Pengertian Total Quality Management (TQM), Karakteristik & Metodenya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang total quality management. Yang meliputi pengertian total quality management, karakteristik total quality management, metode total quality management dan manfaat total quality management dengan pembahasan lengkap dan ringan dipahami.
Pengertian Total Quality Management (TQM), Karakteristik & Metodenya
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Total Quality Management (TQM)
Total Quality Management (TQM) atau bisa disebut juga dengan Manajemen Kualitas Total atau Manajemen Mutu Terpadu/Manajemen Kualitas Terpadu yaitu pendekatan manajemen terhadap suatu organisasi yang berpusat kepada kualitas menurut partisipasi seluruh anggota dan memiliki tujuan untuk kesuksessan jangka panjang dengan kepuasan pelanggan dan manfaat untuk semua anggota organisasi dan masyarakat.
Karakteristik Total Quality Management (TQM)
Goetsch dan Davis mengemukakan terdapat sepuluh karakteristik total quality managemen antara lain sebagai berikut (Tjiptono, 2003:15):
Fokus kepada konsumen
Obsesinya kepada kualitas
Pendekatan secara ilmiah
Berkomitmen dalam waktu yang panjang
Bekerja sama dengan tim
Memperbaiki dengan berkesinambungan
Pendidikan dan pelatihan
Kebebasan yang terkendali
Kesatuan tujuan
Terdapat hubungan dan pemberdayaan karyawan
Metode Total Quality Management (TQM)
Terdapat beberapa metode yang digunakan dalam total quality management, diantaranya:
Metode W. Edwards Deming
Deming telah menuliskan kesuksesan dalam memimpin revolusi di Negara Jepang yakni dengan mengenalkan pemakaian teknik pemecahan masalah dan pengendalian proses statistik (Statistical Process Control/SPC). Yang merupakan salah satu metode Deming yang terkenal adalah siklus deming (Deming Cycle).
Siklus Deming adalah model perbaikan dengan berkesinambungan yang pengembangannya dilakukan oleh W. Edward Deming yang tersusun atas empat komponen utama dengan urutan yang terkenal dengan siklus PDCA (Plan Do Check Act). Pembahasan dari masing-masing siklus PDCA diatas adalah sebagai berikut:
Pengembangan rencana perbaikan (Plan)
Pelaksanaan rencana (Do)
Pemeriksaan atau meneliti hasil yang diperoleh (Chek atau Study)
Melakukan tindakan penyesuaian jika dibutuhkan (Action)
Metode Joseph M. Juran
Juran mengartikan kualitas yaitu cocok atau sesuai untuk dipakai (Fitnes for use) yang mengandung pengertian bahwa sebuah barang atau jasa harus bisa memenuhi apa yang menjadi harapan oleh para penggunanya.
Kontribusi Jurang yang populer adalah Juran’s Basic Steps to Progress. Tiga langkah dasar ini adalah langkah yang harus dikerjakan perusahaan jika mereka hendak mencapai kualitas tingkat dunia. Jurang juga meyakini jika ada titik diminishing return dalam keterkaitan antara kualitas dan daya saing. Ketiga langkah tersebut terdiri atas sebagai berikut:
Tercapainya perbaikan struktur dengan berdasar kesinambungan yang dicampurkan dengan dediksi dan kondisi yang mendesak
Pengadaan program pelatihan yang meluas
Membantu komitme dan kepemimpinan di tingkat manajemen yang lebih tinggi
Metode Philip B. Crosby
Crosby sangat populer dengan anjuran manajemen zero defect dan pencegahan yang menentang tingkat kualitas yang bisa diterima dengan statistik (acceptable quality level), pandangan-pandangan Crosby terangkum pada ringkasan yang ia sebut dengan dalil-dalil manajemen kualitas yakni:
Pengertian kualitas adalah sama dengan persyaratan
Sistem kualitas adalah pencegahan
Kerusakan nol (zero effect) adalah standar kinerja yang wajib dipakai
Ukuran kualitas adalah price of nonconformance
Manfaat Total Quality Management (TQM)
Manfaat penerapan total quality management (TQM) untuk peruasahaan atau organisasi menurut Hessel dalam Nasution (2005:366) adalah:
Proses desain produk menjadi lebih efektif yang akan mempengaruhi kinerja kuailtas yakni keandalan produk, product features dan serviceability
Penyimpangan yang bisa dihindari pada proses produksi menjadikan produk yang dihasilkan sesuai standar, sehingga pengerjaan ulang bisa mengurangi waktu kerja, mengurangi kerja mesin serta bisa menghemat pemakaian material
Hubungan jangka panjang dengan konsumen akan memiliki pengaruh positif untuk kinerja organisasi diantaranya bisa merespon keperluan konsumen dengan lebih cepat dan juga bisa mengantisipasi perubahan keperluan dan kehendak konsumen
Sikap pekerja yang baik akan menimbulkan partisipasi dan komitmen pekerja di kualitas, rasa bangga bekerja, sehinga bekerja lebih optimal, perasaan tanggung jawah untuk peningkatan kinerja organisasi.
√ Pengertian Manajemen Konstruksi, Peran, Fungsi, Tujuan dan… Pengertian Manajemen Konstruksi, Peran, Fungsi, Tujuan dan Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Konstruksi. Penjelasan yang meliputi pengertian, peran, fungsi, tujuan dan tugas yang akan diulas…
Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan… Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan Metodologi Penelitian Psikologi - Apakah itu ruang lingkup psikologi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Psikologi dan hal yang melingkupinya.Mari kita…
26 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 26 Pengertian Pemerintahan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Istilah pemerintahan tentu sudah tak asing lagi ditelinga. Apa itu pemerintahan?. Kali ini kita akan bahas mengenai arti dari istilah pemerintahan. Pemerintahan dalam…
√ 18 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli… 18 Pengertian Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen keuangan. Yang meliputi pengertian manajemen keuangan menurut para ahli yang dijelaskan dengan lengkap…
Budget Adalah : Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Manfaat… Budget Adalah : Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Manfaat dan Cara Penyusunan - Apakah yang di maksud Budget? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Budget dan hal-hal yang melingkupinya.Mari kita simak bersama…
√ Pengertian Teori Akuntansi, Tujuan, Manfaat, Sifat, Metode… Pengertian Teori Akuntansi, Tujuan, Manfaat, Sifat, Metode Perumusan - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teori akuntansi. Yang meliputi pengertian teori akuntansi, sifat teori akuntansi dan metode perumusan teori…
Hukum Ijarah : Pengertian, Dasar Hukum, Syarat, Rukun, Jenis… Hukum Ijarah : Pengertian, Dasar Hukum, Syarat, Rukun, Jenis Dan Ketentuannya - Apakah itu hukum ijarah dan dasarnya ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
√ Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan… Pengertian Manajemen Kepegawaian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen kepegawaian. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen kepegawaian, tujuan, fungsi, manfaat, ruang lingkup manajemen…
Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal - Apakah yang di maksud dengan Vektor dalam operasi matematika ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Vektor dan hal-hal lain tentangnya.…
32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli… 32 Pengertian Metode dan Metodologi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Metode berasal dari kata methodos yang terdiri dari kata metha yaitu melewati, menempuh atau melalui dan kata hodos yang berarti cara atau jalan. Metode artinya…
√ Pengertian Manajemen Kualitas, Pendekatan dan Kriterianya Pengertian Manajemen Kualitas, Pendekatan dan Kriterianya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Kualitas. Yang meliputi pengertian manajemen kualitas, pendekatan manajemen kualitas dan kriteria manajemen kualitas dengan…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
√ Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas… Pengertian Manajemen Personalia, Fungsi, Tujuan, Aktivitas & Tugasnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen personalia. Pembahasan yang meliputi pengertian manajemen personalia, fungsi manajemen personalia, tujuan dan tugas…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
√ 15 Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli 15 Pengertian Sistem Pengendalian Intern Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Sistem Pengendalian Intern. Yang mana pembahasan ini berdasarkan pernyataan para ahli yang sudah dirangkum…
10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Perlu diketahui bahwa fungsi manajemen ialah berbagai elemen dasar yang selalu ada & terikat di dalam sebuah proses manajemen yang bakal…
Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik,… Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 : Isi Pokok, Karakteristik, Tujuan dan Contoh Pidato - Bagaimana susunan teks pidato perpisahan kelas 6 yang baik dan benar serta mengharukan ?,Pada kesempatan kali…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
Materi Sepak Bola: Pengertian, Manfaat,Tujuan, Tehnik,… Materi Sepak Bola: Pengertian, Manfaat,Tujuan, Tehnik, Peraturan Sepakbola - Tentu kita semua telah mengetahui apa itu olahraga Sepak bola bukan?. Sepak Bola merupakan cabang berolahraga yang sangat terkenal serta sangat…
38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli 38 Pengertian Manajemen & Dasar Manajemen Menurut Para Ahli - Ketika kita sudah menginjak perguruan tinggi, disana kita akan bertemu salah satu mata kuliah yaitu Manajemen. Pada mata kuliah tersebut kita…
√ Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Karakteristik &… Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen, Karakteristik & Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang sistem pengendalian manajemen. Yang meliputi pengertian sistem pengendalian manajemen, karakteristik sistem pengendalian manajemen dan faktor…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
√ 10 Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Ciri, Tipe,… 10 Pengertian Budaya Organisasi, Fungsi, Ciri, Tipe, Unsur, Teori dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang budaya organisasi. Pembahasan yang meliputi pengertian budaya organisasi menurut para ahli,…
Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan… Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan Pembahasannya - Apakah yang di maksud dengan Metode Pembelajaran?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
Induksi Matematika : Prinsip, Pembuktian Deret, Keterbagian,… Induksi Matematika : Prinsip, Pembuktian Deret, Keterbagian, Persamaan dan Contoh Soal - Apakah itu Induksi Matematika ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Bola Kasti beserta hal-hal yang melingkupinya.…
Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi,… Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Jenis Penerapannya - Apa itu yang di maksud dengan Sistem Informasi Manajemen?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu pula…
Kerjasama Adalah : Pengertian, Bentuk dan Manfaatnya Kerjasama Adalah : Pengertian, Bentuk dan Manfaatnya – Artikel yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai kerjasama. Tentu sudah tidak asing bagi kita dengan istilah kerjasama, karena biasanya dilakukan…
√ 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori,… 17 Pengertian Kepuasan Kerja Menurut Para Ahli, Teori, Aspek dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian Kepuasan Kerja. Yang meliputi pengertian kepuasan kerja menurut beberapa ahli…
√ 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komitmen organisasi. Yang mana penjelasan disini adalah berdasarkan pendapat para ahli dengan masing-masing yang…