Ma Fi Qalbi Ghairullah : Pengertian dan Maknanya

Ma Fi Qalbi Ghairullah : Pengertian dan Maknanya – Apa arti kalimat arab Ma Fi Qalbi Ghairullah? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Ma Fi Qalbi Ghairullah : Pengertian dan Maknanya

Tentunya kalian pernah mendengar kalimat Ma fi qalbi ghairullah bukan? Jika pengucapan Arab lainnya (seperti La Tahzan Innallaha Ma’ana, Allahumma Yassir Wala Tu’assir dan pengucapan lainnya), kalimat tersebut tidak terlalu populer.

Namun jika diperhatikan kalimat terakhir yang berbunyi “ghairullah”, makna yang terkandung dalam kata tersebut berarti harapan kepada Allah SWT. Kalimat atau kata Ma fi qalbi ghairullah merupakan ucapan yang ber bahasa Arab yang memliki arti yakni:

مَافِي قَلْبِي غَيْرُ الله

”Tiada didalam hatiku selain Allah”.

Kalimat ini adalah semacam pengakuan diri dari ketekunan batin, yang selalu bisa mengingat Allah.

Jadi dengan seseorang mengucapkan kalimta ini akan membuat seseorang dapat membuang hati selain Allah dan hatinya berharap hanya ada Allah.

Jadi dengan membaca atau mengamalkan pengajian ini akan membuat anda selalu bersandar kepada Allah SWT. Kalimat ini merupakan bentuk ketetapan hamba untuk selalu mengingat dan berharap yang ada hanya Allah Subhanahu wa Taala.

Setelah menyadari bahwa “Allah cukup di dalam hatinya”, hati orang tersebut akan diperkuat dari apa pun yang dapat diabaikan dari ingatan Allah, dan dia harus selalu mengingat ini.

Pengertian Ma Fi Qalbi Ghairullah

Kalimat Ma fi qalbi ghairullah ini adalah kalimat yang berasal dari bahasa Arab, Kalimat tersebut terdiri atas 5 kata, diantaranya adalah sebagai berikut:

Kata: Ma (مَا)”, “
Kata: Fii (فِي)”, “
Kata: Qalbi (قَلْبِي)”
Kata: Ghairu (غَيْرُ)”
Lafadz: Allah (الله)”.

Jika digabung menjadi kalimat yang bagus yaitu Ma Fi Qalbi Ghairullah yang artinya “tidak ada apa-apa di hatiku selain Allah,“ tidak ada di dalam hatiku kecuali Allah atau cukup Allah di hatiku ”.

Dari makna ma fi qalbi ghairullah yang telah dijelaskan di atas, tentunya sangat membantu kita dalam memahami maksud dari pernyataan tersebut.

Tentunya kalimat ini bukan hanya penegasan dan pengecualian kepada Allah, tetapi juga penegasan dan pengecualian kepada Allah di dalam hati. Namun jangan sampai salah mengartikan makna dari kata ‘hati’ dalam kalimat tersebut.

Makna dari kata “hati” di sana bisa dimaknai sebagai keyakinan yang tentunya diucapkan atau ada kaitannya dengan orang yang bisa mengerti sendiri, bukan berarti ada di dalam hati, karena Allah tidak mempunyai tempat. Seperti Sayyidina Ali RA pernah berkata, yaitu:

كان الله ولا مكان وهوالان على ما كان بلا مكان
Artinya : Allah telah ada sebelum adanya tempat, dan sekarang Allah tetap seperti sedia kala, tanpa tempat.

Penjelasan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Penjelasan dari ma fi qalbi ghairullah merupakan pengakuan seorang hamba yang tidak ada di dalam hatinya kecuali Allah sebagai Tuhannya.

Umat Islam wajib mengucapkan dan mengamalkan apa yang dimaksud dengan kalimat ini dalam kehidupan sehari-hari. Karena godaan di dunia ini tidak akan pernah berhenti menggoda umat manusia. Godaan ini terkadang menyebabkan hati manusia melupakan Allah SWT.

Oleh karena itu dengan mengucapkan ma fi qalbi ghairullah kita akan membuang segala sesuatu yang akan membuat kita melupakan Allah SWT. Jika kita sebagai muslim mampu mempraktekkan ini. Maka dengan adanya ma fi qalbi ghairullah ini insyaAllah kita akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT.

