√ 16 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

16 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Implementasi. Sebuah istilah yang mungkin jarang kalian dengar dalam kehidupan sehari-hari.

16 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas lengkap uraiannya dibawah ini.

Pengertian Implementasi

Secara umum implementasi dapat diartikan sebagai suatu tindakan atau pelaksanaan dari suatu rencana yang telah disusun secara matang dan terperinci. Implementasi dilakukan apabila perencanaan sudah tetap atau fix.

Implementasi seyogyanya dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, jika tidak maka hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diharapkan. Contohnya adalah seperti ketika membangung rumah, jika para tukang tidak bekerja mengikuti arahan dari desainer bangunan seperti tinggi bangunan, ketebalan dinding luar bangunan, tentu saja bangunan tersebut tidak sesuai dengan harapan.

Jenis implementasi antara lain implementasi kebijakan, implementasi pancasila, implementasi keperawatan, implementasi sistem dan lain sebagainya. Untuk lebih memahami simaklah ulasan dibawah ini yang akan menjelaskan implementasi kebijakan, implementasi keperawatan, implementasi pancasila, implementasi sistem, implementasi strategi.

Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi implementasi menurut ahlinya.

1. Wheelen Dan Hunger

Pengertian implementasi strategi menurut Wheelen dan Hunger adalah tahap mewujudkan dan menerapkan strategi yang telah dibuat dalam bentuk tindakan melalui serangkaian prosedur, program dan anggaran.

2. Whitten, Bentle Dan Barlow (1993)

Pengertian implementasi sistem menurut Whitten, Bentle Dan Barlow adalah suatu proses untuk menempatkan dan menerapkan informasi dalam operasi.

3. Uzey (2010)

Pengertian implementasi pancasila menurut Uzey adalah mewujudkan nilai moral yang terkandung dalam pancasila sebagai norma etik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

4. Gordon (1994)

Pengertian implementasi keperawatan menurut Gordon adalah tahapan kegiatan yang dilakukan perawat dalam membantu klien dari status kegiatan bermasalah menuju status yang lebih baik yang menggambarkan kriteria hasil yang diinginkan.

5. Prof. H. Tachjan (2006)

Pengertian implementasi kebijakan publik menurut Prof. H. Tachjan (Guru Besar Ilmu Administrasi UNPAD) adalah suatu proses kegiatan administrasi yang dilakukan setelah kebijakan ditetapkan atau disetujui.

6. Van Meter Dan Van Horn

Pengertian implementasi menurut Van Meter Dan Van Horn adalah pelaksanaan tindakan oleh individu, pejabat, instansi pemerintah atau kelompok swasta yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah digariskan dalam keputusan tertentu.

7. Solichin Abdul Wahab (1997)

Pengertian implementasi menurut Solichin Abdul Wahab adalah tindakan-tindakan yang dilakukan baik oleh individu-individu, pejabat-pejabat, atau kelompok-kelompok pemerintah atau swasata yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijakan.

8. Mazmanian Dan Sabatier

Pengertian implementasi menurut Mazmanian dan Sabatier adalah pelaksanaan dari kebijakan dasar hukum juga berbentuk dalam bentuk perintah atau keputusan, atau putusan pengadilan. Proses pelaksanaan berlangsung setelah sejumlah tahapan seperti tahapan pengesahan undang-undang, dan kemudian output dalam bentuk pelaksanaan keputusan kebijakan, dan seterusnya sampai kebijakan korektif yang bersangkutan.

9. Tornanatzky Dan Johnson (1982)

Pengertian implementasi menurut Tornanatzky dan Johnson adalah implementasi sebagai the translation of any tool technique process or method of doin from knowledge to practice (Subandijah, 1996:305)

10. Pressman Dan Wildavsky (1973)

Pengertian implementasi menurut Pressman Dan Wildavsky adalah accomplishing, fulfilling, carrying out, producing, and completing a policy (menyelesaikan, memenuhi, melaksanakan, memproduksi dan menyelesaikan sebuah kebijakan)

11. Hanifah Harsono (Harsono:2002)

Pengertian implementasi menurut Hanifah Harsono adalah suatu proses untuk melaksanakan kebijakan menjadi tindakan kebijakan dari politik ke dalam administrasi. Pengembangan kebijakan tersebut dalam rangka penyempurnaan suatu program.

12. Guntur Setiawan (Setiawan:2004)

Pengertian implementasi menurut Guntur Setiawan adalah perluasan dari aktivitas yang saling menyesuaikan proses interaksi antara tujuan dan tindakan untuk mencapainya serta memerlukan jaringan pelaksana birokrasi yang efektif.

13. Nurdin Usman (Usman:2002)

Pengertian implementasi menurut Nurdin Usman adalah suatu hal yang bermuara pada aksi, aktivitas, tindakan serta adanya mekanisme dalam suatu sistem. Implementasi tidak hanya aktivitas yang monoton namun suatu kegiatan yang terencana dengan baik untuk mencapai tujuan kegiatan tertentu.

16 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli Terlengkap

14. Prana Wastra dkk

Pengertian implementasi menurut Prana Wastra dkk adalah suatu aktivitas yang dilakuakan karena adanya kebijaksanaan yang telah disusun sebelumnya, yang meliputi kebutuhan apa saja yang diperlukan, siap pelaksana impelementasi tersebut, kapan pelaksanaan implementasi tersebut, serta kapan target selesainya implementasi tersebut, semua sudah direncanakan di awal.

15. Budi Winarno (2002)

Pengertian implementasi menurut Budi Winarno adalah tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh sekelompok individu yang telah ditunjuk untuk menyelesaikan suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

16. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian implementasi menurut KBBI adalah pelaksanaan, penerapan

Demikianlah diatas telah dijelaskan tentang 16 Pengertian Implementasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi