Do’a Bercermin : Arti dan Maknanya

Do’a Bercermin : Arti dan Maknanya – Bacaan Do’a seperti apa saat kita bercermin ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Do’a bercermin.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Do’a Bercermin : Arti dan Maknanya


Bercermin,pasti kita selalu melakukanya, bercermin merupakan satu hal yang tak pernah terlewatkan pada saat kita merias diri, dandan, bersolek atau Makeup.

Sewaktu kita bercermin tidak semata-mata hanya agar terlihat cantik atau tampan,namun seharusnya pada saat bercermin kita bersyukur atau mensyukuri atas nikmat yang telah Allah Swt berikan kepada kita. karena Allah Swt, telah menganugerahkan kita bentuk tubuh dan rupa yang sempurna dibandingkan makhluk yang lainya. yaitu terdapat dalam Al-Qur’an Surat At-Tin ayat 4 yang berbunyi:

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya:
“Dan sungguh telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” ( QS At-Tin : 4 )


Doa Bercermin Pertama

اَلْحَمْدُ ِللهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِىْ فَحَسِّـنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillaahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:
“Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku”


Doa Bercermin Kedua

Kita juga bisa membaca Do’a ini saat bercermin

اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ

Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:
“Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku”


Doa Bercermin Lengkap

اللَّهُمَّ حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي وَحَرِّمْ وَجْهِي عَلَى النَّارِ

“Allohumma kamaa hassanta kholqii fahassan khuluqii wa harrim wajhii allannaari”.
Artinya :

Baca Juga:  √ Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli & Ruang Lingkupnya

“Ya allah, sebagaiman Engkau telah menciptakanku dengan baik, maka baguskanlah pula akhlakku, dan haramkanlah wajahku atas neraka.” (HR.Bazzar).

Do'a Bercermin : Arti dan Maknanya

Arti dan Makna Doa Bercermin


Pada Bacaan “Allahumma kamaa has anta khalqi…”

Pada Bacaan “Allahumma kamaa has anta khalqi…” (اَللّٰهُمَّ كَمَا حَسَّـنْتَ خَلْقِـيْ) yang artinya “Ya Allah, sebagaimana Engkau telah membaguskan penciptaanku”.

Jika kita cermati, penggalan kalimat ini sesungguhnya adalah sebuah pernyataan yang menyimpan makna syukur dan menuntut adanya rasa syukur.

Keyakinan yang seperti ini, selanjutnya akan menuntut Anda untuk mensyukuri bentuk fisik yang Anda miliki. Cenderung melihat orang yang bentuk fisiknya ada di bawah Anda, dan mencari-cari sisi kebaikan serta kelebihan dari bentuk fisik yang Anda miliki.

Allah berfirman dalam Al Quran surah At Taghaabun ayat 3:

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَ الۡاَرۡضَ بِالۡحَقِّ وَ صَوَّرَکُمۡ فَاَحۡسَنَ صُوَرَکُمۡ ۚ وَ اِلَیۡہِ الۡمَصِیۡرُ

Artinya:

“Dia menciptakan langit dan bumi dengan hak, Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu dan hanya kepada Allah Swt. Kembali(mu).” (QS. At-Taghaabun ayat 3).

Pada bacaan ”…Fa’ahsin khuluqii…”

Selanjutnya, dalam doa tersebut kita meminta kepada Allah dengan membaca,”…Fa’ahsin khuluqii…” (فَحَسِّـنْ خُلُقِـيْ). Artinya “Maka, baguskanlah pula akhlakku”.

Hakikat kecantikan adalah sesuatu yang keluar dari dalam diri kita, yakni berupa kepribadian dan akhlak yang mulia dan terpuji.Sadarilah, kecantikan fisik itu bukan segala-galanya dan sifatnya sangat kreatif. Kebaikan, kejujuran, ketulusan, kerendahan hati, kesopanan, dan kepekaan diri, itulah hal-hal yang akan memberi nilai lebih bagi diri Anda di mata orang lain

Pada Bacaan ”….Waharrim wajhii ‘alan naari…”

”….Waharrim wajhii ‘alan naari….”(وَحَرِّمْ وَجْهِي عَلَى النَّارِ) yang artinya “haramkanlah wajahku atas neraka”.

Dan akhirnya dalam doa tersebut kita meminta agar Allah mengharamkan wajah kita atas neraka. Kita ketahui bahwa wajah adalah pusat tubuh manusia.

Baca Juga:  Pengertian Ijtihad: Hukum, Fungsi, Syarat, dan Jenisnya

Pesan yang dibawa kalimat terakhir ini adalah hendaknya kita berjuang sekuat tenaga untuk menjaga wajah serta tubuh kita. Hal ini agar tidak menjadi sumber fitnah, pemicu kejahatan, dan timbulnya setiap dosa dan kemaksiatan.Dengan kalimat ini, kita berharap dan berkomitmen pada diri sendiri untuk menjaga tubuh kita dari panasnya siksa api neraka.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Do’a Bercermin , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.