Allah SWT menyukai hamba yang selalu mengingat-Nya. Allah SWT akan memberikan pahala kepada hamba-Nya yang tidak pernah melupakan kebesaran Allah SWT. InsyaAllah dengan sering mengamalkan kalimat ini maka hati kita akan dipenuhi rasa iba dan akan menerima cinta Allah SWT.

Makna Ma Fi Qalbi Ghairullah

Pernyataan atau ungkapan ma fi qalbi ghairullah ini memiliki makna yaitu penegasan keimanan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Muslim yang mengaku beriman kepada Allah SWT adalah Muslim yang selalu mengutamakan Allah dalam aktivitas kesehariannya.

Muslim harus setuju atau istiqomah dengan pernyataan ini, pertama-tama ucapkan kalimat batin, dan kemudian menyadari arti dan maknanya melalui praktik.

Pengucapan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Bagi seorang hamba yang ingin mendekatkan diri kepada Allah, ucapan ini mengandung makna penegasan bahwa segala sesuatu di dunia ini yang bergerak dan diam yang ada di alam semesta ini adalah campur tangan Tuhan.

“Allah akan selalu ada dalam kehidupan kita sehari-hari, baik dalam melakukan sesuatu maupun juga hal lain.”

Karena kalimat ini adalah tanda keimanan, kita harus mewujudkan atau mempraktikkannya dalam tindakan.

Waktu Penggunaan

Kita bisa mengucapkan kalimat ini dalam jangka waktu tertentu. Berikut ini adalah beberapa dari contoh situasi di mana ucapan ma fi qalbi ghairullah digunakan, diantaranya sebagagi berikut:

  • Ketika seorang teman mengajak Anda untuk melakukan maksiat, agar Anda tidak mudah tergiur dengan ajakan ini, segera ucapkan kepada diri Anda sendiri ma fi qalbi ghairullah.
  • Ketika ada peluang untuk korupsi, yang kemungkinan besar tidak akan diketahui oleh siapa pun, kami segera melawan perasaan itu dengan mengucapkan ma fi qalbi ghairullah.
  • Ketika ada wanita cantik dan menggoda di depan kita, agar hati kita tidak condong padanya, maka segera ucapkan ma fi qalbi ghairullah.

Ma Fi Qalbi Ghairullah : Pengertian dan Maknanya

Makna Kandungan Ma Fi Qalbi Ghairullah

Terlepas dari makna dan makna yang telah dijelaskan di atas, ma fi qalbi ghairullah memiliki beberapa ramuan luar biasa yang akan didapatkan oleh setiap muslim yang selalu mengamalkannya.

Berikut ini merupakan beberapa isi dari kalimat ma fi qalbi ghairullah yang telah kami rangkum, diantaranya sebagai berikut:

  1. Seorang muslim yang selalu mengamalkan kalimat ini akan selalu mengingat Allah SWT
  2. Keyakinannya kepada Allah akan semakin kuat
  3. Bentengi hatimu atau dirimu dari berbagai hal selain Allah SWT
  4. Tak mudah hatinya untuk melakukan maksiat

Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah Swt

Rasa ma fi qalbi ghairullah bisa kita tanamkan dalam hati kita dengan berbagai cara. Nah berikut ini merupakan beberapa tips agar Anda bisa merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Berikut ini adlah tips-tipsnya:

  1. Mendirikan Sholat
  2.  Membaca Al Quran
  3. Selalu bersyukur
  4. Selalu berprasangka kepada Tuhan
  5. Kesabaran dan selalu ikhtiar
  6. Tawakal kepada Allah
  7. Selalu ingat dengan kematian dan jangan tergiur dengan dunia
  8. Berdzikir dan amalan sunnah
  9. Utamakan cinta kepada Allah SWT
  10.  Selalu berkumpul dengan orang-orang saleh

Melalui tips yang telah di sajikan di atas, insyaAllah kita akan bisa menanamkan rasa ma fi qalbi ghairullah di dalam hati kita.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Ma Fi Qalbi Ghairullah, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.