Do’a Sebelum Makan : Do’a Utama dan Do’a Paling di Kenal Beserta Maknanya

Do’a Sebelum Makan : Do’a Utama dan Do’a Paling di Kenal Beserta Maknanya – Apa bacaan Do’a paling shahih yang di baca sebelum makan ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Do’a sebelum makan dan hal-hal tentangnya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Do’a Sebelum Makan : Do’a Utama dan Do’a Paling di Kenal Beserta Maknanya


Nabi Muhammad pernah menjelaskan:

“Sesungguhnya, hati itu akan merasa tenang terhadap yang halal dan tidak akan tenang terhadap yang haram.”(HR.Thabrani).

Hadits di atas memberi pengarahan kepada kita bahwa makanan yang halal akan menimbulkan ketenangan hati dan batin kita.Dan sebaliknya, makanan yang haram atau yang diperoleh dengan cara yang haram akan mengakibatkan keresahan, kecemasan, dan kegelisahan.

Begitulah, makanan memiliki andil yang sangat besar dalam kehidupan fisik kita, tapi ia juga berpengaruh terhadap sikap mental dan kepribadian diri kita.

Fakta ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa makanan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap tubuh, jiwa, emosi, dan akal. Karena itu, sudah semestinya jika kita menaruh perhatian yang besar terhadap masalah makanan ini.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Abasa ayat 24:

فَلۡیَنۡظُرِ الۡاِنۡسَانُ اِلٰی طَعَامِہٖۤ

Artinya:

“Maka, seharusnya manusia memerhatikan makanannya.” (QS. Abasa ayat 24).


Doa Utama Sebelum Makan


Doa sebelum makan yang paling singkat sekaligus paling shahih adalah membaca basmalah. Yakni membaca “Bismillah”

Doa ini bersumber dari sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa menyebut nama-Nya di awal, hendaklah ia membaca, “Bismillahi awwaluhu wa akhirahu” (dengan menyebut nama Allah pada permulaan dan penghabisan makan). (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits hasan shahih)

Keutamaan doa sebelum makan ini, setan akan menjauh dan tidak ikut makan bersamanya. Maka manfaatnya, makanannya menjadi lebih barakah baik untuk ibadah maupun untuk beraktifitas positif lainnya.

Dengan bacaan basmalah ini, kita akan terhindar dari gangguan dan keikutsertaan setan dalam proses makan kita, sebagaimana yang diterangkan dalam sebuah hadits.

“Dan, ketika ia tidak menyebut nama Allah saat makannya, setan berkata,”Kalian mendapatkan tempat menginap dan makan malam.” (HR.Ahmad, Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Setan benar-benar ikut makan Bersama kita dalam makanan yang kita makan, sebagaimana dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad.

“Sesungguhnya setan bisa makan jika tidak disebut nama Allah Swt. padanya (makanan itu). ”(HR.AHhmad, Muslim, Abu Dawud dan Nasa’i).

Dengan membuka peluang makan bagi setan, maka telah membuka jalan setan

“Sesungguhnya, setan itu berjalan dalam tubuh manusia mengikuti jalan peredaran darahnya.” (HR.Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

“Dampak lainnya, makanan yang tidak disebut nama Allah di dalamnya, maka sesungguhnya ia adalah penyakit, dan tidak ada keberkahan di dalamnya.” (HR.Dailami dan Ibnu’Asakir).

Sesungguhnya, hati itu dibina dengan apa yang dimakan. Kalau zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuh membentuk hati kita itu bersih dan disinari cahaya Illahi, maka hati kita juga akan bersih dan bersinar.

Sebaliknya, kalua zat-zat makanan yang masuk ke dalam tubuh dan membentuk hati kita itu kotor dan berpenyakit, maka hati kita pun juga ikut kotor, berpenyakit, dan gelap.

Inilah pentingnya bacaan bismillaah saat makan. Disamping menghalang setan untuk bisa turut makan, juga untuk menghasilkan keberkahan makanan yang kita makan.


Doa Sebelum Makan Paling di Kenal


Doa sebelum makan lainnya yang lebih populer di masyarakat bersumber dari hadits riwayat Malik dan Ibnu Syaibah. Yakni doa yang berbunyi:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

(Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar)

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka

Dalam riwayat Ibnu Sunni, sebagaimana dicantumkan Imam Nawawi dalam Al Adzkar, ada tambahan bismillah sehingga menjadi:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ بِسْمِ اللَّهِ

(Alloohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar. Bismillah)

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dalam apa-apa yang Engkau rezekikan kepada kami dan hindarkan kami dari siksa neraka. Dengan menyebut nama Allah.

Dengan doa ini, kita minta keberkahan makanan yang kita makan. Minta keberkahan dalam apa yang telah Allah rezekikan. Juga minta perlindungan dari siksa neraka, karena betapa banyak orang masuk neraka karena mulutnya. Baik karena apa yang ia makan maupun karena apa yang ia ucapkan.

Do'a Sebelum Makan : Do'a Utama dan Do'a Paling di Kenal Beserta Maknanya

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengajarkan doa-doa agar kita selalu terhubung denganNya. Selalu bergantung kepadaNya dan juga senantiasa berharap kepadaNya. Dan setiap doa akan dikabulkanNya. “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu,” firman Allah dalam Surat Al Baqarah ayat 186.

Allah menyukai hamba-hambanya yang banyak berdoa. Karenanya Dia ajarkan doa doa untuk setiap aktifitas dan setiap kesempatan. Justru saat seorang hamba tak mau berdoa, sesungguhnya itu adalah bentuk kesombongan nyata yang akan berakhir di neraka.

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Al Mu’min: 60)

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Do’a Sebelum Makan , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi