Pengertian PMI (Palang Merah Indonesia) dan Sejarahnya Lengkap

Pengertian PMI (Palang Merah Indonesia) dan Sejarahnya Lengkap – Manusia pada umumnya dan kodratnya adalah makhluk social yang membutuhkan manusia lain untuk dapat hidup di bumi ini. Dan tidak dapat berdiri sendiri manusia tersebut jika hanya ada dia seorang.

Pengertian PMI (Palang Merah Indonesia) dan Sejarahnya Lengkap

Banyak zaman sekarang manusia tidak melakukan sosialisasi dengan warga lainnya yang membuat para manusia bertindak secara individu. Semakin lama jarak yang di berikan oleh satu individu kepada individu lain semakin jauh.

Tetapi sebagian manusia membentuk suatu perkumpulan yang di dalamnya terdapat orang-orang yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat luas. Perkumpulan tersebut di sebut dengan PMI. Untuk mengenal lebih jauh tentang PMI akan di jelaskan sebagai berikut.

Pengertian PMI

PMI atau Palang Merah Indonesia adalah suatu organisasi netral dan independen yang ada di Indonesia dan bergerak di bidang kemanusiaan. PMI terbentuk atas dasar bangsa Indonesia sendiri meski di pengeruhi oleh palang merah yang sikapnya universal. Terbentuknya PMI bermula dari dorongan jiwa manusia dan atas kedasaran nasional.

Ketika melaksanakan kegiatan PMI selalu menjaga prinsip yang di milikinya yaitu kemanusiaan, kenetralan, kesukarelaan, kemandirian, kesemestaan, dan kesatuan. Pada saat ini PMI telah memiliki 33 PMI daeran dan telah memiliki 408 PMI cabang di seluruh Indonesia. Kantor utama PMI berada di Jalan Jend Gatot Subroto, Jakarta.

Sejarah PMI

PMI atau Palang Merah Indonesia terbentuk sejak 12 Oktober 1873. Di mana pada saat itu masih dalam pemerintahan colonial Belanda dan ketika itu nama Palang MErah Indonesia bernama Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (NERKAI). Tetapi ketika jepang masuk ke Indonesia dan menduduki pemerintahan NERKAI pun di bubarkan. Setelah bangsa Indonesia merdeka maka di bentuk kembali PMI sejak 3 September 1945. Pada waktu itu Presiden Soekarno memilih dr. Buntaran yang pada saat itu adalah Mentri Kesehatan untuk membentuk palang merah nasional.

Palang Merah Nasional itu terdiri dari 5 orang panitia yaitu.

  1. R Mochtar (ketua),
  2. Djuhana,
  3. Bahder  Djohan,
  4. Sitanala,
  5. Marzuki.

Telah di persiapkan untuk dapat membentuk PMI dan pada tanggal 17 September 1945 PMI resmi di bentuk. Tanggal itu lah yang di sebut dengan hari PMI.

PMI memiliki tugas sosial kemanusian seperti menanggulangi bencana, pelayanan masyarat, pelatihan pertolongan pertama, serta membantu menyediakan donor darah. Dari dasar rasa kemanusiaan PMI telah banyak menolong masyarakat yang membutuhkan. Seperti pada bagian penanggulangan bencana PMI melakukan layanan masyarakat dengan melakukan pertolongan dan evakuasi, pelayanan kesehatan dan tim medis, pencarian,penyediaan dapur umum, pemberian paket sembako, rumah sakit lapangan, atau sumbangan pakaian.

Pengertian PMI Serta Sejarah PMI Lengkap

Banyak peristiwa benacana alam yang membuat PMI tergerak secara otomatis memberi bantuan yang diantaranya adalah gempa bumi bantul, tsunami aceh, serta bencana alam lainnya.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian PMI (Palang Merah Indonesia) dan Sejarahnya Lengkap yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. PMI sendiri telah membarikan banyak jasanya kepada para masyarakat luas khususnya yang membutuhkan pertolongan. Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi