√ Pengertian Bentuk Muka Bumi Yang Ada Pada Peta (Lengkap)

Pengertian Bentuk Muka Bumi Yang Ada Pada Peta (Lengkap) – Bumi kita memiliki bentuk yang beragam dan dapat memiliki banyak sekali kegunaan yang salah satunya dapat kita diami atau tempati menjadi tempat kita tinggal dan menetap.

Pengertian Bentuk Muka Bumi Yang Ada Pada Peta (Lengkap)

Salah satu bentuknya berupa daratan tinggi yang merupakan daratan yang memiliki hawa atau udara yagnsejuk karena berada jauh di atas permukaan laut. Ada juga daratan rendah yang memiliki tempat rendah dan dapat melihat lautan dari tempat ini jika berada di daerah yang berdekatan dengan pantai.

Maka dari itu banyak sekali bentuk dan macam-macam dari muka bumi yang dapat kita lihat dan saksikan dengan menggunakan peta yang ada secara tepat dan akurat. Untuk dapat megnetahui apa saja bentuk-bentuk dari muka bumi akan di jelaskan sebagai berikut.

Bentuk Muka Bumi

Bentuk muka bumi yang berupa daratan tidaklah merata akan tetapi di dalamnya bervariasi mau itu berbentuk daratan, daratan tinggi, tonjolan bukit, daratan rendah, gunung, atau yang berupa lembah, sungai, ngarai atau basin. Penggambaran mengenai bentuk-bentuk yang ada di muka bumi dapat di gambarkan degnan menggunakan dua jenis peta yaitu dapat menggunakan peta biasa yang pada umumnya akan memiliki warna atau juga dapat menggunakan peta khusus.

Bentuk yang merupakan ketampakan muka bumi dapat bedakan yang menjadi bentuk muka bumi di daratan (termasuk juga sungai dan perairan yagn ada di daratan lainnya) dan dapat juga merupakan bentuk bumi lautan. Penggambarannya pun dapat menggunakan symbol yang tidak dapat di tampilkan sebagimana mestinya.

Bentuk-bentuk Muka Bumi

Berikut adalah bentuk-bentuk muka bumi yang di bedakan berdasarkan:

Daratan

Yang di maksud daratan ini terbagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut:

Daratan Rendah

Daratan ini pada umumnya dapat di identifikasikan berupa relif daratan yang memiliki ketinggian yang berada di antara 0 – 400 m.

Daratan Tinggi

Daratan ini pada umumnya dapat di identifikasikan berupa relif daratan yang memiliki ketinggian yang berada di antara 400 – 1.000 m dari permukaan air laut.

Pegunungan atau Perbukitan

Daratan yang berada di kawasan ini daapt di identifikasikan berupa daratan yang amemiliki sudut kemiringan lereng yang relative lebih besar jika di bandingkan dengan daratan yang memiliki ketinggian di atas 1.000 m di atas permukaan laut.

Danau, Rawa, dan Waduk

Danau merupakan daratan luas yang daerahnya digenangi air. Rawa merupakan daratan yang di genangi oleh air yang pada umumnya berada d idaerah yang rendah atau biasanya berada di daerah pantai. Waduk merupakan suatu bentuk danau yang di buat Manusia.

Sungai

Sungai merupakan suatu jalur atau berupa penampungan yang di lewati oleh air yang berasal dari hulu ke hilir. Ini pada umumnya memiliki mata air atau yang berupa hulu yang berada di kawasan pegunungan atau yang berada di daratan yang lebih tinggi dan akhirnya bermuara di lautan.

Gunung

Gunung merupakan suatu bentuk dari relif bumi yang bentuknya menonjol. Yang pada umumnya juga berada di ketinggian lebih dari 1.000 m.

Kota

Di perkotaan atau di sebuah tempat pemukiman terdapat jalan raya dan terdapat ibukota.

Lautan

Lautan ini di peta dapat kita lihat dengan bersimbolkan warna biru. Bentuk yang ada di lautan pun memiliki beberapa macam yang diantaranya:

Dangkalan

Berupa dasar laut yang berbentuk melandai kearah lautan dengan kedalaman lebih dari 200 m.

Lereng

Lereng merupakan suatu dasar laut yang memiliki kedalam sekitar 200 – 400 m  yang berupa lanjutan dari dangkalan.

Palung Laut

Palung laut merupakan suatu dasar dari laut yang memiliki kedalaman lebih dari 5.000 m yang berkeadaan curam, sempit, dalam, dan memanjang.

Lubuk Laut

Lubuk laut merupakan suatu bentuk dasar laut yang bentuknya cekung.

Gunung Laut

Gunung laut merupakan suatu bentuk gunung yang muncul dari dalam laut ke permukaan dengan kakinya yang berada di dasar lautan.

Punggung Laut

Punggung laut merupakan suatu perbukitan yang ada di dasar lautan yang kalau dapat muncul ke permukaan laut dapat menjadi pulau-pulau.

Ambang Laut

Ambang laut merupakan suatu bentuk dasar laut yang dangkal dengan memisahkan dua lautan yang berbeda yang sama dalam.

Pengertian Bentuk Muka Bumi Yang Ada Pada Peta Lengkap

Bentuk-bentuk Muka Bumi di Indonesia

Bentuk bumi yang ada di Indonesia diantaranya:

  1. Bagian Barat disebut juga Dangkalan Sunda.
  2. Bagian Tengah disebut juga Laut Tengah Austral – Asiatis.
  3. Bagian Timur disebut juga Dangkalan Sahul.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Bentuk Muka Bumi Yang Ada Pada Peta (Lengkap) yang di jelaskan oleh studinews. Dengan bentuk muka bumi yang beragam dapat kita lihat bagaimana keadaan bumi yang tidak semua sama. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi