Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Lengkap)

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Lengkap) – Untuk pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai kepribadian. Setiap manusia tentu saja mempunyai kepribadian yang berbeda disetiap masing-masing individu.

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Lengkap)

Namun terkadang sebuah kepribadian belum dapat dipahami oleh beberapa orang, dan sebuah kepribadian terkadang mencerminkan dari setiap diri individunya. Tetapi apakah kita sudah mengetahui arti dari kepribadian itu sendiri? Jika ada yang belum memahami dan juga mengerti arti dari kepribadian, maka harus tetap membaca dan juga memahami artikel yang akan di bahas berikut ini.

Pengertian Kepribadian

Kepribadian ialah keseluruhan dari sebuah sikap, ekspresi, temperamen, perilaku dan juga ciri khas dari setiap orang. Sikap, perasaan, ekspresi dan juga temperamen itu dapat terwujud di dalam sebuah tindakan seseorang jika dihadapkan kepada sebuah situasi tertentu.

Dan setiap orang mempunyai sebuah kecenderungan perilaku yang baku ataupun berlaku secara terus menerus dan juga konsisten di dalam menghadapi sebuah situasi yang sedang dihadapinya, yang kemudian menjadi sebuah ciri khas pribadi dirinya.

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Selain dari pengertian kepribadian secara umum, ada pula pengertian kepribadian berdasarkan para ahli, dan akan segera kembali untuk kita lanjutkan penjelasannya berikut ini.

1. Theodore R. Newcombe

Menurut beliau kepribadian ialah sebuah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai sebuah latar belakang terhadap perilaku.

2. Yinger

Beliau menjelaskan bahwa kepribadian ialah keseluruhan sebuah perilaku dari seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang juga berinteraksi dengan serangkaian instruksi.

3. Cuber

Kepribadian ialah sebuah gabungan keseluruhan dari sifat-sifat yang tampak dan juga bisa dilihat oleh seseorang.

4. M.A.W Bouwer

Kepribadian ialah corak dari tingkah laku sosial yang juga meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini dan juga sikap-sikap seseorang.

Unsur-Unsur Kepribadian

Selain dari kedua penjelasan yang sudah diberikan, ada juga unsur dari kepribadian yang akan dijelaskan berikut ini.

Pengetahuan, yakni ialah sebuah unsur yang mengisi akal serta alam jiwa orang yang sadar. Di dalam alam sekitar manusia memiliki atau terdapat berbagai macam hal-hal yang dia terima lewat panca indera yang kemudian masuk ke dalam berbagai sel-sel pada setiap bagian tertentu dari otaknya.

Perasaan, selain dari sebuah pengetahuan, alam sadar manusia juga mengandung dari berbagai macam-macam perasaan. Misalkan seorang individu yang melihat hal buruk atau juga mendengar suara yang tidak menyenangkan. Yang kemudian menimbulkan persepsi-persepsi yang dapat menimbulkan di dalam alam kesadarannya tentang perasaan negatif.

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli Dan Unsurnya

Dorongan Naluri, yakni yang mengandung berbagai perasaan-perasaan lain yang tidak timbul dikarenakan dipengaruhi dengan pengetahuannya, tetapi karena memang telah terkandung di dalam organismenya, dan khususnya di dalam gennya, sebagai sebuah naluri. Kemauan yang telah menjadi sebuah naluri sering juga disebut dengan dorongan.

Sekian penjelasan yang bisa untuk diberikan artikel kali ini mengenai Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Lengkap), sebuah kepribadian tentu saja di miliki setiap individu dan kepribadian tersebut tidaklah sama pada setiap individunya. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi