√ Pengertian Identitas Nasional dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Identitas Nasional dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap) – Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat di katakana kita semua memiliki hubungan yang erat karena hidup di dalam suatu kesatuan yang sama yaitu kesatuan Indonesia.

Di dalam suatu bangsa pastinya memiliki hal yang hanya dapat di temukan di bangsa tersebut seperti bahasa, suku, agama, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ciri khas tersebut akan berbeda antara Negara satu dengan Negara yang lainnya.

Pengertian Identitas Nasional dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap)

Itu semua dapat di katakana sebagai identitas nasional. Untuk dapat lebih jelasnya tentang Identitas Nasional dapat di jelasakan sebagai berikut.

Pengertian Identitas Nasional

Identitas nasional adalah sekumpulan nilai budaya yang muncul, tumbuh, dan berkembang di dalam segala aspek kehidupan dari setiap suku yang telah di himpun di dalam satu kesatuan Indonesia manjadi kebudayaan nasional beracu pada pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar serta arah pengembangannya.

Identitas nasional kita yang sebagai bangsa Indonesia pada hakikatnya pancasila lah yang sebagai cerminan dalam menata kehidupan. Penataan kehidupan yang di maksudkan adalah penataan pergaulan seperti yang telah diatur oleh undang-undang baik itu di dalam taraf nasional ataupun Internasional.

Baca Juga:  √ Pengertian Negara Maju dan Berkembang dan Cirinya (Lengkap)

Dengan demikian nilai identitas nasional yang kita miliki menjadi cerminan negara dan bangsa yang kita tempati. Nilai identitas nasional adalah sesuatu yang tidak dapat di lepaskan lagi tetapi terus menjadi sesuatu yang di nilai oleh orang banyak yang terus terjadi di dalam kemasyarakatan.

Unsur Identitas Nasional

Identitas nasional memiliki beberapa unsur yang terkandung di dalamnya. Unsur identitas nasional itu adalah sebagai berikut :

1. Suku Bangsa

Suku bangsa adalah salah satu yang sangat berhubungan untuk dapat membentuk identitas nasional. Hal ini nenunjuk karena golongan social adalah ciri yang khusus di miliki oleh suatu kelompok dan berbeda dengan kelompok lainnya. Di Indonesia terdapat banyak sekali suku bangsa yang tersebar di setiap daerahnya.

2. Agama

Agama adalah pembentuk identitas nasional yang berkaitan dengan nilai agama. Agama yang ada dan berkembang di nusantara menjadi salah satu pembentuk identitas nasional. Agama yang ada di Indonesia adalah islam, hindu, katolik, Kristen, budha, dan kong hu cu.

Pengertian Identitas Nasional Dan Unsurnya Lengkap

3. Kebudayaan

Kebudayaan yang ada di dalam lingkungan bangsa dan Negara menjadi pembentuk identitas nasional yang sangat terlihat dan mencolok akan keanekaragaman dan keunikannya.

4. Bahasa

Bahasa yang di gunakan dalam bangsa dan Negara sangat berbeda cara penguca[annya, ciri pengucapannya, dan lain lain yang berguna sebagai identitas nasional.

Baca Juga:  √ 5 Pengertian Suku Bangsa Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Sekian penjelasan mengenai Pengertian Identitas Nasional dan Unsurnya (Pembahasan Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya identitas nasional kita dapat membedakan mana Negara yang kita tempati dengan Negara lain yang tidak kita tinggali dan menjadi ciri khas Negara. Semoga bermanfaat 🙂