Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap)

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap) – Global warming atau dikenal juga dengan pemanasan global merupakan hal yang sering diperbincangakan saat ini dan telah menjadi isu bersama diberbagai belahan dunia. Banyak orang yang sudah tidak asing lagi dengan adanya pemanasan global yang berdampak buruk bagi kehidupan, baik bagi manusia, tumbuh-tumbuhan maupun hewan serta alam sekitar.

Secara sederhana yang dimaksud dengan global warming ialah naiknya suhu rata-rata diatas permukaan bumi baik didarat, laut, ataupun di udara sehingga suhu bumi semakin lama akan semakin panas.

Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap)

Terdapat pula beberapa para ahli dibidangnya yang berkumpul dalam suatu organisasi yang menjelaskan mengenai apa itu global warming, diantaranya yaitu:

Pengertian Global Warming

Agen Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, menjelaskan bahwa pengertian dari global warming yaitu suatu peningkatan pada suhu rata-rata pada permukaan bumi, baik yang itu yang sudah berlalu ataupun yang sedang terjadi saat ini. Sebagian besar dari kejadian ini dipengaruhi dari peristiwa  efek rumah kaca yang ada di atmosfir bumi. Global warming tersebut yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim.

Asosiasi Energi Matahari New Mexico, Amerika Serikat, berpendapat bahwa pengertian dari global warming yaitu suatyu peningkatan pada suhu atau temperatur rata-rata yanga da pada permukaan bumi sebagai dampak dari efek rumah kaca yang mana efek rumah kaca yaitu suatu kejadian terperangkapnya panas di bumi yang disebabkan oleh terhalangnya gas emisi seperti karbondioksida pada atmosfir sebab karena adanya asap kendaraan bermotor, polusi udara dari pabrik-pabrik atau industri serta kebakaran hutan.

Natural Resources Defense Council, menyatakan bahwa pengertian dari global warming yaitu salah satu krisis lingkungan dan kemanusiaan terbesar yang sedang terjadi saat ini. Atmosfer bumi sangat panas disebabkan oleh terperangkapnya gas karbondioksida yang dapat mengancam perubahan iklim serta bisa menimbulkan bencana di permukaan bumi. NRDC ini juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di muka bumi agar bertindak untuk melawan pemanasan global supaya efek buruk dari global warming ini dapat berkurang bagi kehidupan manusia.

National Wildlife Federation, menyatakan bahwa pengertian dari global warming yaitu sebagai peristiwa dimana semakin hari bumi menjadi semakin panas, hujan dan banjir menjadi semakin deras, badai semakin hebat serta kekeringan semakin menjadi-jadi. Berbagai kejadian ini adalah dampak real yang terjadi akrena terdpat pemanasan global yang ada di muka bumi. Global warming juga dapat mengubah landscape kehidupan yang ada di bumi bahkan dapat mematikan banyak species.

Baca Juga:  Jenis Skala : Pengertian Skala pada Peta dan Macamnya

Penyebab Global Warming

Global warming atau pemenasan global ini bisa terjadi bukan tanpa ada sebab, adapun beberapa penyebabnya antara lain:

Model rumah kaca

Salah satu penyebab dari pemanasan global yaitu dimana model rumah kaca baik di rumah-rumah, gedung-gedung maupun tempat-tempat yang memakaui konsep bangunan kaca ini bisa memantulkan cahaya ke udara serta bukannya menyerap sinar matahari.  Sehingga konsep rumah kaca ini memiliki dampak yang sangat berpengaruh terhadap pertambahan ser5ta peningkatan dari pemanasan global di bumi.

Pemborosan listrik

Listrik banyak dipaku oleh setiap orang, akan tetapi banyak orang yang belum sadar akan penghematan dalam penggunaan listrik. Berbagai himbauan sendir sudah banyak digerakkan maupun dilakukan, namun kenyataannya banyak dari manusia belum dapat melakukannya, sehingga pemborosan listrik ini dapat menjadi salah satu penyumbang dalam meningkatnya pemanasan global.

Bahan bakar

Bahan bakar kendaraan selain dapat menggangu kesehatan tapi hal ini juga memberikan efek bertambahnya dari pemanasan global dari polusi udara yang dihasilkan setiap kendaraan.

Polusi udara dari Industri dan Pabrik

Semakin banyak industri serta pabrik yang berkembang, maka semakin banyak pula untuk terjadinya pemanasan global. Disisi positifnya memang industri dan pabrik dapat memberikan peluang dalam mensejahterakan masyarakat, akan tetapi disisi lain juga kerugian asap yang dihasilkan dari industri dan pabrik juga sangat merugikan eksitensi dari bumi.

Hutan gundul

Banyak terjadi pembakaran hutan yang dilakukan secara ilegal tanpa adanya izin dari pemerintah. Padahal hutan memiliki banyak fungsi, salah satunya yaitu dapat mencegah terjadinya banjir. Tak hanya itu, hutan juga bisa mereduksi suhu panas yang ada di bumi menjadi semakin meningkat. Sebuah sumber menyatakan bahwa pemanasan global meningkat 50% yang disebabkan oleh CO2 atau karbondioksida. Yang mana emisi karbondioksida dikarenakan adanya kerusakan atau pembakaran hutan. Sehingga hutan gundul merupakan salah satu penyebab dari meningkatnya pemanasan global bumi.

Dampak Global Warming

Banyak dampak yang sangat merugikan yang didapatkan serta dirasakan oleh semua makhluk hidup yang ada di muka bumi dari adanya golbal warming atau pemanasan global yang mana fenomena ini semakin hari semakin menjadi meningkat. Adapun dampak-dampaknya bagi kehidupan antara lain:

  • Suhu dipermukaan bumi menjadi semakin ekstrim.
  • Permukaan air laut yang ada diseluruh dunia akan menjadi meningkat.
  • Intensitas untuk terjadinya angin topan akan menjadi semakin meningkat.
  • Banyak terjadi kekeringan serta  kegagalan panen yang ada di seluruh dunia.
  • Akan terjadi suatu bencana kelaparan serta kekeringan yang ada dimuka bumi.
  • Berbagai macam penyakit akan bermunculan yang diakibatoan oleh global warming.
  • Terjadinya kepunahan dari bebagai species mahluk hidup.
Baca Juga:  √ Pola Bentuk Muka Bumi dan Mengidentifikasinya (Lengkap)

Pengertian Global Warming, Penyebab & Dampaknya

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Berikut adalah upaya untuk mengatasi pemenasan global diantaranya yaitu sebagai berikut

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Agar dapat mencegah global warming, disini kita dapat dengan mengurangi penggunaan suatu kendaraan pribadi serta beralih dengan menggunakan angkutan umum. Dengan demikian, polusi udara akan menjadi semakin berkurang serta bisa membantu untuk mengatasi global warming.

2. Menjaga Kelestarian Alam

Eksploitasi hasil alam yang berlebihan juga memiliki lebih banyak kerugiannya dibahdikan dengan keuntungannya di jangka panjang. Menanam pohon kembai di lahan yang sudah dibakar atau ditebang adalah salah satu langkah konkrit yang dapat dilakukan guna mengatasi pemanasan global.

3. Mengontrol Pemakaian Listrik

Disini anda bisa membayangkan berapa besar panas yang dikeluarkan jika seluruh manusia yang ada di bumi memakai listrik secara berlebihan. Tak hanya bisa membantu utnuk mengatasi pemanasan global, dengan mengontrol penggunaan listrik juga kita akan lebih hemat energi serta dapat menghemat biaya.

4. Mengendalikan Limbah

Limbah juga bisa mengeluarkan gas yang berbahaya ke udara. Gas berbahaya tersebut tak hanya bisa menimbulkan bau busuk, tapi juga bisa menyebabkan efek rumah kaca yang menyebabkan panas matahari akan terperangkap di suatu permukaan bumi.

Dengan mengendalikan limbah, baik itu limbah rumah tangga atau limbah industri, maka hal tersebut bisa membantu untuk mengatasi suatu pemanasan global.

Contoh Pemanasan Global

Berikut adalah beberapa contoh dari pemanasan global diantaranya yaitu:

  • Pergantian musim yang tidak menentu
  • Banyak penyakit baru
  • Produksi pertanian menurun
  • Perubahan pola hidup binatang

Itulah sedikit pembahasan mengenai Pengertian Global Warming, Penyebab dan Dampaknya (Lengkap), semoga bisa membantu para pembaca untuk lebih mengetahui dan menambah wawasan serta bermanfaat bagi kita. Sekian terimakasih.