√ Pengertian WWW, Fungsi WWW Dan Sejarahnya Lengkap

Pengertian WWW, Fungsi WWW Dan Sejarahnya Lengkap – Pembahasan artikel ini mengenai WWW, tentu sudah sering kita mendengar sebuah istilah WWW namun apakah kita sudah mengetahui arti dari WWW itu sendiri ?

Bagi sebagian orang yang mengambil jurusan ilmu komputer tentu saja sudah tidak asing dengan istilah WWW, tetapi disini kita akan memberikan sebuah informasi bagi yang belum mengetahui arti dari WWW. Untuk itu tidak usah berlama-lama mari langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini.

Pengertian WWW, Fungsi WWW Dan Sejarahnya Lengkap

Mari kita bahas pengertian WWW terlebih dahulu dengan seksama

Pengertian WWW

WWW merupakan singkatan dari World Wide Web yang bisa untuk diartikan sebagai sebuah ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang juga disebut sebagai pengidentifikasi sumber seragam supaya mengenal pasti sumber daya berguna. WWW juga sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, meskipun sebenarnya hanyalah sebagian dari internet.

Dan dengan kata lain WWW juga dapat diartikan sebagai sebuah nama yang diberikan agar semua bagian internet yang bisa diakses dengan sebuah software web browser. Dan dengan adanya WWW kita dapat menerima berbagai macam informasi di dalam berbagai format. WWW juga sering disebut sebagai sebuah protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator),dan juga sering disebut sebagai istilah untuk mengidentifikasikan sebuah media jaringan internet.

Baca Juga:  √ 13 Tips Pintar Memilih Komputer Yang Baik Dan Benar

Fungsi WWW

Fungsi WWW ialah sebagai penyedia data serta informasi yang dibutuhkan untuk bisa dipergunakan bersama. Ada juga fungsi WWW yang lainnya yaitu sebagai sebuah informasi global yang menghubungkan pengguna jaringan internet ataupun yang lebih dikenal dengan sebutan user ke server dan juga user lain agar menyajikan data-data, dokumen, dan juga berbagai macam informasi yang bisa untuk digunakan bersama-sama dengan dengan menggunakan sebuah bahasa HTML.

Sejarah WWW

WWW yang merupakan kependekan dari World Wide Web yang mendapatkan perhatian dari publik yang teramat besar dan tidak bisa untuk disamai oleh aplikasi internet lainnya. Dan pada sekitar tahun 1995, WWW menggantikan FTP sebagai sebuah aplikasi internet yang bertanggung jawab terhadap sebagian besar dari lalu lintas jaringan internet. Web yang sudah menjadi sedemikian terkenal sehingga kemudian dicampuradukan dengan sebuah istilah internet, walaupun sebenarnya pengertian Web dan Internet tidaklah sama.

Web ialah sebuah sistem pengiriman dokumen yang juga tersebar dan berjalan di internet. Web sudah di kembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research) yakni sebuah lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Yang awalnya lembaga ini bertujuan untuk membantu para fisikawan yang ada di berbagai macam lokasi yang berbeda di dalam bekerja sana dan juga berbagi material penelitian.

Pengertian WWW, Fungsi WWW Dan Sejarahnya Lengkap

WWW (World Wide Web) ialah sebuah program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee di tahun 1991-an. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan sebuah cara untuk menyusun arsip-arsip dari risetnya. Oleh karena itu, Berners-Lee kemudian mengembangkan sebuah sistem untuk keperluan pribadinya. Sistem tersebut ialah sebuah program peranti lunak yang juga dinamai Equire. Dan dengan program tersebut Berners-Lee sudah berhasil menciptakan sebuah jaringan terkait diantara berbagai macam arsip-arsip yang kemudian memudahkan informasi yang dibutuhkan. Dan itulah yang kemudian menjadi suatu dasar dari revolusi yang juga dikenal sebagai web.

Baca Juga:  √ Pengertian Open Source Beserta Keunggulan & Contohnya Lengkap

Sekian penjelasan yang bisa untuk diberikan artikel kali ini tentang Pengertian WWW, Sejarah WWW Dan Fungsinya Lengkap, demikian penjelasan yang sudah dijelaskan semoga bisa memberikan sebuah informasi yang baru bagi para pembaca, semoga bermanfaat 🙂

5.0
10