√ Pengertian Mind Mapping, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya

Pengertian Mind Mapping, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Mind Mapping. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian mind mapping, jenis, contoh serta cara membuatnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya silahakan simak artikel berikut ini.

Pengertian Mind Mapping, Jenis, Contoh & Cara Membuatnya

Berbicara tentang Mind Mapping, tentu Anda sudah sering mendengarnya kan?  Namun apakah Anda sudah tahu apa arti Mind Mapping tersebut? Dibawah ini adalah penjelasan dari mind mapping.

Pengertian Mind Mapping

Mind mapping adalah sebuah metode untuk mengelola informasi secara keseluruhan melalui pemetaan peta pikiran berbetuk percabangan yang dituangkan langsung kedalam media tulis (baik kertas maupun digital).

Mind mapping pada umumnya berupa suatu percabangan dari bagan-bagan. Manfaat dari metode pencatatan menggunakan mind mipping terebut diantaranya yaitu untuk mempermudah proses pengingatan, mempercepat proses pencatatan karena hanya menggunakan kata kunci. Mudahnya Anda mengingat suatu informasi utama karena tema utama terdefinisi dengan jelas di tengah.

Jenis-Jenis  Mind Mapping

Berikut ini beberapa jenis mind mapping, antara lain yaitu:

Mind Map Silabus

Mind mapping silabus atau mind map makro merupakan jenis mind mapping yang membantu memberikan gambaran tentang apa yang dipelajari dan biasanya mind mapping ini dibuat dengan ukuran besar dan ditempel di dinding.

Pengertian Mind Mapping Jenis Contoh dan Cara Membuatnya

Mind Map Bab

Mind Mapping bab adalah mind mapping yang dibuat berdasarkan rangkaian bab yang telah dipelajari, namun harus diringkas poin penting atau garis besarnya saja untuk mudah mengingatnya.

Mind Map Paragraf

Mind mapping paragraf yaitu mind mapping yang dapat memberikan informasi secara lengkap karena selain bisa melihat ringkasan dari setiap bab dan juga bisa mengetahui detail penjelasannya. Nah, keuntungan mengguanakan mind mapping paragraf tersebut adalah Mind map ini dapat dibuat di buku teks kecil.

Cara Membuat Mind Mapping yang Menarik

Seperti yang Anda ketahui, Mind map merupakan media berpikir kreatif yang mencerminkan cara kerja otak secara alami. Mind map memungkinkan otak untuk menggunakan semua gambar dan asosiasi dalam pola radial dan jaringan sebagaimana otak dirancang.

Berikut adalah beberapa hal yang penting dalam membuat Mind Mapping, diantaranya:

  • Pastikan tema utama terletak ditengah-tengah. Memang hal ini tidak mutlak, tetapi untuk memudahkan Anda untuk membuat banyak percabangan akan lebih baik jika mind map berinti di tengah.
  • Dari tema utama, akan muncul tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.
  • Cari hubungan antara setiap tema dan tandai dengan garis, warna atau simbol gambar
  • Gunakan variasi huruf besar maupun huruf kecil
  • Buatlah tulisan ataupun simbol gambar dengan warna yang beragam
  • Jangan langsung membuat mind map di kertas yang digunakan untuk menggambar, draft peta pikiran terlebih dahulu dikertas buram
  • Rencanakan tempat peletakan bagan-bagan dan percabangan dengan sebaik-baiknya
Baca Juga:  √ Teori Stilistika Dalam Analisis Karya Sastra (Pembahasan Lengkap)

Cara Membuat Mind Mapping

Untuk lebih jelasnya untuk cara membuat mind mapping, yaitu:

  • Dalam membuat Mind Mapping, Anda bisa memulainya dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar. Memulai dari tengah memberi kebebasan kepada otak untuk berkreasi menjabarkan peta pikiran
  • Gunakan gambar atau foto untuk ide sentral. Sebuah gambar bermakna seribu kata dan membantu Anda menggunakan imajinasi. Sebuah gambar sentral akan lebih menarik. Dengan demikian, Anda tetap terfokus, membantu Anda berkonsentrasi, dan mengaktifkan otak Anda.
  • Gunakan warna. Bagi otak, warna sama menariknya dengan gambar. Warna membuat peta pikiran lebih hidup, menambah energi kepada pemikiran kreatif, dan menyenangkan.
  • Agar map mapping yang Anda buat hasilnya lebih maksimal, maka Anda perlu menghubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat. Setiap cabang utama bisa dibuat percabangan lagi sesuai dengan konsep yang dibahas. Bila Anda menghubungkan cabang-cabang, Anda akan lebih mudah mengerti dan mengingat.
  • Kemudian dalam membut mind mapping tersebut, maka lebih baik Anda membuatnya dengan garis hubung yang melengkung, bukan garis lurus. Mengapa? Karena garis lurus akan membosankan otak. Cabang-cabang yang melengkung dan organis, seperti cabang-cabang pohon, jauh lebih menarik bagi mata.
  • Dalam membuat Mind Mapping yang kreatif tersebut Anda perlu menggunakan satu kata kunci untuk setiap garis. Mengapa? Kata kunci tunggal memberi lebih banyak daya dan fleksibilitas pada peta pikiran. Jika Anda menggunakan kata tunggal dalam mind mapping, setiap kata ini akan lebih bebas dan karenanya lebih bisa memicu ide dan pikiran baru.
  • Dakam membuat mind mapping Anda tentu perlu menggunakan gambar. Mengapa? Seperti gambar sentral, setiap gambar bermakna seribu kata. Jadi, bila Anda hanya mempunyai sepuluh gambar di dalam peta pikiran Anda artinya peta pikiran Anda sudah setara dengan 10.000 kata catatan.

Beberapa Contoh Mind Map Unik

Menurut sang pengembang, Tony Buzan, mind mapping merupakan suatu teknik mencatat yang menonjolkan sisi kreatifitas sehingga efektif dalam memetakan pikiran. Berikut ini beberapa contoh mind mapping unik yang pernah dibuat.

  • Mind Mapping unik pertama tersebut yaitu Brain Fucntions (Fungsi-fungsi Otak) yang dibuat oleh Paul Foreman:
  • Creativity Tips (Tips-tips Kreatifitas) oleh Tony Buzan
  • Habit Transformation (Transformasi Kebiasaan) oleh Adam Sicinski
  • Procrastination Buster (Pembuang Penundaan) oleh Jane Genovese
  • Work Smart (Kerja Cerdas) oleh Thum Cheng Cheong
  • Creative Intelligence (Kecerdasan Kreatif) oleh Emiily Burton
  • Dreams (Mimpi-mimpi) oleh Thum Cheng Cheong

Cara Membuat Contoh Bagan Mind Map

Perlu Anda ketahui, untuk membuat contoh bagan mind map itu tidak sulit. Perlengkapan yang perlu Anda siapkan yang utama hanyalah Kertas putih bersih. Nah, untuk membuatnya kami sarankan  menggunakan kertas yang cukup lebar kira-kira ukuran A4 ya . Jangan gunakan kertas bergaris karena akan mengganggu konsep gambar yang Anda buat.

Kemudian Anda perlu menyiapkan pensil, spidol warna- warni dan yang tak kalah penting adalah Anda perlu memberdayakan kreativitas dan imajinasi Anda punya. Mind mapping bukanlah model catatan atau ringkasan yang rapi, jadi Anda sangat bebas untuk berkreasi menuangkan ide brilian Anda.

Langkah yang perlu harus Anda lakukan untuk membuat yaitu Contoh Bagan Mind Mapping, berikut penjelasannya :

  • Tulis judul di tengah-tengah kertas dan beri gambar yang sesuai untuk memudahkan mengingat judul tersebut.
  • Untuk membuat bagan mind mapping tersebut buat cabang utama terkait topik tadi misalkan apa definisi mind map, bagaimana otak bekerja, apa itu kesuksesan, latihan apa yang bisa dilakukan dan bagaimana aplikasinya.
  • Teruskan dengan membuat cabang-cabang utama lainnya dan gunakan warna berbeda.
  • Ingat beri label setiap cabang hanya dengan kata kunci saja. Semakin sedikit semakin baik. Anda mencatat bukan untuk menghafal melainkan untuk memahami dengan bahasa Anda sendiri.
  • Selanjutnya dari tiap cabang buat sub cabang untuk hal-hal yang saling berhubungan.
  • Gunakan garis-garis lengkung dan alur yang nyaman buat Anda. Tidak ada aturan khusus dalam membuat mind mapping sebab Anda-lah sang seniman.
  • Jika ada hal-hal yang berhubungan pada sub yang berbeda, Anda bisa menarik garis sebagai pengingat adanya kaitan antara kedua hal tersebut.
Baca Juga:  √ Pengertian Administrasi Kearsipan, Fungsi, Perlindungan, Penyimpanan dan Pengawetannya

Cara Membuat Mind Mapping Kreatif

Ada beberapa tips agar mind mapping lebih menarik, efektif , mudah dipahami dan menghemat waktu Anda. Temukan poin penting di tiap bab dan sub bab ketika membuat mind mapping

Nah, perlu Anda ketahui, Sebelum mulai membuat Mind Map, temukan poin penting di setiap bab dan sub bab pada buku yang And abaca. Catat poin penting tersebut dalam kertas kecil.

Misalkan dalam membuat mind mapping tersebut adalah ketika Anda akan menuliskan hal  penting dalam suatu buku tentang motivasi maka Anda harus menulis poin-poin yang ada pada buku tersebut.

Contoh lainnya jika Anda akan membuat mind mapping tentang “Menemukan Passion” Anda mendapati ada 3 Sub Judul yaitu Ingat Mimpi Besar Anda, Pertanyaan tentang Passion, Mencintai Passion

Pastikan peralatan sudah lengkap

Menyiapkan peralatan sebelum membuat mind mapping tentu sangat penting. Seperti yang Anda ketahui Peralatan yang dibutuhkan dalam membuat mind map adalah kertas gambar persegi panjang, spidol berwarna atau pensil warna dan tentunya buku yang akan Anda buat mind mapnya.

Nah, jika peralatan  mind mapping sudah siap, maka Anda sudah siap menuliskan Kalimat Utama di Tengah Kertas Anda tersebut. Dalam membuat mind mapping tersebut Anda bisa  berikan bentuk atau gambar khusus agar lebih menarik perhatian. Namun Jika Anda bukan tipe orang yang bisa menggambar, cukuplah hanya dengan menuliskannya dan buat lingkaran atau bentuk lain untuk melingkarinya.

Buat cabang untuk tiap judul

Dalam membuat mind mapping yang kreatif, Anda bisa membuat cabang untuk tiap judul terlebih dahulu. Hal tersebut tujuanya untuk memastikan ada ruang yang cukup untuk menuangkan gagasan dalam bentuk mind map.

Buat cabang sub judul pada setiap judul Mind Map

Nah jika Anda sudah membuat cabang mind mapping pada setiap judul tersebut maka buatlah cabang pada setiap judul untuk menuliskan sub judul nya ya.

Gunakan Warna Berbeda untuk Tiap Judul

Membuat warna berbeda pada setiap judul pada mind mapping yang Anda buat merupakan hal yang sangat perlu lho. hal tersebut berguna Agar memudahkan otak Anda memahami mind map dengan cepat.

Gunakan Satu Kata/Frase

Perlu Anda ingat, Setiap judul dan sub judul pada mind map haruslah dituliskan dalam 1 kata atau frase saja. Misalkan, ketika Anda kalimat berikut “Membangun Motivasi Untuk  Berbisnis” maka Anda cukup menuliskannya “Motivasi Bisnis”.

Demikian tentang Pengertian Mind Mapping, Jenis, Contoh dan Cara Membuatnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih

5.0
11