Do’a Sesudah Makan : Arti dan Maknanya

Do’a Sesudah Makan : Arti dan Maknanya – Bagaimana bacaan Do’a Sesudah Makan ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Do’a Sesudah Makan beserta makna dan penjelasannya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Do’a Sesudah Makan : Arti dan Maknanya


Saat kita setiap harinya masih bisa makan enak kemudian bisa menikmatinya maka kita harus sadar bahwa makanan tersebut sumbernya dari Allah SWT. Tanpa kehendak dan kekuasaannya menciptakan tumbuhan, hewan, buah, dan lainnya maka tidak ada yang bisa diolah menjadi makanan. Jadi, Allah SWT tidak hanya menjadi dzat pencipta, tetapi juga menjadi dzat pemberi. Allah berfirman dalam Al Quran surah Huud ayat 6:

وَ مَا مِنۡ دَآبَّۃٍ فِی الۡاَرۡضِ اِلَّا عَلَی اللّٰہِ رِزۡقُہَا

Artinya:

“Dan, tidak ada suatu binatang melata pun di bumi, melainkan Allah yang memberi rezekinya.” (QS. Huud ayat 6).

Setelah selesai makan, Nabi Muhammad mengajarkan doa setelah makan berikut.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

“Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.” (HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

Adapula doa sesudah makan sebagaimana berikut ini.

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا هَذَا الطَّعَامَ وَرَزَقَنَا إِيَّاهُ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةٍ

Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ hadzat tha‘âma wa razaqanâ iyyâhu min ghairi haulin minnî wa lâ quwwatin. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kami makan dengan makanan ini dan telah mengaruniakan kami akan itu makanan dengan tiada daya dan upaya dari kami,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).

Apa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad dalam doa tersebut adalah bersyukur atas kenikmatan makanan yang telah diberikan Allah Kepada diri kita.Maka, dengan membaca doa sesudah makan ini, kita diingatkan pada hakikat rubbubiyah Allah dan sifat kuasa-Nya.Karna sesungguhnya, proses makan dari awal sampai akhir adalah murni kekuasaan Allah bukan atas kemauan kita.


Makna Doa Sesudah Makan


  • Dari kalimat “Alhamdu lillahhil-ladzi” (اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ)

yang artinya ucapan pujian kepada Allah. Bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, karena semua hidangan dan proses makan bisa terjadi atas kuasa dan ijin Allah.

  • Dari kalimat “Ath-amanaa wa saqaana” (اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا).

Kata ath’amana adalah bentuk fi’il madhi yang memiliki faedah ta’diyah, yang berarti, “Dia yang telah memberi makan makanan ini kepadaku,” Dia adalah Allah yang sebagai subyek dan sebagai pemberiannya.

  • Dari kalimat “waja’alanaa minal muslimiin” (مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ)

yang berarti serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.

  • Kenikmatan datangnya dari Allah

Sebagai umat muslim maka kita juga harus menyadari bahwa kenikmatan makan yang kita rasakan datangnya juga dari Allah SWT. Jadikan kenimatkan tersebut untuk mensyukuri masih diberikan keinginan untuk makan, bersyukur tidak sakit, bersyukur masih bisa menikmati makanan apapun.Membaca doa sesudah makan sebagai wujud rasa syukur kita terhadap makanan dan keberkahan yang sudah kita makan.

  • Keberkahan Makanan

Sehabis makan serta minum kemudian apa yang kita harapkan sehabis merasa cukup, tidak hanya mengucapkan syukur masih diberikan kenikmatan hingga bagaikan umat muslim kita pula wajib berharap dengan keberkahan- Nya. Apabila kita memperoleh keberkahan dari- Nya hingga hendak terus menjadi menuntun kita buat senantiasa berbuat baik. Tidak hanya itu, pula hendak mendatangkan banyak kebaikan buat diri kita sehingga doa setelah makan ini pula jadi salah satu amalan sehabis makan yang hendak mendatangkan kebaikan.Walaupun, terkesan sangatlah simpel namun janganlah kurang ingat buat mengarahkan doa tersebut semenjak kecil setelah itu mengamalkannya tiap hari.

  • Dianjurkan Menghabiskan Makanan

Sebagai wujud rasa syukur masih dapat menikmati makan hingga hendaknya habiskanlah santapan tersebut. Kenapa demikian? kita tidak sempat ketahui dimana letak keberkahan dari santapan yang dimakan tersebut. Tidak hanya itu, kala kita tidak menghabiskan santapan tersebut hingga hendak bertabiat mubadzir ataupun pemborosan.

Dengan demikian kala kita senantiasa mengingat Allah SWT hingga hendak senantiasa ingat buat menghabiskan santapan. Bagaikan umat muslim kita pula dianjurkan buat makan di dikala lapar setelah itu menyudahi saat sebelum kenyang. Oleh sebab itu, ambilah jatah santapan yang sekiranya habis sehingga tidak hendak memunculkan terdapatnya arti mubadzir pada santapan tersebut.

  • Dengan Makan Tenaga Manusia Bertambah

Ketahuilah kalau tenaga yang asalnya dari santapan ini memanglah datangnya pula dari Allah SWT. Oleh sebab itu, pahamilah kalau tiap tenaga yang terdapat dalam badan kita memanglah diwajibkan buat melaksanakan bermacam perihal yang sifatnya baik, jangan buat melaksanakan perihal kurang baik yang mendatangkan kemurkaan Allah SWT.Kala kita senantiasa berbuat baik hingga hendak mendatangkan kebaikan selanjutnya dari Allah SWT.

Dengan demikian hingga ingat senantiasa kalau tenaga yang kita miliki asalnya pula dari- Nya. Tanpa kekuasaan serta kehendak- Nya hingga kita tidak bisa mempunyai tenaga dalam badan buat melaksanakan banyak kegiatan. Jadi, janganlah kurang ingat buat senantiasa berbuat kebaikan.

Do'a Sesudah Makan : Arti dan Maknanya

  • Makan untuk Bertahan Hidup

Sebagai salah satu wujud kekuasaan Allah SWT kita masih dapat makan buat bertahan hidup, bila kita telah tidak diizinkan buat menikmati santapan hingga tidak dapat bertahan hidup. Dengan demikian hingga jadiah umat yang senantiasa menyadari wujud kekuasaan- Nya serta kehendak- Nya sehingga kita masih diberikan kenikmatan buat makan yang membuat kita bisa bertahan hidup.

Jadilah umat islam yang senantiasa menyadari wujud kekuasaan- Nya. Salah satu triknya bisa dicoba dengan membaca doa setelah makan yang maknanya pula sangatlah baik buat memperoleh kebaikan- Nya.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Do’a Sesudah Makan , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.