Bronkiolus : Pengertian, Fungsi, Struktur, Karakteristik Dan Kesimpulan

Bronkiolus : Pengertian, Fungsi, Struktur, Karakteristik Dan Kesimpulan – Apakah yang di maksud Bronkiolus? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa yang dimaksud Bronkiolus dan unsur – unsur lain tentangnya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Bronkiolus : Pengertian, Fungsi, Struktur, Karakteristik Dan Kesimpulan

Sistem respirasi dibagi ke dalam beberapa organ dengan melakukan fungsinya bagian – bagian. Salah satu bagian dari sistem respirasi yang mempunyai peranan penting merupakan bronkus serta bronkiolus. Nampaknya mirip, tetapi nyatanya guna bronkus serta bronkiolus ini berbeda.

Skoliosis Dapat menimbulkan Kendala Respirasi pada Anak Tidak hanya mengganggu Sistem Respirasi, Mengisap Vape Dapat Mengganggu Gigi Nafas Anak Mengi, Nyatanya Terdapat Potongan Terompet di Saluran Pernapasan Bronkus serta bronkiolus ialah 2 jenis struktur tubular yang terhubung saat sebelum alveoli di saluran respirasi. Perbandingan utama antara bronkus serta bronkiolus merupakan struktur serta fungsinya.

Fungsi bronkus serta bronkiolus ini berbeda, dimana bronkus melakukan, menghangatkan, serta mensterilkan udara di saluran respirasi. Sebaliknya bronkiolus berperan sebagai konduksi dan peryikaran gas. Sebab fungsi bronkus serta bronkiolus sangat berfungsi penting dalam sistem respirasi baik manusia ataupun hewan dengan paru – paru, sehingga berarti untuk melindungi kesehatannya.


Pengertian Bronkiolus

Bronkiolus ialah saluran udara kecil yang mengirimkan udara ke bagian dalam suatu dinding paru – paru yang dimana alveoli membolehkan oksigen yang akan diserap oleh sel – sel darah serta mengisi darah dengan oksigen buat ditransfer ke seluruh tubuh.

Bronki ataupun bronkus ialah tempat di mana udara merambah paru – paru yang dikirim ke bagian paru – paru. Yang salah satu bagian halus, berdinding tipis, ekstensi tubular dari bronkus yang ialah bronkiolus yang tidak lagi memiliki tulang rawan.


Fungsi Bronkiolus Dalam Sistem Pernapasan

Bronkiolus merupakan cabang dari bronkus yang yaitu jalan udara utama di paru – paru. Udara yang Kamu hisap dikala bernapas, akan masuk ke paru – paru lewat bronkus. Tetapi, supaya udara ini dapat menyebar menyeluruh ke jaringan di paru – paru, dibutuhkan saluran yang lebih kecil lagi. Di sinilah fungsi bronkiolus mulai berjalan. Udara yang masuk ke bronkus, akan diteruskan ke bronkiolus, buat dapat mengarah ke alveolus.

Baca Juga:  Teknik Dasar Sepak Bola

Alveolus merupakan kantung udara yang jadi tempat pengolahan udara. Di organ ini, udara kotor ataupun karbondioksida sisa proses respirasi, akan diganti dengan oksigen bersih yang baru dihirup. Udara yang melalui di bronkiolus, akan diatur intensitasnya oleh mekanisme dilatasi serta kontraksi ataupun sistem buka – tutup. Bronkiolus mempunyai jaringan otot halus yang hendak membuka serta menutup saluran bronkiolus, kapanpun diperlukan.


Struktur Bronkiolus

Paru – paru memanglah penuh dengan struktur yang bercabang, tidak terkecuali bronkiolus. Walaupun ukurannya tidak besar, bronkiolus masih dibagi lagi jadi 3 jenis, yang masing – masingnya mempunyai dimensi berbeda, yaitu :

  • Bronkiolus lobular, sebagai bagian terbesar
  • Bronkiolus halte, sebagai tempat transitnya udara
  • Bronkiolus respiratori, yang membawakan udara langsung ke alveolus
  • Bronkiolus lobular serta halte, juga diketahui sebagai ruang hampa, karena di kedua bagian ini tidak terjadi proses pertukaran udara. Dengan seluruh bagian serta fungsinya yang lumayan rumit, bronkiolus nyatanya berdimensi sangat – sangat kecil, dengan besar diameter cuma 0,5-1 milimeter.

Bronkiolus : Pengertian, Fungsi, Struktur, Karakteristik Dan Kesimpulan


Penyakit akibat kendala pada bronkiolus

Sama beberapa bagian paru – paru yang lain, bronkiolus pula dapat menghadapi bermacam kendala, seperti:

  • Bronkokonstriksi ataupun penyempitan saluran napas

Jaringan otot halus di bronkiolus yang membolehkan organ ini membuka serta menutup cocok kebutuhan, rentan terhadap pengaruh area. Sehingga, pada keadaan tertentu, bagian ini dapat berkontraksi sangat kencang. Apalagi, pada sebagian permasalahan, saluran nafas ini menyempit secara permanen. Keadaan ini disebut sebagai bronkokonstriksi serta dapat menimbulkan kesusahan bernapas. Faktor yang merangsang timbulnya keadaan ini antara lain merupakan asap rokok, asap beracun, udara dingin, serta pemicu alergi semacam debu.

  • Bronkiolitis

Bronkiolitis merupakan keadaan peradangan pada bronkiolus serta kerap terjalin pada anak berumur 3 – 6 bulan. Kemunculannya dapat dipicu oleh virus, salah satunya virus influenza. Untuk menanggulangi bronkiolitis, yang butuh dicoba merupakan meredakan gejalanya. Pada keadaan yang parah, pemberian perlengkapan bantu nafas ataupun ventilator bisa jadi pula dibutuhkan.

  • Asma

Pemicu sangat umum timbulnya asma merupakan alergen ataupun pemicu alergi, di udara. Disaat alergen tersebut masuk ke bronkiolus, sel pertahanan badan akan menghasilkan sesuatu zat yang membuat jaringan otot halus di bronkiolus menyempit, untuk menghindari alergen tersebut masuk lebih jauh. Tetapi, penyempitan inilah yang menimbulkan timbulnya indikasi semacam sesak nafas. Untuk mengobatinya, dokter akan meresepkan obat untuk melebarkan saluran nafas serta mernghindari alergen penyebabnya.

  • Bronkiolitis obliterans

Keadaan di atas merupakan penyakit sangat jarang. Disaat terjadi, penyakit ini umumnya melanda orang berusia. Bronkiolitis obliterans dapat timbul dikala bronkiolus terluka, sehingga membuat orang yang mengalaminya kesusahan bernapas. Pemicu penyakit ini lumayan bermacam – macam, semacam terserang paparan asap beracun, peradangan virus, transplantasi organ, sampai rheumatoid artritis ataupun rematik.

Baca Juga:  Fungsi Esofagus : Pengertian Esofagus, Struktur dan Bagian-Bagiannya

Keadaan ini tidak dapat dipulihkan, sehingga perawatan yang diberikan cuma seputar pengobatan dengan pemberian oksigen serta obat steroid. Apalagi, pada permasalahan yang parah, transplantasi paru – paru bisa jadi diperlukan. Tubuh kita telah tersusun sedemikian rupa sehingga organ sekecil apapun, mempunyai fungsinya tertentu serta berarti untuk keberlangsungan hidup manusia. Sebab itu, senantiasa jaga kesehatan paru – paru Kamu, dengan menjauhi kerutinan merokok serta teratur olahraga.


Ciri Bronkiolus

Ciri Bronkiolus itu sendiri merupakan suatu percabangan dari bronkus pada trakea yang bisa yaitu dari ujung bronkus sehingga tidak didukung tulang yang rawan seperti semacam bronkus. Sehingga Ciri Bronkiolus sebagai berbatasan secara langsung dengan alveoli sehingga ada juga pada dengan mempunyai fungsi yang begitu penting.

Bronkiolus sendiri memilik fungsi serta berfungsi untuk menolong proses respirasi pada badan manusia serta hewan dengan demikianlah bernapas bisa di jalani secara efisien dengan memakai jaringan pada paru – paru. Apabila tidak terdapat bronkiolus bisa menghadapi sebagian kendala dengan kehancuran pada tubuh manusia yang akan tidak bisa di proses sehingga respirasi manusia akan tersendat.


Kesimpulan

Fungsi utama dari bronkiolus sebagai perlengkapan yang bisa menyalurkan udara pada alveoli serta bisa pula mengendalikan jumlah udara yang hendak didistribusikan. Dengan demikian campuran dari alveoli itu akan agar permukaan dengan terdapatnya pertukaran gas dengan metode percabangan udara ke alveoli sehingga bisa mengoptimalkan tubuh untuk dengan tingkatkan pertukaran oksigen serta gas udara. Bronkiolus pula berperan sebagai proses dari sistem yang akan di hasilkan secara menghubungkan pada udara dengan pertukaran oksigen secara langsung.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Bronkiolus, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.