√ Pengertian Letak Astronomi Indonesia dan Pengaruhnya (Lengkap)

Pengertian Letak Astronomi Indonesia dan Pengaruhnya (Lengkap) – Letak astronomi telah ada sejak dahulu kala. Sudah sejak lama para pelaut, pengendara, pilot atau pekerjaan yang berhubungan lokasi daerah mereka menentukannya dengan letak astronomi.

Garis lintang dan bujur suatu wilayah telah di tentukan sejak dahulu. Maps dan GPS adalah contoh yang menggunakan letak bujur dan lintang sebagai penentu letak daerah dan tempat. Maka garis dan bujur memang sangat penting bagi kehidupan manusia pada zaman yang modern.

Pengertian Letak Astronomi Indonesia dan Pengaruhnya (Lengkap)

Garis lintang dan bujur juga di gunakan untuk menentukan benua di muka bumi. Adapula garis yang memiliki dampak memisahkan iklim seperti garis khatulistiwa. Sebenarnya apasaja manfaat letak astronomi yang ada di Indonesia yang akan di jelaskan sebagai berikut:

Pengaruh Letak Astronomi Indonesia

Garis lintang adalah merupakan garis sejajar dengan garis khatulistiwa yang membagi bumi menjadi dua bagian. Garis khatulistiwa melintang dari kutub utara ke kutub selatan. Garis tersebut di gunakan oleh semua orang sebagai tempat pedoman untuk menentukan posisi suatu daerah di permukaan bumi.

Baca Juga:  √ Pengertian Galaksi Andromeda, Sejarah, Teori, Ciri & Pergerakannya

Pengaruh Letak Astronomi Indonesia berdasarkan Garis Katulistiwa

Letak astronomi adalah merupakan letak pada suatu tempat yang berdasarkan garis lintang serta garis bujurnya. Posisi astronomis indonesia adalah berada diantara 6 °LU-11°LS dan berada diantara 95°BT-141°BT. Letak wilayah yang terdapat di indonesia utara adalah Pulau weh yang terletak di Nanggroe Aceh Darussalam yaitu berada di 6° LU.

Letak wilayah yang terdapat di indonesia selatan adalah Pulau Roti yang terletak di Nusa Tenggara Timur yang ada di 11°LS. Perbatasan wilayah Indonesia yang terletak di paling barat adalah berada di ujung utara Pulau Sumatra yaitu di 95°BT. Mengenai wilayah indonesia paling timur adalah berada di Kota Merauke yaitu pada 141°BT.

Garis lintang adalah merupakan garis-garis sejajar dengan khatulistiwa yang melintang mengelilingi bumi bumi sampai pada daerah pada kutup. Garis tersebut yang menjadi pedoman bagi manusia untuk menentukan lokasi yang ada di bumi ini.

1. Garis Lintang

Garis khatulistiwa membelah bumi menjadi dua bagian yang berujung di kutub utara dan kutub selatan. Indonesia bertempat tepat di garis lintas khatulistiwa yang memberi iklim tropis. Garis khatulistiwa memiliki garis lintang 0”. Garis lintang yang ada di wilayah Indonesia adalah di antara 6”LU – 110”LS. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki iklim yang tropis di semua wilayahnya.

Ciri-ciri dari iklim tropis Indonesia adalah:

  1. Memiliki intensitas turun hujan dengan tinggi,
  2. Memiliki banyak hutan tropis yang dapat memberikan nilai ekonomis yang tinggi,
  3. Memiliki waktu penyinaran matahari sepanjang tahun tanpa henti,
  4. Memiliki kelembaban tinggi yang di sebabkan penguapan yang banyak terjadi.
Baca Juga:  √ Pengertian Litosfer Menurut Pakar Geografi (Bahas Lengkap)

2. Garis Bujur

Garis bujur adalah merupakan garis yang terdapat pada peta yang membagi bumi menjadi garis bujut timur dan garis bujur barat dengan bujur 180”. Letak Indonesia berada di 95°BT-141°BT. Dampak yang di sebabkan oleh garis ini adalah terbaginya waktu di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Bagiannya yaitu:

Pengertian Serta Pengaruh Letak Astronomi Indonesai Lengkap

  1. Waktu Indonesia Barat (WIB), waktu ini membagi Indonesia bagian barat seperti jawa dan Sumatra.
  2. Waktu Indonesia Tengah (WITA), waktu ini membagi Indonesia di bagian tengah seperti bali dan Sulawesi.
  3. Waktu Indonesia Timur (WIT), waktu ini membagi Indonesia di bagian timur seperti Maluku dan papua.

Sekian penjelasan mengenai Pengertian Letak Astronomi Indonesia dan Pengaruhnya (Lengkap) yang telah di jelaskan Seputar Pengetahuan. Letak astronomi sangat penting bagi semua orang karena dapat di gunakan sebagai penanda lokasi, pembagi waktu serta menentukan batasan wilayah. Semoga bermanfaat 🙂