menyatakan bahwa pasien dalam memberikan evaluasi kepausan terhadap jasa diterima terdapat beberapa faktor yaitu:
Kualitas Produk atau Jasa
Pasien akan merasakan kepuasan jika hasil evaluasi mereka menggambarkan bahwa produk atau jasa yang dipakai berkualitas. Persepsi konsumen kepada produk atau jasa dipengaruhi oleh dua hal yakni kenyataan kualitas produk atau jasa yang sebenarnya dan komunikasi perusahaan utamanya iklan dalam mempromosikan rumah sakitnya.
Kualitas Pelayanan
Sangat berperang penting dalam industri jasa. Konsumen dalam hal ini adalah pasien akan merasakan kepuasan jika mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diinginkan
Faktor Emosional
Pasien yang merasa bangga dan yakin jika orang lain kagum terhadap konsumen bila dalam hal ini pasien memilih rumah sakit yang telah memiliki pandangan “rumah sakit mahal”, cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi
Harga
Harga adalah aspek penting, tetapi yang paling penting dalam penentuan kualitas untuk mencapai kepuasan pasien. Walaupun begitu elemen ini menjadi pengaruh pasien dari sudut harga yang dikeluarkan.
Biaya
Memperoleh produk atau jasa, pasien yang tidak mengeluarkan uang tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk memperoleh jasa pelayanan, cenderung puas terhadap jasa pelayanan tersebut.
√ Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli (Bahas… Pengertian Kinerja Perusahaan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Tentunya dapat kita ketahui jika masing-masing perusahaan pasti dapat meninjau kinerja dari sebuah perusahaan. Masing-masing perusahaan tentunya selalu melakukan peninjauan kinerja dari…
√ Pengertian Akulturasi, Bentuk, Faktor, Dampak & Contohnya… Pengertian Akulturasi, Bentuk, Faktor, Dampak & Contohnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Akulturasi. Yang meliputi pengertian, bentuk-bentuk, faktor yang mempengaruhi, dampak dan contoh akulturasi dengan pembahasan…
√ 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli (Lengkap)- Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli. Manajemen pendidikan adalah salah satu cabang ilmu…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
√ Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang… Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi - Pada pembahasan kali ini kalian akan mempelajari tentang produktivitas kerja. Yang mana pembahasan ini meliputi pengertian, pengukuran produktivitas kerja dan faktor yang mempengaruhinya.…
√ Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan… Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan Cara Menumbuhkannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang harga diri. Yang meliputi pengertian harga diri, pentingnya harga diri, aspek dan…
√ Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya Pengertian Manajemen Strategi, Manfaat dan Tahapannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas Manajemen Strategi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian manajemen strategi, tujuan, manfaat, cara dan…
ISO : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya ISO : Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang ISO. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian ISO, tujuan, manfaat dan jenis ISO…
√ Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya… Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Struktur Modal. Yang meliputi pengertian struktur modal, komponen struktur modal, teori struktur modal, dan…
Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan… Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text - Apakah yang di maksud dengan recount text dan seperti apa contohnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas…
√ 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli… 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang knowledge management atau manajemen pengetahuan. Penjelasan yang didasarkan oleh pendapat para ahli dengan lengkap…
√ Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB),… Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB), Dimensi, Motif, Manfaat dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Organizational Citizenship Behavior (OCB). Yang meliputi tentang pengertian OCB, Dimensi OCB, Motif…
Flowchart : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi,… Flowchart : Pengertian Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Simbolnya - Apa yang dimaksud dengan flowchart ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
Ergonomi Adalah : Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Ruang… Ergonomi Adalah : Tujuan, Manfaat, Prinsip dan Ruang Lingkupnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ergonomi. Yang meliputi pengertian ergonomi, tujuan, manfaat, prinsip dan ruang lingkup yang…
√ 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori,… 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian Kepuasan Kerja. Yang meliputi pengertian kepuasan kerja menurut beberapa ahli…
√ 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode &… 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang propaganda. Penjelasan yang meliputi pengertian, jenis dan contoh secara lengkap. 18 Pengertian Propaganda,…
Pengertian Investasi dan Faktor yang Mempengaruhinya… Pengertian Investasi dan Faktor yang Mempengaruhinya (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Investasi dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengertian Investasi dan Faktor yang Mempengaruhinya (Lengkap) Mari…
Peluang Usaha Adalah : Ciri, Faktor, Sumber dan Contohnya Peluang Usaha Adalah : Ciri, Faktor, Sumber dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Peluang Usaha. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi, sumber dan contoh…
Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh - Apakah itu Teks Cerpen ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Teks Cerpen dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita…
74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli 74 Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli – Manusia sejak lahir ke dunia sudah mendapatkan pendidikan hingga ia masuk ke bangku sekolah. kata pendidikan sudah tidak asing lagi ditelinga, karena semua…
√ Pengertian Total Quality Management (TQM), Karakteristik &… Pengertian Total Quality Management (TQM), Karakteristik & Metodenya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang total quality management. Yang meliputi pengertian total quality management, karakteristik total quality management, metode…
√ Pengertian Dukungan Sosial, Fungsi, Sumber, Bentuk,… Pengertian Dukungan Sosial, Fungsi, Sumber, Bentuk, Manfaat dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang dukungan sosial. Yang meliputi pengertian dukungan sosial, fungsi dukungan sosial, sumber dukungan sosial,…
√ 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli… 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang hubungan Internasional. Hubungan Internasional adalah sebuah hubungan antarbangsa atau sebuah interaksi manusia-manusia…
√ Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang… Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Gaya Hidup. Yang meliputi pengertian, jenis-jenis, indikator dan faktof yang mempengaruhi gaya hidup dengan…
√ Pengertian Penilaian Kerja, Tujuan, Manfaat & Prosesnya… Pengertian Penilaian Kerja, Tujuan, Manfaat & Prosesnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini SeputarPengetahuan.Co.Id akan mengulas tentang Penilaian Kerja. Hal ini berkaitan dengan aktivitas kerja pada perushaaan atau badan usaha, organisasi dan lainnya.…
√ Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah (Pembahasan… Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah (Pembahasan Lengkap) - Pada umumnya hal yang sering dilakukan di dalam sekolah adalah kegiatan pembelajaran. Namun, di sekolah juga menyediakan layanan konseling untuk siswa. Di sana…
√ Pengertian Stres Kerja, Penyebab, Dampak dan Akibatnya… Pengertian Stres Kerja, Penyebab, Dampak dan Akibatnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang stres kerja. Yang meliputi pengertian stres kerja, penyebab stres kerja, serta dampak dan…
√ Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contohnya Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Teks Ulasan. Yang mana menjelaskan pengertian teks ulasan, tujuan, ciri, struktur, jenis dan…
√ Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan dan Jenisnya… Pengertian Pelayanan Kesehatan, Tujuan dan Jenisnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan mengulas tentang Pelayanan Kesehatan. Pelayanan kesehatan berhubungan dengan fasilitas yang diberikan dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.…
√ Pengertian Kecerdasan Sosial, Ciri, Aspek & Faktor… Pengertian Kecerdasan Sosial, Ciri, Aspek & Faktor Pengaruhnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Kecerdasan Sosial. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, aspek dan faktor yang mempengaruhi kecerdasan sosial dengan…