√ Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya
Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Kepuasan Pasien. Meliputi pengertian, manfaat, cara mengukur dan faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.
Pengertian Kepuasan Pasien, Manfaat, Cara Mengukur & Faktornya
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Kepuasan Pasien
Kepuasan menurut Pohan (2013) adalah keluaran atau outcome layanan kesehatan. Dengan seperti itu kepuasan pasien bisa diartikan sebagai satu tujuan dari peningkatan mutu kualitas layanan kesehatan. Kepuasan pasien didefinisikan juga suatu tingkat perasan pasien yang muncul sebagai akiabt dari kinerja layanan kesehatan yang didapatkannya sesudah pasien membandingkan dengan apa yang menjadi harapannya.
Manfaat Mengukur Kepuasan Pasien
Manfaat dari pengukuran kepuasan pasien menurut Soeparmanto dan Astuti (2006) adalah sebagai berikut:
Menjadi tahu kekurangan setiap tingkat kelemahan penyelenggaraan pelayanan.
Menjadi tahu kinerja penyelenggaraan pelayanan yang sudah dijalankan oleh unit pelayanan.
Dapat dijadikan bahan penentuan kebijakan yang harus diambil dan usaha yang harus dilakukan.
Menjadi tahu indeks kepuasan masyarakat secara pelayanan publik terhadap lingkungan pemerintahan pusat dan daerah
Menjadi pemacu persaingan positif antar unit penyelenggara pelayanan dalam usaha meningkatkan kinerja pelayanan.
Untuk masyrakat bisa mengetahui gambaran mengenai kinerja pelayanan unit yang berkaintan.
Cara Mengukur Kepuasan Pasien
Menurut Muninjaya (2013), mereka yang membeli atau mempergunakan produk atau jasa pelayanan kesehatan dinamakan dengan pelanggan atau customer. Kemudian menurut Kotler dalam Nursalam (2011) terdapat beberapa cara mengukur kepuasan pelangga atau pasien antara lain:
Sistem Keluhan dan Saran
Misalnya kotak saran pada lokasi strategis, kartu pos berprangko, sambungan telepon bebas pulsa, website, email dan lain sebaginya.
Survei Kepuasan Pelanggan
Baik melalui pos, telepon, email ataupun secara bertatap muka langsung
Ghost Shopping
Salah satu bentuk observasi yang menggunakan jasa orang yang menyamar sebagai pelanggan atau pesaing untuk melakukan pengamatan aspek-aspek pelayanan dan kualitas produk.
Lost Customer Analysis
Adalah melakukan hubungan atau mewancarai pelanggan yang sudah beralih dalam rangka memahami penyebab dengan menjalankan perbaikan pelayanan.
Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien
Sangadji dan Sopiah (2013) menyatakan terdapat beberapa faktor yang menjadi pengaruh kepuasan pasien diantaranya adalah:
Karakteristik Pasien
Faktor yang menentukan tingkat pasien atau pelanggan oleh karakteristik dari pasien itu sendiri, yang adalah ciri-ciri seseorang atau kekhasan seseorang yang menjadi pembeda orang yang satu dengan orang yang lain. Karakteristik itu dalam bentuk nama, umur, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, suku bangsa, agama, pekerjaan dan lain sebagainya.
Sarana Fisik
Dalam bentuk fisik yang bisa dilihat seperti gedung, perlengkapan, seragam pegawai dan sana komunikasi
Jaminan
Pengetahuan, kemampuan, kesopanan dan sifat bisa dipercaya yang ada pada perawat
Kepedulian
Mudahnya dalam membangun komunikasi baik antar pegawai dengan klien, perhatian pribadi dan bisa memahami keperluan pelanggan.
Kehandalan
Kemampuan dalam memberikan suatu pelayanan yang dijanjikan dengan cepat, tepat, akurat serta memberikan kepuasan.
Sedangkan menurut Budiastuti (2002) menyatakan bahwa pasien dalam memberikan evaluasi kepausan terhadap jasa diterima terdapat beberapa faktor yaitu:
Kualitas Produk atau Jasa
Pasien akan merasakan kepuasan jika hasil evaluasi mereka menggambarkan bahwa produk atau jasa yang dipakai berkualitas. Persepsi konsumen kepada produk atau jasa dipengaruhi oleh dua hal yakni kenyataan kualitas produk atau jasa yang sebenarnya dan komunikasi perusahaan utamanya iklan dalam mempromosikan rumah sakitnya.
Kualitas Pelayanan
Sangat berperang penting dalam industri jasa. Konsumen dalam hal ini adalah pasien akan merasakan kepuasan jika mereka mendapatkan pelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diinginkan
Faktor Emosional
Pasien yang merasa bangga dan yakin jika orang lain kagum terhadap konsumen bila dalam hal ini pasien memilih rumah sakit yang telah memiliki pandangan “rumah sakit mahal”, cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi
Harga
Harga adalah aspek penting, tetapi yang paling penting dalam penentuan kualitas untuk mencapai kepuasan pasien. Walaupun begitu elemen ini menjadi pengaruh pasien dari sudut harga yang dikeluarkan.
Biaya
Memperoleh produk atau jasa, pasien yang tidak mengeluarkan uang tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk memperoleh jasa pelayanan, cenderung puas terhadap jasa pelayanan tersebut.
√ Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis, Manfaat, Faktor &… Pengertian Lingkungan Kerja, Jenis, Manfaat, Faktor & Indikatornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang lingkungan kerja. Yang meliputi pengertian lingkungan kerja, jenis lingkungan kerja, dan manfaat lingkungan kerja…
√ 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori,… 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian Kepuasan Kerja. Yang meliputi pengertian kepuasan kerja menurut beberapa ahli…
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
√ Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang… Pengertian Gaya Hidup, Jenis, Indikator, Faktor Yang Mempengaruhi - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Gaya Hidup. Yang meliputi pengertian, jenis-jenis, indikator dan faktof yang mempengaruhi gaya hidup dengan…
√ Pengertian Manajemen File, Manfaat, Fungsi, Sasaran,… Pengertian Manajemen File, Manfaat, Fungsi, Sasaran, Arsitektur, Konsep dan Tipenya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen File. Pembahasan ini meliputi pengertian, manfaat, fungsi, sasaran, arsitektur, konsep dan…
√ 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan… 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan Penilaian serta Analisisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kinerja keuangan. Penjelasan yang dimaksud adalah pengertian kinerja keuangan menurut para ahli,…
√ Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi,… Pengertian Keterlibatan Kerja, Karakteristik, Dimensi, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Keterlibatan Kerja. Yang meliputi pengertian, karakteristik, dimensi, aspek dan faktor yang mempengaruhi keterlibatan kerja…
√ Pengertian Total Quality Management (TQM), Karakteristik &… Pengertian Total Quality Management (TQM), Karakteristik & Metodenya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang total quality management. Yang meliputi pengertian total quality management, karakteristik total quality management, metode…
√ Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB),… Pengertian Organizational Citizenship Behavior (OCB), Dimensi, Motif, Manfaat dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Organizational Citizenship Behavior (OCB). Yang meliputi tentang pengertian OCB, Dimensi OCB, Motif…
√ Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Sifat, Faktor,… Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Sifat, Faktor, Jenis dan Dampaknya - Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang masyarakat multikultural. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, sifat, faktor yang mempengaruhi, jenis-jenis dan dampak…
44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pengertian komunikasi di ekstrak dari bahasa latin yaitu "communicatio" yang ber istilah "communis" yang berarti menciptakan kebersamaan antara dua orang atau lebih.…
√ Pengertian Penerimaan Diri, Komponen, Ciri-Ciri, Tahapan… Pengertian Penerimaan Diri, Komponen, Ciri-Ciri, Tahapan dan Faktor Yang Mempengaruhinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang penerimaan diri. Yang meliputi pengertian penerimaan diri, komponen penerimaan diri, ciri-ciri penerimaan…
