√ Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli, Faktor & Dampaknya (Lengkap)

Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli, Faktor & Dampaknya (Lengkap) – Ada daratan ada juga lautan yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya. Kemunculan keduanya tidaklah dapat kita pisahkan.

Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli, Faktor & Dampaknya (Lengkap)

Maka dari itu kita perlunya menjaga apa yang ada agar kita tidak kehilangan tempat tinggal karena tergantikan dengan lautan. Tanah yang kita injak ini dapat terus tergerus lautan kalau kita tidak menjaganya. Itu semua karena adanya abrasi, abrasi ini akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian Abrasi

Abrasi merupakan merupakan suatu proses alami yang terjadi berupa pengikisan tanah yang terjadi di daerah pesisir akibat ombak dan juga arus laut dengan sifat merusak. Pantai merupakan daerah yang sangat rentan sekali terkena dampaknya karena dekat dengan laut.

Baca Juga:  √ Tanjung : Pengertian, Manfaat, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli

Para ahli memberikan pengertian abrasi menurutnya sebagai berikut:

1. Aditya Pebriansyah

Abrasi merupakan suatu proses pengikisan tanah yang ada di daerah pesisir pantai yang di sebabkan oleh adanya hantaman gelombang air laut, sungai, gletser atau juga angin sekitar.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Abrasi merupakan suatu proses pengikisan bebatuan oleh angina, es atau juga air yang berbahan merusak.

Loading...

3. Undang-Undang No. 24 Tahun 2007

Abrasi merupakan suatu proses pengikisan pesisir pantai dengan di akibatkan oleh adanya gelombang dan juga arus laut merusak yang mana pemicunya berupa keseimbangan alam yang mulai terganggu.

Faktor Penyebab Abrasi

Penyebab abrasi ada dua yaitu:

Faktor Alam

Ini terjadi karena adanya pasang surut air laut, angina yang ada di lautan, gelombang air laut dan juga arus laut yang bersifat merusak.

Faktor Manusia

Ini terjadi karena campur tangan Manusia seperti ketidak seimbangan ekosistem di laut yang berupa eksploitasi besar besaran untuk mengambil kekayaan laut seperti ikan, terumbu karang dan juga biota alam lainnya sehingga akan menyebabkan arus laut langsung menuju pantai dan terjadi abrasi.

Dampak Abrasi

Abrasi sendiri memiliki dampak sebagai berikut:

Penyusutan Area Pantai

Dampak ini terlihat jelas dan terjadi ketika ada hantaman keras dari ombak laut yang terjadi menerus sehingga membuat bebatuan dan tanah terpisah dari daratan.

Baca Juga:  √ 35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Lengkap)

Hutan Bakau Rusak

Dampak ini di terjadi karenaekosistem yang telah rusak sehingga hutan bakau tidak akan berfungsi ketika musim badai.

Hilangnya Habitat Flora dan Fauna

Dampak ini berasal dari hilangnya habitat jenis hewan dan tumbuhan seperti ikan-ikan kecil yang akhirnya dapat merusak ekosistem laut.

Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli Beserta Faktor Dan Dampaknya Lengkap

Pencegahan Abrasi

Pencegahan abrasi dapat di lakukan dengan:

Loading...

Menanam Pohon Bakau

Pohon ini akan memberikan perlindungan agar daerah sekitar tidak hancur bebatuannya karena akarnya yang banyak dan dapat membuat gelombang air laut tertehan.

Memelihara Terumbu Karang

Terumbu karang ini juga dapat menahan gelombang air laut yang akan menabrak dinding pantai sehingga keadannya sangat di perlukan juga.

Melarang Penambangan Pasir

Penambangan pasir juga ternyata mempengaruhi abrasi karena pasir yang ada di bibir pantai dapat menahan gelombang yang dating sehingga akan lebih rendah.

Sekianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Abrasi Menurut Para Ahli, Faktor & Dampaknya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sekian dan terimakasih.

5.0
105
Loading...