Doa Masuk Rumah : Adab Keluar Masuk Rumah, Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya

Doa Masuk Rumah : Adab Keluar Masuk Rumah, Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya – Bagaimana Bacaan Do’a Masuk dan Keluar Rumah yang dianjurkan dalam Islam ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang  Bacaan Do’a Masuk dan Keluar Rumah dan Keutamaannya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Doa Masuk Rumah : Adab Keluar Masuk Rumah, Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya


Dalam ajaran agama Islam, seorang mukmin dianjurkan untuk berdoa setiap saat. Mulai dari bangun tidur, makan, ke kamar mandi. Dalam semua kondisi dan keadaan terdapat doa-doa yang bisa diamalkan. Salah satu diantaranya terdapat doa masuk dan keluar rumah. Manusia tak pernah lepas dari bahaya, Bahkan di rumah sekalipun. Sehingga dianjurkan bagi seorang mukmin untuk membaca doa masuk rumah ketika memasuki rumah.

Dianjurkan mengucapkan salam ketika mau masuk rumah. Dengan mengucapkan salam akan membuat penghuni rumah yang ada di dalam rumah tahu kalau ada orang yang ada di luar.Selain mengucapkan salam bisa juga memberi isyarat dengan berdehem atau membuat suara dengan sandal atau sepatunya.

Imam Ahmad berkata, “Jika seorang laki-laki ingin masuk ke rumahnya, maka dianjurkan baginya berdehem atau mengentakkan sandalnya atau alas kakinya.”Dengan mengucapkan salam tujuannya untuk saling mendoakan dan menyebarkan kasih sayang di dalam rumah, menambah keakraban antara seseorang dengan keluarganya serta mendapatkan keberkahan dan jaminan Allah.

Selain itu sunnah baginya pula membaca doa masuk rumah berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

Allâhumma innî as’aluka khairal mauliji wa khairal makhraji bismillâhi walajnâ wa bismillâhi kharajnâ wa ‘ala-Llâhi rabbinâ tawakkalnâ

Artinya : “Duhai Allah, aku memohon sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar. Atas nama-Mu kami masuk dan atas nama-Mu kami keluar. Dan kepada Allah Tuhan kamilah kami bertawakal.” (Lihat: Muhyiddin Abi Zakariya Yahya ibn Syaraf an-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Al-Hidayah, Surabaya)

Adab Masuk Rumah

Terdapat beberapa adab yang baik dilakukan ketika hendak masuk rumah, diantaranya yaitu:

  • Mengetuk pintu terlebih dahulu
  • Mengucapkan salam
  • Membaca doa masuk rumah
  • Masuk dengan mendahulukan kaki kanan

Keutamaan Doa Masuk Rumah

Sesuai dengan ajaran islam, seorang mukmin dianjurkan untuk berdoa setiap saat. Hal ini berlandaskan atas kebaikan dan kebermanfaatan bagi seorang mukmin. Berikut beberapa keutamaan dan hikmah membaca doa masuk rumah.

  • Mendapat Keberkahan

Allah berfirman dalam surat An-Nur ayat 61:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Artinya : “Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS. An Nur: 61).

Selain dalam Al-Qur’an, diriwayatkan keberkahan doa masuk rumah pada suatu hadits yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik –radhiyallahu ‘anhu-, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata padanya,

يَا بُنَىَّ إِذَا دَخَلْتَ عَلَى أَهْلِكَ فَسَلِّمْ يَكُونُ بَرَكَةً عَلَيْكَ وَعَلَى أَهْلِ بَيْتِكَ

Artinya : “Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu.” (HR. Tirmidzi no. 2698. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Namun Syaikh Al Albani merujuk pendapatnya dan menshahihkan hadits ini dalam Shohih Al Kalim 47).

  • Terhindar dari gangguan setan

Melalui Jabir bin ‘Abdillah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Baca juga: Doa untuk Orang Meninggal (Laki-laki dan Perempuan) + Artinya Lengkap

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya : “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim no. 2018).