√ 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode &… 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang propaganda. Penjelasan yang meliputi pengertian, jenis dan contoh secara lengkap. 18 Pengertian Propaganda,…
√ Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya… Pengertian Struktur Modal, Komponen, Teori & Faktornya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Struktur Modal. Yang meliputi pengertian struktur modal, komponen struktur modal, teori struktur modal, dan…
√ Pengertian Stres Kerja, Penyebab, Dampak dan Akibatnya… Pengertian Stres Kerja, Penyebab, Dampak dan Akibatnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang stres kerja. Yang meliputi pengertian stres kerja, penyebab stres kerja, serta dampak dan…
√ 15 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Jenis, Manfaat… 15 Pengertian Kompetensi Menurut Para Ahli, Jenis, Manfaat Lengkap - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Komptensi. Pembahasan yang meliputi pengertian, jenis, manfaat yang akan dijelaskan dengan lengkap.…
√ Pengertian Komitmen Organisasi, Manfaat, Bentuk, Indikator… Pengertian Komitmen Organisasi, Manfaat, Bentuk, Indikator & Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Komitmen Organisasi. Yang meliputi pengertian pengertian komitmen organisasi, manfaat komitmen organisasi, bentuk komitmen organisasi,…
√ Pengertian Arsitektur Komputer, Fungsi, Jenis,… Pengertian Arsitektur Komputer, Fungsi, Jenis, Klasifikasi, Bagian, Cara Membuat & Faktor Yang Mempengaruhi - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Arsitektur Komputer. Yang meliputi pengertian arsitektur komputer, klasifikasi…
29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 29 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata strategi? Biasanya kita mendengar kata tersebut ketika hendak melakukan sebuah rencana. Menyusun sebuah strategi…
√ 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli (Lengkap)- Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli. Manajemen pendidikan adalah salah satu cabang ilmu…
Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan… Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya - Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
√ Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas… Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas & Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen personalia. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen personalia, fungsi manajemen personalia, tujuan dan tugas…
√ Pengertian Rubrik, Tujuan, Manfaat, Jenis, Syarat & Contoh Pengertian Rubrik, Tujuan, Manfaat, Jenis, Syarat & Contoh - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang rubrik. Yang meliputi pengertian rubrik, tujuan, manfaat, jenis, syarat dan contoh yang dibahas dengan…
√ Pengertian Poster, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis dan… Pengertian Poster, Tujuan, Ciri, Syarat, Jenis dan Contohnya Lengkap - Pada pembahasan kali ini kita akan menjelaskan tentang Poster. Yang meliputi pengertian, tujuan, syarat, ciri-ciri, jenis dan cara membuat dengan pembahasan…
√ Pengertian Komunikasi Interpersonal, Tujuan, Fungsi,… Pengertian Komunikasi Interpersonal, Tujuan, Fungsi, Faktor dan Aspeknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komunikasi interpersonal. Dengan pembahasan lengkap yang meliputi pengertian komunikasi interpersonal, tujuan dan fungsi komunikasi…
√ 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap 37 Pengertian Investasi Menurut Para Ahli Terlengkap - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang investasi. Yang mana penjelasan ini tentang pengertian investasi menurut para ahli yang sudah dirangkum…
Pengertian Konsumsi, Tujuan dan Faktornya (Pembahasan… Pengertian Konsumsi, Tujuan dan Faktornya (Pembahasan Lengkap) – Di dalam kehidupan seseorang pastinya dirinya memiliki keinginan untuk memdapatkan barang yang dapat dirinya konsumsi dangan tujuan untuk mempertahankan kehidupannya. Dalam mendapatkan barang…
√ Pengertian Theory Of Constraint, Faktor, Jenis dan… Pengertian Theory Of Constraint, Faktor, Jenis dan Tujuannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Theory Of Constraint. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian theory of…
√ 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli… 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang hubungan Internasional. Hubungan Internasional adalah sebuah hubungan antarbangsa atau sebuah interaksi manusia-manusia…