  • Terlindung dari segala mara bahaya

Dalam suatu hadits diriwayatkan sebagai berikut:

عَنْ أَبِى مَالِكٍ الأَشْعَرِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِذَا وَلَجَ الرَّجُلُ فِى بَيْتِهِ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا ثُمَّ لْيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

Artinya : “Dari Abu Malik Al Asy’ari, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka ucapkanlah ‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal). Lalu hendaklah mengucapkan salam pada keluarganya.” (HR. Abu Daud no. 5096. Al Hafizh Abu Thohir).


Doa Keluar Rumah

Berikut adalah 3 sunnah ketika akan keluar rumah

  • Lakukanlah sholat dua rakaat sebelum keluar rumah

Dengan melakukan sholat sunnah dua rakaat termasuk perbuatan yang dapat membuat Anda terhindar dari kecemasan, kesulitan dan bencana.

Hal ini berdasarkan kata-kata nabi:

“Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan sholat dua rakaat, maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, lakukalah sholat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari keburukan dan masalah di dalam.” HR. Al-Bazzar dalam sunannya

  • Membaca doa keluar rumah

Berikut bacaan doa keluar dari rumah yang disunnahkan oleh rossul.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya“Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

  • Mengangkat pandangan ke langit ketika membaca doa keluar rumah

Selain menbaca doa, nabi juga menganjurkan jika akan keluar rumah terlebih dahulu memandang ke langit dan membaca doa berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

  • Keluar rumah dengan kaki kanan terlebih dahulu

Setelah selesai membaca doa keluar rumah sesuai sunnah rossul dianjurkan dengan mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu. Karena kaki kanan untuk melakukan segala urusan yang baik termasuk petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ketika seseorang keluar rumah, maka dia akan keluar dari daerah amannya. Selain itu berdoa ketika keluar rumah merupakan suatu permohonan perlindungan atas segala mara bahaya. Bahaya godaan setan, bencana, kejahatan manusia dan sebagainya

Nabi Sallallahu ‘alaihi wa Sallam mengajarkan kepada umatnya tentang adab, dzikir dan doa. Termasuk doa ketika keluar rumah atau ketika kembali kerumah sebagai rasa syukur telah kembali dengan selamat.


Adab Keluar Rumah

Terdapat beberapa adab yang dapat dilakukan ketika akan keluar rumah, diantaranya sebagai berikut:

  • Sholat dua rakaat sebelum keluar rumah
  • Membaca doa keluar rumah
  • Mengangkat pandangan ke atas ketika membaca doa keluar rumah
  • Keluar rumah dengan kaki kanan lebih dahulu

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Serupa dengan keutamaan doa masuk rumah. Doa keluar rumah terdapat beberapa hikmah yang didapat sebagai berikut:

  • Terlindung dari ancaman bahaya diluar rumah

Al-Munawi menukil satu penjelasan yang sangat indah dari Ath-Thibi tentang doa ini,

فإذ استعاذ العبد بالله باسمه المبارك فإنه يهديه ويرشده ويعينه في الأمور الدينية وإذا توكل على الله وفوض أمره إليه كفاه فيكون حسبه {ومن يتوكل على الله فهو حسبه} ومن قال لا حول ولا قوة إلا بالله كفاه الله شر الشيطان

Artinya : “Apabila seorang hamba memohon perlindungan kepada Allah melalui nama-Nya yang penuh berkah, maka Allah akan memberinya petunjuk, membimbingnya, dan menolongnya untuk dimudahkan dalam urusan agama. Apabila seorang bertawakal kepada Allah dan menyerahkan urusannya kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya. Dan karunia Allah yang mencukupinya, sebagaimana di ayat (yang artinya), ’Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Dia akan mencukupinya.’ Sementara orang yang membaca laa quwwata illaa billaah,Allah akan lindungi dia dari kejahatan setan.”(Faidhul Qadir, Al-Munawi, 5:123)

Doa Masuk Rumah : Adab Keluar Masuk Rumah, Doa Keluar Rumah dan Keutamaannya

  • Mendapat petunjuk-Nya

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

Artinya : Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’

(HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani)

  • Mendapat rezeki yang tidak terduga

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

  • Allah mencukupi kebutuhan

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ

Artinya: “Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (segala keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya” (QS ath-Thalaaq: 3).

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Do’a Masuk Rumah , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi